204 Tempat Wisata di Jogja dan sekitarnya Terbaru Yang Nggak Bosenin Wajib di Kunjungi 2019

Seputarwisata.com – Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal dengan kota pelajar, kota wisata, kota budaya yang memiliki berbagai macam julukan keistimewaannya dibanding dengan 34 provinsi yang dikenal oleh para traveller atau orang yang suka berwisata baik di mancanegara maupun di negara sendiri alias Indonesia. Sejak era ibu kota Indonesia berada di Yogyakarta iniah masa-masa kejayaan kota Yogyakarta sampai saat ini menjadi kota istimewa. Sebutan nama Yogyakartapun bermacam-macam entah apa yang menjadi perihal penting sehingga kota ini memiliki banyak sebutan, diantara sebutannya adalah seperti Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta, Yogya, Jogja, Djogja, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang sudah merencanakan liburan dan belum tahu dimana saja tempat liburan yang wajib dikunjungi, kami akan memberikan informasi seputar wisata yogyakarta, dari wisata belanja, wisata alam, wisata candi dan beberapa tujuan tempat wisata yang dekat dengan wilayah seperti UGM, UNY dan lain-lain

Tempat wisata di jogja  beraneka ragam, mulai dari deretan wisata belanja yang ada dipusat kota, deretan pantai disepanjang arah bantul, parangtritis gunung kidul, wisata alam, museum dan masih banyak lagi tempat wisata yang perlu anda kunjungi di Yogyakarta. Panduan seputar wisata yogyakarta bisa anda jadikan refrensi dimana saja anda telah berkunjung dan Berikut daftar lengkap obyek wisata yang ada di Jogja yang dirangkum oleh seputarwisata.com

Daftar isi

1 Wisata Alam Kalibiru

Wisata alama kalibiru ini berada di alamat kalibiru ini terletak di Jl. Kalibiru – Clapar, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. konon katanya memang wisata alam di kulon progo katanya banyak sekali dan mulai di eksplor akhir-akhir ini dan penamaan kalibiru sendri konon katanya merupakan sebuah nama dari hutan yang diolah menjadi sebuah tempat wisata. Hutan di kulon progo yang memiliki suhu yang sangat sejuk karena berada di ketinggian 450 mdpl sehingga kawasan tersebut sangat sejuk dan banyak spot-spot foto yang kekinian dan menarik untuk dijadikan objek dan tambahan foto di Instagram, tak luput dari objek foto yang kekinian, di kalibiru juga sudah banyak dimulai outbod dan penginapan-penginapan murah muncul sehingga sang traveller dapat menikmati sehari semalam di kali biru untuk mendapatkan spot foto di pagi hari. Kalibiru juga dapat dijadikan untuk lokasi camping dan lain sebagainya.

Rute menuju ke kalibiru dari arah jogja bagi yang berlibur di malioboro, ambil arah ke barat menuju jalan watest atau jalur purworejo, lihat plang menuju terminal watest dan ikuti petunjuk menuju waduk sermo dan terus hingga ketemu kalibiru.

Harga Tiket Masuk wisata Alama Kalibiru, untuk orang yang baru pertama menginjakkan kaki di jogja pasti belum tahu berapa yang harus dibayar ke wisata alam kalibiru, harga yang cukup murah dengan merogoh kocek sekitar 5 ribu rupiah per orangnya sudah dapat masuk dikawasan kali biru dan untuk parkir motor sebesar 2 ribu sedangkan untuk parkir mobilnya sebesar 5 ribu.

Fasilitas Wisata Alama Kalibiru ini banyak sekali, mulai dari fasilitas Outbond yang juga memiliki flying fox dengan harga 5 ribu untuk anak-anak dan 10 ribu untuk orang dewasa, yang dimulai dari jam 8 sampai dengan jam 4 sore pada hari minggu dan selain itu ada fasilitas penginapan, trekking dan makanan dan banyak lagi deh fasilitasnya, silahkan anda kunjungi wisata alam jogja yang harus anda kujungi.

2. Waduk Sermo 

Waduk sermo merupakan wisata alam di jogja yang berada di alamat Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. Sebagai salah satu bendungan irigasi yang telah dibangun ketika masa kepresidenan Soeharto dengan biaya mencapai Rp 22 milyar. Waduk sermo yang juga dijadika untuk air irigasi merupakan potensi wisata dan edukasi. dan fasilitas pemancingan yang disediakan penyewaan perahu untuk menikmati waduk sermo dan perbukitan menoreh. Waktu yang tepat untuk menikmatinya adalah pada waktu sore hari ketika tenggelamnya matahari di waduk sermo. untuk tiket masuk di waduk sermo ini per orang harus membayar 5 ribu per orang, untuk sewa perahu sebesar 30 ribu rupiah harga yang cukup relatiff untuk fasilitas di waduk sermo.

3. Pantai Glagah

Tidak hanya kawasan malioboro, sarkem, kaliurang saja yang terkenal di kota gudeg ini, kulon progo juga turut menjadi ikon utama wisata, ketika bandara baru juga dibangun, kulon progo yang masih nyaman untuk dikujungi ini juga memiliki pantai dengan panorama yang indah dan tentunya sudah memiliki fasilitas yang banyak dan beragam. Pantai glagah memiliki sesuatu yang unik nan idah untuk dikunjungi yaitu dikenal dengan laguna dan pemecah ombak yang menghantam dipinggiran sebuah pantai, Laguna ini memiliki bentuk agak cekung yang berisi air laut pasang. Sehingga oleh masyarakat digunakan untuk membuat perahu kayu atau sampan kecil yang digunakan untuk mengelilingi sebuah laguna karena jauh dari ombak dan untuk yang suka memancing di laguna ini juga cocok buat memancing ikan. Di pinggiran pantai glagahpun dibuat seperti stupa dan jalan setapak yang panjang yang terbuat dari beton atau disebut dengan area tetrapod yang dibuat megarah ketengah laut atau akses menuju dermaga sehingga banyak digunakan untuk menikmati suasan deburan ombak sembari memancing ikan, dan janga lewatkan untuk moment berfoto karena memiliki landscape yang bagus dengan suasana ombak yang berdeburan. Waktu yang paling eksotis adalah ketika matahari mulai terbenam dan usahakan anda telah datang dikawasan pantai glagah ini tepat pukul 16.000 sehingga akan mendapatkan momet sunset yang paling indah di jogja. Berapa Tiketnya? untuk tiket masuk perorangnya sebesar 4000 dan untuk tarif parkir masuk untuk motor sebesar 3 ribu sedangkan untuk mobil 10 ribu dan jika kamu berkeinginan naik sampan berkeliling di laguna dikenakan bayar tarifnya 5 ribu sedangkan untuk naik kano sebesar 20 ribu. Harga bisa naik ketika waktu liburan dan usahakan anda membawa uang lebih dan jangan lupa membawa kamera baik itu ponsel maupun kamera dslr untuk menikmati suasana liburan di Panatai Glagah.

4. Pantai Congot

Pantai di jogja yang banyak memiliki perhatian yang tinggi untuk mendobrak perekonomian masyarakat di pesisir pantai dari wilayah kawasan gunung kidul sampai dengan wilayah kulon progo. Salah satu lokasi pantai di kulon progo yang eksotis adalah pantai congot yang berlokasi di Dusun pasir Mendit, Jetis, Kulon progo Yogyakarta. Pantai congot yang notabene masih baru di kalangan pantai lainnya mulai dibenahi atas ketidaksempurnaannya karena memang dipantai inilah anda akan mengenal sebuah hutan mangrove yang digunakan untuk mempertahankan abrasi dari lingkungan sekitar. Kawasan pantai ini menjadi pesona sendiri bagi pantai congot karena memang banya bereda di sosial media khusunya di pantai congot yang memiliki hutan mangrove sehingga masyarakat sekitar yang notabene tidak memiliki kerjaan terbantukan untuk membuka kios makanan atau ladag parkir apalagi jika tiket masuk nya perorang dikenakan 3 ribu rupiah saja. Rute menuju ke Pantai congot ini anda bisa menelusuri jalan wates dari arah titik nol kilometer kota jogja ke arah barat terus hingga menemukan sebuah patung yang bernama Nyi Ageng Serang. dari patung tersebut mengarah ke kota purworejo hingga menemui terminal wates setelah itu jarak 10 KM akan menemukan padang murah tidak jauh dari rumah makan tersebut ada pertigaan huruf Y kemudia anda ambil ke arah kiri terdapat jembatan congot lanjut arah barat kemudia anda plang 100 meter ke arah dusun pasir mendit arah kiri jembatan silahkan anda baca petunjuk yang ada untuk menemukan pantai congot

5. Pantai Trisik

a. Melihat Keindahan Sunset Di Pantai Trisik Yang Sayang Dilewatkan

Pantai Trisik merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi, sebab di pantai ini terdapat beberapa hal unik yang tidak bisa Anda dapatkan di pantai pada umumnya. Melihat sunset merupakan kegiatan utama yang bisa Anda lakukan disini, suasana romantis membuat tempat ini pas dikunjungi bersama pasangan.

b. Lokasi Pantai Trisik

Pantai ini terletak di kawasan Kulon Progo, apabila Anda melintas di wilayah Bantul-Purworejo maka dapat melihat keindahan pantai ini.Keindahan pantai ini akan semakin terlihat apabila pada saat pagi dan sore hari, ditambah lagi tidak jauh dari pantai ini terdapat area perkebunan kelapa dan persawahan. Oleh sebab itu sangat tepat jika pantai ini menjadi tempat Anda melepas penat dari aktivitas sehari-hari, sebab Anda bisa merasakan pemandangan alam.

c. Keunikan Dari Pantai Ini

Yang membedakan antara tempat ini dengan tempat lainnya adalah tempat ini merupakan area konservasi penyu, ditambah lagi Anda bisa melihat berbagai macam jenis burung. Karena pantai ini merupakan tempat persingahan berbagai jenis burung yang melakukan migrasi, di pantai ini juga terdapat warung-warung yang menjual berbagai macam jenis makanan jika Anda lapar. Ditambah lagi Anda dapat membeli ikan yang ditangkap oleh nelayan sekitar, tentunya ikannya masih segar, oleh sebab itu apabila Anda menyukai suasan pantai maka wajib berkunjung ke Trisik.

6. Gua Kiskendo

Gua kiskendo Perbatasan Jogja yang membuat kisah menarik untuk di bahas karena memang banyak kisah yang dapat diambil dari Gua Kiskendo yang berada di alamat Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, kulonprogo. Dan tepatnya berada di perbatasan antara jogja dan purworejo. Gua Kiskendo ini ditemuka pada tahun 1820 dan mulai beroperasi sebagai tempat wisata pada tahun 164 sebagai gua yang khusus digunakan untuk wisata religi karena memang terdapat mitos yang terdengar dari masyarakat sejak ratusan tahun silam, yang mana nama gua ini diambil dari orang yang berkepala sapi dan kerbau dari sebuah kerajaan di jaman ramayana. Kisah tersebut bercerita tentang subali dan sugriwo yang tenar di Kerajaan Kiskendo, anda dapat menonton tarian kisah tersebut pada tanggal 7 desember sebagai cerita legenda sehingga anda paham kisah ramayana.

Berapa tiket masuk Gua Kiskendo? para traveller dapat merogoh kocek sebesar 10 ribu dengan rincian tiket masuk sebesar 5 ribu dengan parkir mobilnya sebesar 5 ribu, rute untuk menuju Gue Kiskendo ini anda bida menuju jalan godean kebarat jalan kulon progo kemudian sampai perempatan kenteng lurus ikuti jembatan kali progo dan ikuti terus jalan perbukitan hingga sampai persimpangan besar sehingga kamu bisa lihat dikiri jalan besar tersebut karena letak lokasinya berada disitu

7. Tanjungsari

Tempat Wisata Di Tanjungsari Yang Wajib Untuk Anda Kunjungi

Tanjungsari merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sama seperti daerah sekitarnya, keindahan tempat ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Tidak heran jika banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di tempat ini terutama wisata alam. Tentunya keindahan tempat wisatanya memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada tempat wisata daerah lainnya.

a. Pantai Sepanjang

Bagi Anda pecinta pantai dan sunset wajib untuk mengunjungi pantai ini, sebab Anda dapat melihat pemandangan yang sangat indah. Karena pantai ini memiliki pasir yang putih dan ombak khas samudra, tentunya Anda bisa merasakan besarnya ombak ini jika gemar bermain surfing. Ditambah lagi fasilitas pada pantai ini sangat lengkap, sehingga akan nyaman jika menghabiskan waktu disini. Jadi sangat pas jika Anda mengajak keluarga maupun pasangan untuk melepas penat.

b. Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan pantai yang berdekatan dengan pantai Indrayati, di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan alam dengan cara yang berbeda. Anda bisa melihatnya melalui tebing, bahkan melalui tebing ini Anda bisa juga melihat keindahan pantai Indrayati. Tentunya tebing ini merupakan spot yang tepat untuk melihat sunset maupun sunrise bersama keluarga, tentunya cara melihat keindahan sunset yang berbeda dari yang biasanya. Pantai ini merupakan sebagian dari banyaknya pantai di Tanjungsari.

8. Puncak Suroloyo

a. Menikmati Keindahan 4 Gunung Dari Puncak Suroloyo

Bagi Anda penyuka suasan pegunungan maka wajib untuk mengunjungi Puncak Suroloyo, sebab dari tempat ini Anda akan menikmati pemadangan dari 4 gunung sekaligus. Tentunya hal ini tidak akan Anda temukan dari tempat wisata dengan tema pegunungan lainnya.

b. Lokasi Pucak Suroloyo

Objek wisata satu ini terletak di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Berada di dataran tinggi Manoreh, Anda dapat menikmati keindahan gunung Merapi, Sumbing, Sindoro, dan Merbabu hanya dengan sekali mendaki. Tentunya hal ini akan sangat jarang Anda temukan di tempat lain, untuk mencapai tempat wisata ini tentunya tidak mudah. Sebab Anda harus berjalan menaiki anak tangga untuk mencapai gardu pandang, walaupun lelah namun hal tersebut setimpal dengan keindahan yang ditawarkan. Sebab dari gardu pandang ini Anda dapat melihat dengan jelas perbukan dan lembah hijau.

c. Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung

Karena berada di ketinggian, maka tidak ada salahnya jika Anda menjadikan tempat ini untuk melihat sunset maupun sunrise. Pastinya keindahan sunset dan sunrise di tempat ini berbeda jika Anda melihat dari pantai, sebab Anda dapat melihat matahari keluar maupun tenggelam di balik gunung. Sangat pas jika Anda mengunjungi saat musim kemarau, sebab jika cuacanya cerah Anda dapat melihat Candi Borobudur dengan jelas. Jadi jangan sampai Anda ketinggalan mengunjungi Puncak Suroloyo.

9. Kebun teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo wisata alam yang dapat anda kunjungi di kulon progo berupa kebun teh yang cocok dikunjungi ketika sore hari, karena malam hari area ini tutup, dan anda akan melihat 8 gunung di jawa dari puncak menoreh ini adapun yang terlihat adalah puncak gunung merapi, merbabu, slamet, prau, ungaran, sumbing dan telomoyo serta sindoro, selain itu anda juga bisa lihat candi borobudur yang terlihat dari pucak menoreh. karena keindahan alamnya wisatawan banyak yang kerap kali ingin berkunjung, namun sayangnya akses menuju ke kawasan ini cukup sulit untuk mobil.

a. Lokasi Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo berada di Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673 dengan akses yang cukup jauh dari kota yogyakarta dan rute menuju ke kebun teh ukup sulit bagi roda 4 anda bisa menggunakan roda 2 sejauh 18 Km ke ara barat kota jogja melewati jembatan kali progo belok kekanan pada lampu merah pertama kemudian anda bisa ambil kiri ketika berada di perempatan dekso mengarah ke pasar plono dan ikuti petunjuk arah menuju jalan kebun teh nglinggo.

b. Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo
untuk masuk ke area kebun teh dikenakan biaya per orang 3 ribu rupiah dengan jam buka dari mulai pukul 07.00 sampai dengan 18.00 anda tidak usah lagi membayar uang parkir untuk masuk ke kebun teh ini, dan perlu diingat untuk trek jalannya berkelok-kelok dan usahakan motor tidak membawa bebean berat dan sebaiknya anda membawa bekal karena jarang orang berjualan disana

10. Telogo Putri

a. Lokasi dan Kegiatan yang dapat dilakukan di Telogo Putri

Telogo Putri merupakan sebuah tempat wisata yang ada di Kaliurang yang cukup menarik untuk dikunjungi. Telaga yang letaknya di lereng Gunung Merapi ini memang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah serta mempesona. Telogo Putri sebenarnya hanyalah sebuah danau kecil yang dapat digunakan sebagai kolam pemandian. Meskipun begitu, di kolam ini para pengunjung tetap masih bisa merasakan sensasi air khas pengunungan.

b. Lokasi Telogo Putri

Telogo Putri terletak di Desa Hargobinangun, di Kec. Pakem, wilayah Kab, Sleman, DIY. Jika lebih tepatnya Telogo Putri ini berlokasikan di kawasan lereng gunung Merapi dan juga berada satu kawasan dengan tempat wisata bukit Plawangan Turgo. Perlu Anda ketahui, saat mandi di Telogo Putri Anda juga tidak perlu khawatir mengenai masalah privasi karena pada dasarnya tempat pemandian alami ini sangat tertutup. Maka dari itulah, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mandi di pemandian alami yang satu ini.

c. Kegiatan yang dapat dilakukan di Telogo Putri

Pada dasarnya ada cukup banyak kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di Telogo Putri seperti naik kano, jalan-jalan santai, bermain jungkat jungkit, menyewa becak air, bermain flying fox, bermain ayunan, menaiki bianglala. Selain itu, bagi Anda yang menyukai berselfie juga sangat cocok berlibur di Telogo Putri karena ditempat ini Anda bisa berselfie sepuasnya dengan pemandangan yang sangat indah serta mempesona.

11. Lava Tour Merapi

Apa Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Saat Berwisata Di Lava Tour Merapi? Lava Tour Merapi merupakan salah satu tempat wisata di Kaliurang yang sangat cocok untuk Anda kunjungi. Pada dasarnya, Lava Tour Merapi memang mengajak para wisatawannya untuk menaiki mobil jeep saat menyusuri bekas aliran lahar saat terjadinya letusan gunung berapi Ketika berada di Lava Tour Merapi.

12 . Bunker Kaliadem

Pada dasarnya kawasan Kaliadem merupakan suatu tempat pemberhentian utama saat Anda mengikuti tour ini. Perlu diketahui sebelum terjadinya erupsi, kawasan Kaliadem merupakan sebuah hutan yang masih sangat asri, namun pasca letusan gunung Merapi membuat kawasan ini rata dengan pasir. Ketika berada di Kaliadem Anda juga bisa melihat gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya. Selain itu, Anda juga bisa masuk ke Bunker yang sengaja dibangun untuk menyelamatkan diri saat terjadinya erupsi gunung berapi.

13.  Mini Museum Sisa Hartaku

Saat berada di Lava Tour Merapi Anda harus bisa menguatkan hati ketika melihat mini museum. Karena di tempat ini Anda bisa menyaksikan sisa-sisa letusan gunung Merapi seperti kerangka sepeda motor, hewan peliharaan yang tersisa kerangkanya, botol kaca yang meleleh, peralatan dapur, mesin jahit, serta tabung televisi yang rusak serta berselimut abu. Selain itu, di mini museum ini juga terdapat jam dinding yang berhenti pada angka 00.05. Nah, jam dinding ini juga menjadi penanda waktu kejadian kisah yang sangat memilukan ini.

14. Goa Jepang

a. Lokasi Dan Suasana Dalam Goa Jepang

Goa Jepang merupakan suatu goa buatan manusia pada masa penjajahan oleh Jepang. Nah, goa Jepang ini didirikan sekitaran tahun 1942 sampai 1945. Pada dasarnya, goa ini berguna sebagai tempat berlindung bagi tentara Jepang dari para sekutunya.

b. Lokasi Goa Jepang

Goa Jepang berlokasikan di kawasan dataran tinggi Kaliurang atau lebih tepatnya di lereng gunung merapi yang terdapat sebuah kompleks wisata alam yang dinamakan Nirmolo Kaliurang. Nah, di dalam kompleks inilah terdapat sebuah goa peninggalan pada masa penjajahan Jepang.

c. Akses Menuju Goa Jepang

Goa Jepang ini memang berada di penggungan, sehingga tidak heran udara di kawasan goa Jepang sangat sejuk. Apalagi saat berkunjung ke Goa Jepang Anda juga bisa melihat kawanan monyet yang berada di habitatnya. Nah, pada dasarnya untuk sampai ke Goa Jepang cukuplah mudah, yakni dengan melalui pintu masuk atau jalur masuk Nirmolo Kaliurang. Setelahnya Anda harus menempuh perjalanan selama 45 menit.

Pada saat menempuh perjalanan menuju ke Goa Jepang, Anda tidak perlu khawatir jika jalur yang dilaluinya terjal. Karena pada dasarnya jalur yang akan Anda lalui untuk bisa sampai ke Goa Jepang tidaklah terlalu terjal, hanya saja berliku. Saat tiba di Goa Jepang Anda bisa melihat sendiri keindahan Gunung Merapi dari jarak yang sangat dekat. Meskipun Goa Jepang tidak mempunyai penerangan, namun Anda tidak perlu khawatir, karena di depan pintu masuk goa ini sudah ada pemandu yang siap menemani Anda untuk menjelajahi Goa Jepang ini.

15. Bukit Plawangan

a. Akses Dan Panorama Bukit Plawangan

Bukit Plawangan merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan gunung Merapi dari atas bukit yang sangat indah serta mempesona. Bukit Plawangan terletak di kawasan Taman Wisata Plawangan Turgo atau lebih tepatnya berada di Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, (Daerah Istimewa Yogyakarta).

b. Akses Ke Bukit Plawangan

Untuk bisa menuju ke Bukit Plawangan cukuplah mudah karena Anda bisa melewati dua jalur, yang pertama melalui jalur Tlogo Muncar atau yang sekarang dikenal deengan Hutan Wisata TNGM Kaliurang. Kedua melalui area Tlogo Nirmala atau lebih dikenal dengan Tlogo Nirmolo.

c. Panorama Bukit Plawangan

Pada dasarnya Bukit Plawangan memang menawarkan panorama yang sangat indah dan mempesona. Bukit Plawangan menyimpan keanekaragaman hayati yang cukup banyak seperti perpohonan rindang serta berbagai jenis tumbuhan yang merambat lainnya. Maka dari itu, tidak heran jika berkunjung ke Bukit Plawangan Anda bisa menemukan berbagai jenis tumbuhan yang merambat.

Bahkan dikatakan di Bukit Plawangan ini terdapat tumbuhan merambat mencapai 8 spesies dari 6 famili. Nah, dari penjelasan tersebut maka tidak heran, jika Bukit Plawangan ini menawarkan panorama alamnya yang masih sangat asri dan tentunya sejuk. Tahukan Anda, jika 8 spesies tumbuhan merambat tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan utama pembuatan jamu tradisional dan juga digunakan sebagai bahan makanan serta untuk pakan ternak.

16. Museum Gunung Merapi

a. Koleksi Dan Lokasi Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi merupakan sebuah tempat yang digunakan sebagai sarana pembelajaran mengenai gunung Merapi dari sisi mitos dan legenda, sejarah letusan, kearifan lokal serta dapat melihat sisa-sisa pasca terjadinya erupsi gunung Merapi. Museum Gunung Merapi ini tidak hanya dapat digunakan sebagai wisata edukasi atau pembelajaran untuk para masyarakat dan para pelajar, namun juga dapat digunakan sebagai tempat pengembangan illmu kebencanaan seperti gempa bumi, gunung berapi serta berbagai bencana alam lainnya.

b. Koleksi Museum Gunung Merapi

Koleksi Museum Gunung Merapi cukuplah banyak salah satunya miniatur gunung Merapi yang bisa dilihat dari atas. Pada dasarnya aktivitas gunung Merapi memang cukup berbahaya, namun tidak ada salahnya jika Anda mempelajari seluk beluk mengenai gunung Merapi. Tahukah Anda, jika miniatur gunung Merapi ini juga menampilkan gunung api yang sedang mengeluarkan asap. Nah, pemandangan gunung api yang mengeluarkan asap inilah yang menjadi daya tarik utama yang dimiliki oleh Museum Gunung Merapi yang satu ini.

c. Lokasi Dan Akses Ke Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi berlokasi di Jl. Boyong, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kab, Slema (Daerah Istimewa Yogyakarta). Untuk bisa menuju ke Museum ini Anda juga bisa melawati jalan Kaliurang. Pada saat tiba di Oasis Cirisis Center Anda bisa Belok ke kiri dan mengikuti jalan masuk ke tempat wisata Kaliurang di sebelah barat. Nah, Museum Gunung Merapi ini terletak di bagian kanan jalannya.

17. Taman Gerdu Pandang/ Taman Lampion

a. Pesona Taman Gerdu Pandang/ Taman Lampion

Taman gerdu pandang/ taman lampion merupakan sebuah lokasi terbaik yang sangat cocok digunakan sebagai tempat mengamati keindahan gunung Merapi. Semua pengunjung berkesempatan menaiki puncak menara 3 lantai ini untuk mendapatkan suguhan pesona alam dengan udara dingin mencapai 25 derajat celcius, Apakah Anda tertarik?

b. Menikmati Pesona Merapi Hingga Bukit Turgo Dari Puncak Menara Gerdu Pandang

Taman Gerdu Pandang atau taman lampion menjadi salah satu objek wisata yang menarik minat masyarakat Yogya dan sekitarnya. Tidak hanya pesona Merapi, para pengunjung juga berkesempatan menikmati suguhan bukit hijau milik bukit Turgo. Apabila sedang beruntung, maka Anda juga bisa melihat atraksi kawasan monyet yang memburu makanan di Gardu Pandang. Gardu Pandang terbilang berukuran cukup luas dengan fasilitas yang memadai, baik toilet, musala, gazebo hingga area parkir telah tersedia untuk memudahkan perjalanan wisata Anda.

Alamat, Harga Tiket Hingga Jam Operasional Taman Gerdu Pandang/ Taman Lampion

Bagi Anda yang berada di kawasan Yogya, pastikan Anda mendatangai Taman Gerdu Pandang dan berbagai objek wisata menyenangkan yang ada disana. Taman lampion ini berlokasi di Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta. Taman Gerdu memiliki jam operasional setiap hari selama 24 jam penuh sehingga Anda bisa sepuasnya menikmati keindahan di kawasan ini. Menariknya lagi, Taman Gerdu menawarkan harga tiket yang sangat murah, yakni hanya sekitar Rp 3000-an saja. Selain murah, alasan lain yang menyebabkan para wisatawan laris memburu lokasi wisata ini ialah karena aksesnya yang terbilang sangat mudah dijangkau menggunakan transportasi bus, mobil hingga motor. Bagaimana, tertarik mengulik pesona Taman gerdu pandang/ taman lampion lebih jauh?

18. Tebing Breksi

a. Wisata Unik Dan Menarik Tebing Breksi

Tebing Breksi ialah salah satu destinasi wisata populer yang dimiliki dan dikembangkan oleh masyarakat Yogyakarta. Khususnya untuk kawula muda yang gencar memburu objek wisata hits yang instagramable. Tidak heran mengapa banyak remaja kekinian yang berbondong-bondong datang ke lokasi ini.

b. Taman Tebing Breksi Sebagai Objek Wisata Kekinian

Menjadi salah satu objek wisata terbaru yang mengusung konsep wisata alam, wajar saja jika banyak wisatawan lokal maupun luar daerah yang penasaran dengan Tebing Breksi. Kehadiran Tebing Breksi menjadi alternatif wisata terbaru yang memperpanjang list referensi tempat wisata terbaik di Yogya yang wajib dikunjungi. Suguhan utama yang bisa dinikmati para pengunjung ialah deretan tebing batu Breksi yang berdiri kokoh sepanjang puluhan meter. Menariknya lagi, tebing ini telah ada sejak jutaan tahun lalu sebagai lokasi penambangan yang kemudian di tutup dan dimanfaatkan sebagai objek wisata.

c. Tips Wisata dan Alamat Lengkap Tebing Breksi

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi objek wisata kekinian yang satu ini, maka pastikan untuk selalu menggunakan sepatu atau sendal yang nyaman di kaki. Selain itu, gunakanlah baju yang nyaman dilengkapi penutup kepala karena bisa saja matahari terik yang duluan menyapa Anda. Persiapan lainnya ialah pastikan selalu menjaga kebersihan di Taman Breksi. Informasi tambahan, Taman Breksi berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Tepatnya berada di jalur yang sama dengan Candi Ijo.

19. Bhumi Merapi

a. Wisata Alam dan Edukasi Bhumi Merapi

Bhumi Merapi terletak di Jalan Kaliurang KM 20 di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Bhumi Merapi menjadi alternatif menarik sebagai objek wisata unik dan mendidik di kawasan Sleman. Tidak hanya Gunung Merapi, keindahan jajaran desa wisata di sepanjang kaki dan lereng Gunung Merapi juga tidak kalah mempesona dan akan membuat Anda semakin jatuh hati.

b. Agrowisata Bhumi Merapi

Wisata Bhumi Merapi pada dasarnya baru diresmikan sejak 2015 silam sehingga relatif baru sebagai destinasi wisata hits yang dikembangkan. Objek wisata ini mengusung konsep wisata alam sekaligus wisata dengan kandungan edukasi bagi anak-anak hingga orang dewasa. Ingat, namanya ‘Bhumi Merapi’ bukan bumi merapi. Para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan segar, asri dan bersih di taman. Selagi menikmati keindahan dari kaki Gunung Merapu, para pengunjung akan memperoleh informasi mendidik dan bermanfaat dari para pemandu wisata.

c. Wisata Memuat Edukasi Di Bhumi Merapi

Di Bhumi Merapi, para pengunjung bisa mempelajari budidaya peternakan kambing, salah satu yang paling dominan ialah budidaya kambing Ettawa. Anda akan dibekali catatan khusus mengenai data setiap kambing untuk menghindari persilangan genetik. Persilangan genetik sendiri akan berisiko menurunkan kualitas kambing Ettawa yang dibudidayakan. Selain itu, setiap 2 tahun sekali, para pengurus pembudidayaan kambing iakan melakukan penggantian kambing pejantan untuk menjaga kualitas peranakanan kambing Ettawa. Selain budidaya kambing Ettawa, Anda juga berkesempatan belajar lebih banyak mengenai budidaya kelinci di Bhumi Merapi.

20. Candi Prambanan

a. Pesona Candi Prambanan Sleman Yang Wajib Dikunjungi

Candi Prambanan tidak hanya menawarkan suguhan keindahan lokasinya, melainkan juga bertabur dengan kisah sejarah di balik Candi yang selalu layak dan menarik untuk diulas. Anda pernah mengunjunginya? Sangat disayangkan jika masyarakat tanah air belum sempat mendatangi Candi Prambanan. Untuk itu, simak ulasan ringkas di bawah ini dan segera siapkan keperluan untuk mengeksplor pesona Candi Prambanan secepatnya.

b. Kisah Menarik Dibalik Candi Prambanan

Candi Prambanan mulai dibangun sejak 9 Masehi dan dipenuhi dengan kilasan sejarah kerajaan di Jawa Tengah di balik pendiriannya. Dahulunya, terdapat dua kerajaan di Jawa Tengah yaitu Pengging dan Baka. Pertempuran saudara dalam perebutan kekuasaan menjadi awal mula sejarah pendirian Candi. Putri dari Raja Baka yang bernama Roro Jonggrang hendak dipersunting oleh pembunuh ayahnya sendiri. Persyaratan yang diajukan oleh Roro Jonggrang untuk dibuatkan seribu candi hanya salam waktu satu malam menjadi legenda rakyat yang masih dipercaya hingga hari ini.

c. Pesona Menarik Candi Prambanan

Tidak hanya sejarah menariknya, para pengunjung juga berkesempatan menikmati berbagai keindahan di kawasan yang memiliki luas mencapai 39.8 hektar ini. Anda bisa menikmati pemandangan mahakarya masyarakat Hindu di sekitar candi dengan mengelilingi komplek sambil berjalan kaki. Hal menarik lainnya, Anda juga berkesempatan menikmati pertunjukan Sendratari Ramayana di panggung terbuka dengan latar ketiga candi dewa (trimurti). Bagi Anda yang tertarik, Candi Prambanan memiliki jam operasional dari jam 06.00 hingga 17.00 WIB. Bagaimana, Anda siap mencicipi keindahan pesona Candi Prambanan?

21. Malioboro

a.Pesona Wisata Yogyakarta Kawasan Malioboro

Malioboro merupakan kawasan wisata belanja yang diandalkan Yogyakarta. Wajar saja jika kawasan ini dikenal sebagai salah satu pusat keramaian yang dipadati pedagang yang menjajal benda khas Jogya untuk para wisatawan. Anda sedang berada di Yogya, maka jangan lewatkan pesona wisata yang satu ini.

b. Menikmati Suasana Malam Malioboro Jogja

Seperti yang diketahui, Malioboro memang sangat populer sebagai tempat berkumpulnya para seniman ternama Yogya. Mereka menawarkan beragam keahlian dalam seni, baik bermain musik, melukis, pantomin, hingga happening art yang sedang disukai para wisatawan lokal maupun mancanegara. Perlu diketahui, kata ‘Malioboro’ berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Konon katanya, dahulu saat masa Keraton selalu mengadakan acara jamuan di sekitaran jalan Malioboro dan dipenuhi dengan karangan bunga di sepanjang jalan.

c. Malioboro Sebagai Jalan Pusat Kawasan Wisatawan Terbesar Di Yogyakarta

Saat ini, Malioboro menjadi jalan pusat kawasan wisatawan terbesar di Yogyakarta. Dengan sejarah arsitektur Belanda yang dipadukan arsitektur komersial China sekaligus kontemporer, wajar saja kesan berbeda akan para pengunjung rasakan saat menghabiskan waktu disini. Menariknya lagi, para pengunjung juga berkesempatan mengunjungi salah satu Hotel Jaman Belanda terbesar sekaligus tertua saat itu. Hotel ini bisa Anda kunjungi di bagian ujung Utara di jalan sisi Timur, tepatnya berada di jalur kereta api. Masih banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan di kawasan ini, maka dari itu segera raih suguhan keindahan itu dengan mengunjungi Malioboro.

22. kawasan ekowisata gunung api purba nglanggeran

a. Panorama Indah Dari Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta ini merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dan hanya berupa bongkahan batu andesit raksasa. Hal tersebut yang membuat kebanyakan orang tertarik untuk berkunjung dan menjadikannya sebagai salah satu obyek wisata yang tidak boleh terlewatkan.

Gunung Api Purba Nglanggeran memberikan panorama wisata yang sangat indah bagi para pengunjungnya. Di sana juga sudah tersedia pendopo berbentuk joglo yang sudah disiapkan khusus bagi para pengunjung yang ingin beristirahat sekaligus menikmati pemandangan alam di Gunung Api Purba Nglanggeran. Ada banyak panorama indah yang harus Anda nikmati ketika di sana.

b. Puncak Gunung Api Purba

Puncak dari Gunung Api Purba menjadi salah satu spot yang diincar oleh banyak pengunjung. Di puncak tersebut Anda bisa melihat matahari terbit yang sangat indah dan Anda ingin cepat-cepat menangkap moment tersebut ke dalam lensa kamera Anda. Anda juga bisa menikmati kemegahan alam dari atas puncak.

c. Embung Nglanggeran

Embung adalah sebuah tampungan air yang cukup besar. Embung Nglanggeran digunakan sebagai pengairan untuk kebun buah kelengkeng dan juga durian. Embung juga biasa disebut sebagai waduk mini yang tidak hanya memberikan manfaat bagi para petani namun, juga menyuguhkan pemandangan indah yang menarik perhatian para pengunjung di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

23. taman sari

a. Taman Sari Menyajikan Arsitektur Kuno Yang Menakjubkan

Taman Sari Yogyakarta merupakan situs bekas dari kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kebun ini dibangun pada tahun 1758 sampai 1769 pada zaman Sultan Hamengku Buwono I. Sisa dari taman yang bisa dinikmati oleh para wisatawan diantaranya berupa kanal air, danau buatan beserta pulau buatan, gedung-gedung, kolam pemandian, dan juga jembatan gantung.

b. Istana Air Yang Menjadi Tempat Pemandian

Istana air ini pada awalnya memiliki luas sekitar 10 hektar dengan memiliki 57 bangunan di dalamnya. Istana air ternyata menjadi tempat pemandian untuk para Raja dan Permaisuri pada zamannya. Ketika Anda ingin berkunjung ke Istana Air, tempat wisata akan memberikan paket yang akan mengantar Anda pada danau buatan, bangunan Umbung Binangun, Kolam Garjitawati, pulau buatan serta jembatan gantung.

c. Kemegahan Arsitektur Kuno Yang Menakjubkan

Gaya arsitektur kuno yang ditampilkan pada setiap gedung dan tempatnya memberikan kesan menakjubkan yang sangat pas untuk Anda kunjungi sebagai obyek wisata. Tempat wisata ini benar-benar melindungi keaslian dari setiap bangunan tersebut dan merupakan situs sejarah yang patut dilestarikan. Ada beberapa bangunan yang menampilkan lambang kejayaan dari Raja Mataram. Hal yang cukup mengejutkan mengenai desain bangunan tempat wisata ini. Bangunan tersebut ternyata tidak memiliki arsitektur Jawa maupun gaya Indonesia. Ala Portugis melengkapi keindahaan dari setiap bangunan yang terdapat di Taman Sari.

24. green village gedang sari

a. Pesona Indah Green Village Gedang Sari Bagai Permadani Hijau

Green Village Gedang Sari menawarkan panorama alam dengan nuansa hijau yang terhampar sangat luas. Buat Anda yang bosan harus berwisata ke laut dan pantai lagi, tempat ini pas menjadi destinasi liburan selanjutnya. Di sana bisa melepas penat dengan memandangi pesona alam yang hijau nan asri dan sangat jarang ditemui di daerah perkotaan.

Banyak spot-spot strategis yang bisa Anda tempati untuk menikmati pemandangan alam indah tersebut. Di sana telah disediakan gazebo-gazebo yang tersebar di mana saja dengan masing-masing memiliki latar pemandangan cantik yang sayang untuk dilewatkan.

b. Lokasi Tempat Wisata

Green Village ini terletak di Desa Mertelu Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya cukup mudah ditemukan bagi penduduk lokal di sana karena tempat ini cukup terkenal di kalangan masyarakat setempat. Namun, tempat ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Kira-kira memakan waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi.

c. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk mendapatkan pemandangan indah dari Green Village ternyata tidak dipungut biaya masuk sama sekali. Anda cukup membayar parkir seharga 2000 untuk kendaraan bermotor dan 5000 untuk mobil. Di mana lagi Anda bisa menikmati panorama alam yang sangat kaya akan keindahan dengan sangat murah. Apalagi tempat ini sangat cocok bagi Anda pengguna sosial media dan menceritakan keindahan Green Village Gedang Sari.

25. gua pindul

a. Asyiknya Menjelajahi Gua Pindul Dengan Cara Berbeda

Gua Pindul adalah suatu obyek wisata berupa gua yang terdapat di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua ini cukup terkenal karena cara menjelajahnya berbeda dari gua kebanyakan. Anda harus menyusuri gua tersebut dengan menaiki ban pelampung. Ban itu nantinya akan membawa Anda menjelajahi gua dengan dibantu oleh aliran air dari sungai bawah tanah di dalam gua. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dari menelusuri gua.

b. Penjelajahan Di Dalam Gua

Anda harus mencoba mengunjungi gua yang terdapat di Yogyakarta ini. Berawal dari mulut gua, Anda akan bertemu langsung dengan aliran sungai bawah tanah dan membawa Anda ke dalam gua tersebut. Di dalam gua akan bertemu dengan lorong sempit yang hanya mampu menampung satu ban saja. Petualangan Anda akan dimulai dari sana. Selama kurang lebih satu jam lamanya, Anda akan disuguhi dengan suasana di dalam gua tersebut. Dan pada akhirnya aliran sungai akan membawa Anda pada sebuah dam.

c. Keadaan Di Dalam Gua

Di dalam gua sana Anda akan melihat formasi bebatuan yang menggantung di langit-langit gua. Tak hanya itu, bebatuan tersebut ada yang memiliki ukuran yang sangat panjang hingga menjuntai ke bawah dan membentuk seperti pilar. Tempat wisata lainnya yaitu terdapat monumen-monumen bersejarah peninggalan dari Jenderal Soedirman serta situs purbakala di dalam Gua Pindul.

26. up side down world jogja

a. Up Side Down World Jogja Tempat Wisata Unik Yang Harus Dicoba

Up Side Down World Jogja adalah salah satu tempat wisata unik yang terdapat di Yogyakarta. Obyek wisata ini terbilang cukup baru karena mulai beroperasi sejak tanggal 4 Juli 2016. Tempat wisata ini menghadirkan tempat gaul yang asyik dan unik untuk kalangan muda di mana menghadirkan ruangan terbalik.

b. Menghadirkan Tempat Wisata Kekinian

Tempat ini merupakan tempat wisata yang terinspirasi dari film Upside Down. Sesuai dengan namanya, Anda akan diajak mengunjungi berbagai ruangan dengan keadaan Anda seperti berada di atas-atas langit ruangan sementara bagian atas Anda seperti berada di bawah ruangan. Up Side Down ini terdapat 12 spot ruangan yang memiliki tema berbeda-beda. Di sana Anda juga akan menemui ruangan yang memberikan sentuhan khas dari Yogyakarta.

c. Waktu Yang Tepat Mengunjungi

Sejak pertama kali dibuka, Up Side Down ternyata telah banyak menarik perhatian masyarakat Yogyakarta dan juga para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Terutama pada hari libur dan akhir minggu, tempat wisata unik ini penuh dipadati oleh para pengunjung. Up Side Down ini beroperasi setiap hari pada pukul 10.00 sampai 19.00. Untuk harga tiket masuk, pengunjung anak-anak diberikan tarif 40.000 per orang sementara, pengunjung dewasa dikenakan tarif 80.000 per orang. Jadi, untuk Anda yang suka berselfie ria bersama teman-teman dan keluarga, sangat tepat mengunjungi Up Side Down World Jogja.

27.  The Lost World Castle

a. Wisata Kekinian Di The Lost World Castel Yang Wajib Anda Kunjungi

The Lost World Castle merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata di Yogyakarta, Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Tempat wisata yang satu ini termasuk dalam tempat wisata kekinian, jadi sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjunginya. Tidak heran jika banyak anak muda yang gemar mengunjungi tempat ini, apalagi tempat ini tidak kalah indah dari tempat wisata lainnya di Yogyakarta.

b. Lokasi The Lost World Castle

Lokasi obyek wisata yang satu ini terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Keindahan tempat wisata ini tentunya tidak terlepas dari lokasinya, berlokasi di Desa Kepuharjo yang berada pada lereng gunung Merapi. Desa ini merupakan desa yang paling parah terkena dampak dari letusan gunung Merapi pada tahun 2006. Tidak heran jika banyak wilayah di desa ini yang disapu bersih akibat erupsi gunung, karena dahsyatnya efek dari letusan gunung tersebut membuat pihak pengelola memberi nama tempat wisata ini sebagai The Lost World Castle.

c. Keunikan Dari Tempat Wisata Ini

Selain menawarkan keindahan alam, terdapat beberapa spot foto unik yang berada di kawasan wisata ini. Jadi tidak heran jika banyak anak muda yang suka mengunjungi tempat ini karena spot fotonya yang sangat instagramable. Tidak heran jika pengunjung The Lost World Castle terus meningkat.

28. Jogja Bay

a. Serunya Bermain Air Di Jogja Bay Yang Wajib Anda Rasakan

Jika Anda berkunjung ke Jogja Bay, maka Anda akan merasakan pengalaman bermain air yang tidak terlupakan. Sebab di tempat ini terdapat berbagai macam wahana air yang bisa dinaiki oleh orang dewasa maupun anak-anak, tidak heran jika tempat ini merupakan pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga.

b. Apa Itu Jogja Bay?

Jogja Bay merupakan salah satu waterpark yang berada di Yogya, dimana tema dari waterpark ini mengusung bajak laut. Berada di lahan seluas 7 Ha, terdapat 19 wahana permainan yang bisa Anda naiki. Tentunya sangat disayangkan jika Anda mengunjungi tempat ini dalam waktu yang singkat, sebab seluruh wahana di tempat ini wajib Anda rasakan. Tidak heran jika orang dewasa maupun anak-anak dijamin akan bahagia jika berkunjung ke tempat ini. Selain memiliki berbagai wahana, tempat ini juga memiliki icon yang bisa dilihat melalui drama musikal “Jose an the guardians, past ini future”.

c. Wahana Pada Tempat Wisata Ini

Wahana pada tempat ini berjumlah 19 buah, dimana setiap wahana memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Tentunya setiap wahana dapat menguji adrenalin Anda, oleh sebab itu wajib bagi Anda untuk merasakan sensasi pada wahana. Wahana di tempat ini seperti memo racer, bekti adventure, volcano coaster, timo-timo rider, dan masih banyak lagi yang tersedia di Jogja Bay.

29. Taman Wisata kaliurang

Taman Wisata Kaliurang yang terletak di Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582 merupakan salah satu tempat wisata yang berupa taman bermain, baik itu ayunan, plorotan, rumah pohon, jembatan kolam ikan ang dapat digunakan untuk terapi ikan dan masih banyak lagi aktivitas lainnya yang dapat anda kerjakan disana. Selai tempatnya sejuk dan rindangan karena pohonnya besar-besar mereka memberikan sebuah cara untuk menikmatinya dengan adanya otubond yang sering dilakukan anak-anak pramuka di dalam taman. Untuk harga masuk tiketnya sebesar 8 ribu rupiah belum termasuk dengan outboun High roup atau flying fox dan masuk di rumah pohon, dari ketinggia permainan tali ini dikenakan biaya 25 ribu rupiah sedangkan tiket masuk ke rumah pohon sebesar 8 ribu. Anda bisa membawa anak anda waktu liburan di taman kaliurang.

30. Malioboro

Malioboro merupakan sebuah tempat pusat perbelanjaan dari semua jenis dan macam pernak pernik, disana berdiri kokoh toko-toko, mall-mall seperti mall maliboro, ramai mall, ramayana mall, dan beberapa mall besar lainnya. Sebagai salah satu tujuan objek wisata setelah berada di kota jogja.

31. Desa Wisata Krebet

Ada banyak desa wisata yang wajib anda kunjungi ketika  mengunjungi tempat wisata di Jogja. Pengembangan desa wisata tersebut merupakan salah satu cara masyarakat untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk hadir dan berkunjung ke desa wisata tersebut. Sehingga masyarakat yang tinggal dan berada di Desa tersebut dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

32. Desa Wisata Kasongan

33. Desa Wisata Banyusumurup

34. Desa Wisata Kebon Agung

35. Desa Wisata Pentingsari

36. Desa Wisata Ledok Sambi

Ada banyak pantai di jogja  yang sudah diketahui dan masih banyak lagi pantai-pantai di Yogyakarta yang belum sempat diberi nama ataupun belum ditemukan, dari banyak pantai tersebut beberapa pantai yang belum dikunjungi terutama untuk pantai yang berada di daerah wisata pantai gunungkidul

37. Pantai Parangendog

38. Pantai Watugupit

39. Pantai Klampok

40. Pantai Bekah

41. Pantai Ngunggah

42. Pantai Grigak

43. Pantai Celeng Tibo

44. Pantai Kesirat (Tanjung Kesirat/Gesirat)

45. Pantai Ngreslangu

46. Pantai Clungup

47. Pantai Wohkudu

48. Pantai Nungguran

49. Pantai Kepek

50. Pantai Karangtelu

51. Pantai Gesing

52. Pantai Butuh

53. Pantai Njanganan

54. Pantai Nglimun

55. Pantai Jugala

56. Pantai Ngeden (Ngedan)

57. Pantai Pringjono

58. Pantai Nguyahan

59. Pantai Ngobaran

60. Pantai Dadap Ayam

61. Pantai Dluwok

62. Semenanjung Biting

63. Pantai Ngrenehan

64. Pantai Torohudan (Toroudan)

65. Pantai Ngrawah

66. Pantai Widodaren

67. Pantai Peyuyon

68. Pantai Kayu Arum

69. Pantai Parang Rancuk

70. Pantai Baron

71. Pantai Kukup

72. Pantai Porok

73. Pantai Lolang

74. Pantai Sepanjang

75. Pantai Sanglen

76. Pantai Watu Kodok

77. Pantai Drini

78. Pantai Watu Bolong

79. Pantai Ngrumput

80. Pantai Sarangan

81. Pantai Krakal

82. Pantai Slili

83. Pantai Sadranan

84. Pantai Ngandong

85. Pantai Sundak

86. Pantai Somandeng

87. Pantai Pulang Syawal (Indrayanti)

88. Pantai Trenggole

89. Pantai Goa Watulawang

90. Pantai Pok Tunggal

91. Pantai Ndawud

92. Pantai Kajar

93. Pantai Watu Nene

94. Pantai Seruni

95. Pantai Serah

96. Pantai Krisik

97. Pantai Sembung

98. Pantai Butun Doyong

99. Pantai Mbeling

100. Pantai Ngetun

101. Pantai Timang

102. Pantai Jogan

103. Pantai Nglambor (Lambor)

104. Pantai Siung

105. Pantai Banyunibo

106. Pantai Midodaren

107. Pantai Mahguntur

108. Pantai Manukan

109. Pantai Watu Bolong

110. Pantai Watu Lumbung

111. Pantai Pesewan

112. Pantai Nglegundi

113. Pantai Nampu

114. Pantai Wediombo

115. Pantai Gander

116. Pantai Watulawang

117. Pantai Sawahan

118. Pantai Wedanan

119. Pantai Grendan

120. Pantai Botorubuh

121. Pantai Watu Bonang

122. Pantai Ngregisan

123. Pantai Watu Kebo

124. Pantai Jungwok

125. Pantai Ngusalan

126. Pantai Greweng (Pulutan)

127. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

128. Pantai Sedahan

129. Pantai Dadapan

130. Pantai Ngungap

131. Pantai Wono

134. Pantai Srakung

135. Pantai Tanjung Menyer

136. Pantai Sadeng

137. Pantai Baronan

138. Pantai Mbrumbun

139. Pantai Bungusan

140. Pantai Krokoh

141. Pantai Mengetan (Dadapan)

142. Pantai Parangtritis

143. Pantai Ndepok

144. Pantai Samas

145. Pantai Kwaru

146. Pantai Trisik

147. Gua cerme

148. Gua Selarong

149. Air Terjun Gedangan

150. Air Terjun Goa Cerme

160. Air Terjun Tlogomuncar

161. Air Terjun Sri Gethuk

162. Air Terjun Parangtritis

163. Air Terjun Jogan

164. Air Terjun Sidoharjo

165. Tlogomuncar

166. Curug Nglinggo

167. Grojogan Watu Jonggol

168. Grojogan Banyu Tibo

Wisata Belanja Yogyakarta

Oleh-oleh memang sangat lah penting bagi keluarga anda, bagaimana tidak? jika anda pulang kerumah tanpa membawa buah tangan maka tidak lah etis, paling tidak anda berkunjung ke beberapa tempat wisata atau ke suatu wilayah dan seharunya membawa buah tangan, entah itu yang berbentuk makanan, baju khas, atau belanja lainnya yang sangat dianjurkan untuk anda dan dibawah ini kami akan informasikan beberapa tempat wisata belanja jogja yang wajb anda kunjungi.

169. Pasar beringharjo

sebagai pusat belanja murah ini juga terletak di Jalan malioboro yang menjual berbagai pusat grosir baik dari barang kebutuhan sandang dan kebutuhan pokok lainnya.

170. Tas Rajut Dowa

sudah memiliki cabang di berbagai tempat jogja dan wilayah mall ini sudah terkenal sampai dengan singapura, malaysia dan lainnya. Tas Rajut Dowa  berada di Jalan Godean yang sudah populer karena keawetannya dan kenyamannnya.

171. Kerajinan Perak KotaGede

sebagai salah satu tempat penghasil perak atau pengrajin perak yang paling terkenal di Kota Yogyakarta, anda bisa memilih bentuk kerjinan perak mulai dari gelang, cincin perak dan kerajinan lainnya.

172. Pasar Seni gabusan

merupakan salah satu pasar yang menyajikan berbagai jenis kerajinan seni yang berupa kreativitas-kreativitas orang-orang jogja. Pasar seni gabusan ini berada di Jalan parangtritis, siapa tahu anda yang ke pantai parangtritis bisa mampir ke pasar seni gabusan ini.

173. Pasar Klithikan Pakuncen

adalah pasar yang menjual barang baru dan bekas yang terletak di wilayah wirobrajan, jika dari malioboro anda bisa belok kanan menuju jaln kh. Ahmad dahlan setelah itu anda akan ketemu ke wirobrajan belok ke kanan.

174. Candi Prambanan

175. Candi Mendut

176. Candi Kedulan

177. Candi Abang

178. Candi Ijo

179. Candi Sambisari

180. Candi Ratu Boko

181. Candi Sari

188. Candi Pawon

189. Candi Plaosan

Wisata Alam Kaliurang

190. Taman Rekreasi Kaliurang

191. Museum Gempa

192. ulun sentalu

193. Keraton Yogyakarta

194. Tugu Golong Gilig Jogja/ Tugu Jogja

195. Museum Sonobudoyo

196. Museum Dirgantara Mandala

197. Monumen Jogja Kembali

198. Benteng Vredeburg

199. Kebun Binatang Gembiraloka

200. Alun Alun Kidul

(Bermain odong odong dan melewati pohon kembar)

201. Taman Pintar

202. Taman Pelangi

(taman lampion Jogja setiap hari)

203. Bukit Bintang

(menikmati Indahnya pemandangan  lampu jogja di atas kota bukit)

204. Kids Fun

Daftar tempat wisata jogja diatas yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara terletak dilokasi Malioboro, Tugu Jogja, Kraton Jogja yang menjadi ikon utama dari kota yogyakarta selain itu anda juga dapat menemukan sebuah ikon populer untuk oleh-oleh khas jogja diantaranya adalah makanan seperti bakpia Pathok maupun nasi udeg wijilan yang berada di timur dari alun-alun utara atau kraton yogyakarta.

masih bingung mau nginap dimana, kami juga menginformasikan kepada ada sebuah penginapan murah malioboro ataupun hotel disekitar pusat perbelanjaan kota yogyakarta,  sebaiknya jika anda belum berani untuk travelling sendiri ada kalanya anda dapat menggunakan paket wisata jogja dengan harga yang telah ditetapkan atau dibandrol dengan harga yang pantas anda juga dapat memilih berbagai wisata yang perlu anda kunjungi saat akan berkunjung ke tempat wisata.