Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Tiket masuk Candi Prambanan– Candi Prambanan adalah candi yang terdapat di daerah istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan adalah peninggalan bersejarah dari kebudayaan Hindu. Yang berdiri sejak abad ke-10, Candi Prambanan ini setinggi 47 meter yang berarsitektur yang sangat cantik, orang yang berkunjung ke candi ini tidak hanya dari Indonesia bahkan dari berbagai negara  yang ada di Indonesia untuk menyaksikan kecantikan dari Candi Prambanan ini secara langsung.

Candi Wisnu, Brahma , dan Siwa adalah tiga candi yang terdapat di halaman utama Candi Prambanan. Ketiga candi tersebut di lambangkan sebagai Trimurti dari kepercayaan Hindu sendiri. Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa ini pun menghadap ke arah timur dan juga setiap candi utama mempunyai satu candi pendamping yang bernama Nandini, Angsa dan Garuda yang menghadap ke arah barat. Selain dari candi-candi tersebut ada juga dua candi apit, empat candi kelir dan 4 candi sudut dan juga di halaman keduanya terdapat  224 candi. Karena banyaknya candi tersebut , sehingga para pengunjung wisata itu pun sangat banyak baik dari Indonesia sendiri maupun dari luar negeri.

Jika Anda yang ingin pergi untuk mengunjungi Candi Prambanan tapi Anda tidak memiliki kendaraan pribadi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa naik Bus Trans Jogja dengan  menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari kota. Disana banyak hal yang dapat Anda lakukan seperti berfoto di sekitar candi dan lain-lain. Pemandangan yang sangat menakjubkan akan terlihat di Candi Prambanan ini di saat malam hari karena adanya lampu yang dipasang di sekitaran candi.

Candi Prambanan ini akan banyak dikunjungi pada saat libur sekolah, lebaran dan hari libur lainnya. di hari lainnya juga tidak kalah ramainya, bagi Anda yang ingin berkunjung di akhir pekan ini sebaiknya Anda terlebih dahulu melihat berapa harga tiketnya pada tiap kategori sehingga Anda dapat menentukan berapa uang yang akan Anda bawa. Berikut ini adalah harga tiket masuk candi prambanan pada tiap-tiap kategori.

  • Orang dewasa seharga Rp. 30.000

  • Anak-anak seharga Rp. 12.500

  • Dewasa untuk luar Indonesia seharga $18

  • Anak-anak untuk luar Indonesia seharga $9

Jam Buka Candi Prambanan

Waktu jam buka Candi Prambanan mulai pukul 06.00 -17.00 WIB, sebagai wisatawan Anda tidak akan dikenakan biaya lagi dan bisa jalan-jalan di area candi sambil berfoto di area tersebut jika Anda telah membayar tiket tersebut.

Cara Menuju Ke Candi Prambanan

Letak Candi prambanan ini di daerah desa Tlogo, kecamatan Klaten  Jawa Tengah. Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah sekali, bisa dengan kendaraan pribadi Anda sendiri.

Kendaraan Pribadi

Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi sangat mudah sekali, jika Anda yang habis jalan-jalan di sekitar Jogja, Anda langsung bisa ke candi ini cukup butuh waktu sekitar 30 menit saja dari pusat kota.

Jika Anda mulai perjalanan dari Solo, cukup lalui saja jalan raya Solo-klaten. Maka dengan begitu Anda akan menjumpai situs wisata Candi Prambanan dengan waktu sekitar 1 jam. Jika Anda dari Semarang, jalan yang bisa Anda ambil adalah Semarang,Ungaran,Ambarawa,Pringsurat,Magelang, Jogja, setelah itu gerbang keluar Jogja, dengan begitu Anda akan langsung sampai ke tujuan tepat di sebelah kiri jalan.

Kendaraan Umum

Jika Anda yang tidak punya kendaraan pribadi Anda  bisa menggunakan kendaraan umum di Jogja yaitu menggunakan Bus Trans Jogja yang akan mengantarkan Anda sampai ke Candi Prambanan. Dengan menurunkan Anda tepat di depan kompleks candi cukup dengan biaya Rp. 35.000 saja.

Bila Anda mulai berangkat dari Semarang, Anda bisa naik bus akap Semarang Jogja dengan harga sekitar Rp. 53.000. dengan pemberhentian di terminal Jombor. Kemudian dari situ langsung naik bus Trans Jogja, Anda akan bisa langsung turun di depan kompleks Candi Prambanan ini.

Sekian artikel seputar harga tiket masuk Candi Prambanan, semoga bermanfaat.