Tempat Wisata Kulon Progo Terbaru dan Paling Hits di Kunjungi

Seputarwisata.com – kulon progo ternyata memiliki banyak wisata alamnya yang sangat indah. Tak kalah menarik dari Sleman danBantul. Sehingga, untuk anda yang saat ini sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya mengunjungi berbagai tempat wisata kulon progo yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupu mancanegara yang berkunjung ke sana. Apalagi saat ini wilayah kulon progo akan dijadikan kawasan badaran internasional jogja, maka boleh jadi akan banyak wisata di kulon progo yang juga turut berkembang nantinya.

Adapun beberapa tempat wisata kulon progoyang akan seputarwisata.com ulas adalah tempat yang cocok bagi pecita alam khususnya yang berkunjung di jogja dan tidak ada salahnya kami merefrensikan beberapa objek wisata alam kulon progo sebagai refrensinya. Maka dari itu kami mengambil 8 tempat wisata kulon progo yang wajib anda kunjungi yah guys…

1. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Samigaluh
photo by @destrinemegentina

Desa yang berlokasi di atas perbukitan Menoreh ternyata dikenal sebagai tujuan wisata favorit. Bukan hanya menawarkan udara yang segar saja, tetapi juga menawarkan keindahan yang memanjakan mata. Anda dapat melihat langsung keindahan kebun teh Samigaluh, hingga air terjun tersembunyi yang bernama Curug Watu Jonggol. Untuk menuju ke tempat ini, anda harus menempuh perjalanan dari Jogja sekitar 2 jam perjalanan.

Alamat Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

2. Gunung Kukusan

Gunung Kukusan
photo by @ayodolan

Anda juga dapat melihat pemandangan padi di tempat ini yang letaknya berada dekat Desa Nglingo, perbatasan Magelang dan Kulon Progo. Gunung ini memiliki dua puncak, yaitu Kendeng dan Dempok. Anda bisa berjalan kaki kira-kira 15 menit untuk menikmati indahnya sunrise dari kedua puncak tersebut. Sesampai di puncak, anda dapat menyaksikan langsung matahari terbit yang ditemani dengan minuman hangat serta berbagai camilan yang disediakan di warung-warung terdekat miliki warga lokal.

3. Bukit Isis

Bukit Isis
photo by @jogjaku

Di bukit Isis, anda dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit. Nah, tahukah anda kenapa bukit yang satu ini dinamakan dengan bukit Isis? Karena di dalam bahasa Jawa Isis adalah “angin sepoi-sepoi”. Bukit Isis sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai dengan teman-teman. Selain itu, anda juga bisa berfoto karena disediakan spot berfoto dan juga disedikan rumah pohon untuk menikmati keindahan Kulon Progo dari ketinggian.

4. Air Terjun Kembang Soka

air terjun kembang soka
photo by @fajarbudianto04

Tempat yang satu ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan pesona yang ditawarkannya sangat indah. Letaknya berada di Desa Jatimulyo, dari kabupaten Kulon Progo sekitar 13 km. Anda bisa bermain air dan menyaksikan langsung keindahan air terjunnya yang mengalir melalui tebing.

5. Kompleks Air Terjun Giriloyo (curug setawing)

curug setawing

photo by @muharrom.sy11

Jika anda sangat suka berenang di alam bebas, maka Kulon Progo mempunyai beberapa air terjun yang indah. Di kawasan Desa Giriloyo, anda dapat mengunjungi empat air terjun karena lokasinya yang berdekatan. Untuk menuju ke air terjun pertama yaitu Curug Gelimpang, anda bisa trekking sekitar 1 jam perjalanan. Untuk menuju ke air terjun kedua yaitu Kedung Ratmi, anda harus melewati jalan menanjak dan semak belukar. Dari sini, anda bisa menuju ke air terjun ketiga yang bernama Kedung Bendo. Memiliki kolam yang luas sehingga cocok untuk anda yang sangat suka berenang.

Jika anda masih sanggup melakukan trekking, anda dapat menuju ke air terjun keempat, yaitu Curug Gandu. Air terjun ini adalah air terjun terbesar diantara lainnya sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk itu, anda dapat mengunjungi kompleks air terjun ini dalam sehari supaya bisa menikmati keindahan alamnya tanpa terburu-buru.

6. Gunung Ijo

Gunung Ijo
Photo by @ariflukmanp

Jika anda sangat menyukai melihat pemandangan pepohonan yang rindang dan hutannya dari ketinggian, anda harus ke gunung Ijo ini. dari tempat ini, anda akan melihat Waduk Sermo, beberapa gunung ternama yang ada di Jawa seperti gunung Sumbing, gunung Merapi dan Merbabu, hingga lanskap hutan. Jika cuacanya sedang cerah, maka anda juga dapat melihat keindahan gunung Sindoro dari kejauhan.

7. Kali Biru

wisata kalibiru jogja
photo by; @nour.brahimii

Wisata Alam Kalibiru salah satu wisata paling hits d Kulon Progo yang memiliki banyak pesona keindahan yang terlihat dari sspot oto di Instagram yang mulai rami dibicarakan banyak orang. Apalagi semenjak ada seorang traveller yang ingin mengabadikan moment pagi hari diatas bukit kali biru sehingga muncul beberapa penginapan bagi para traveller tersebut. Jika anda penasaran silahkan anda pergi ke alamat berikut

Alamat Jalan Kalibiru- Clapar, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Waduk Sermo

tempat wisata waduk sermo jogja
photo by: @ristangrap

Waduk sermo merupakan salah satu waduk yang digunakan untuk pengirigasian yang berada di perbukitan menoreh. Waduk ini semakin instgramable ketika sore hari diwaktu matahari mulai tenggelam anda akan mendapatkan foto yang menari diatas perahu, karena telah disediakan penyewaan perahu untuk menikmati soe hari di waduk sermo.

Alamat Sermo Lor, Hargowilis, kokap, kabupaten kulon progo, daerah istimewa yogyakarta

9. Puncak Suroloyo

tempat wisata puncak suroloyo photo by
photo by: @damartrijati

Bagi yang tertarik dengan pemandangan diatas puncak, pemandangan di puncak suroloyo terbilang sangat bagus dan wajib dikunjungi saat liburan datang, tentunya di pagi hari anda akan dapat melihat 4 gunung sekaligus di puncak ini, Keindahan empat gunung tersebut adalah gunung merapi, gunung sumbing, gunung sindoro dan gunung merbabu

Alamat: Desa Gerbosari, Kecamata Samigaluh, Kulon Progo, DIY

10. Pantai Glagah

Sunset-Pantai-Glagah
photo by pantainesia.com

Pantai Glagah memiliki keunikan tersendiri dari pantai lain di Kulon progo, pantai ini memiliki laguna atau bisa dibilang pemecah ombak yang dapat digunakan untuk membuat sampan kecil, disini anda akan mendapatkan spot yang menarik untuk berfoto apalagi landcape pada soren hari ketika matahari mulai terbenam maka anda akan mendapatkan foto dengan hasil yang bagus

Alamat Melewati Jalan Bantul : Jalan Bantul-Palbapang Bantul-ambil arah ke kanan-Jalan Srandakan via jembatan Srandakan-bertemu lampu merah ke kiri-Pantai Glagah
Melewati Jalan Wates : Jalan Wates-Sentolo-Wates kota-Purworejo-ambil ke kiri-ikuti arah menuju Pantai Glagah

Nah, Jika anda masih bingung! mau kemana liburan nanti pas di Jogja anda juga bisa baca artikel kami seputar jogja khususnya untuk tempat wisata di Jogja

Demikianlah sedikit ulasan dari seputarwisata.com bagi anda yang sedang berada di Jogja jangan lupa untuk mampir ke kabupaten kulon progo yang juga menyajikan beberapa objek wisata alam untuk dikunjungi, untuk itu maka  lupa berkunjung ke berbagai tempat wisata kulon progo.

2.5/5(2)

Please rate this