Pantai Nglambor Gunung Kidul, Tempat Snorkling Terbaik di Jogja

Seputarwisata.com – Pantai Nglambor merupakan pantai yang masih sepi yang cocok dijadikan tempat snorkling karena memang bersih dan jernih meskipun pantai di daerah selatan terkenal dengan ombak yang besar berbeda dengan pantai nglambor yang memiliki ombak yang tenang karena memang terhalang oleh dua buah bukit didepannya. sehingga cocok digunakan untuk tempat snorkling.

Pantai Nglambor ini terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. arah okasinya yang berdekatan dengan Panatai siung yang berada di sebelah barat dan pantai jogan yang ada di sebelah timur. Salah satu keunikan pantai ini adalah dua bukit karang yang berada di depannya sebagai pemecah ombak sehingga airnya tenang. Ada juga dapat maju ke barisan depan atau dilakukan di bukit tersebut seperti selfie maupun foto-foto diatas bukit dengan menaikinya.

Pantai nglambor menjadi spot foto yang menakjubkan untuk kawasan di daerah pulau jawa terkhusus jogja karena memang keindahan air laut yang jernih sehingga dapat terlihat batu karang dan beberapa jenis ikan serta rumput laut ataupun aneka ragam biota lautnya. Seperti pantai-pantai lainnya yang berada di timur Indonesia yang masih alami.

Baca Juga artikel wisata lain:  Tempat wisata di Jogja

Adapun beberapa hal ataupun aktivitas yang dapat dilakukan ketika berada di Pantai Nglambor adalah sebagai berikut ini:

– Snorkling
Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan lokal untuk berkunjung di Pantai Nglambor adalah aktivitas snorkling atau gaya berenang menggunakan kaca mata renang untuk melihat di dasar laut, hal itu berbeda dengan diving atau menyelam karena proses gaya berenangnya cuma berada di atas laut untuk melihat dasar laut yang berupa biota laut, terumbu karang dan ikan-ikan kecil lainnya. Lakukan snorkling dibatas aman sesuai dengan instruktur atau guide sehingga aman.
– Menyusuri Pantai
Selain aktivitas berenag anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti menyussuri pantai dipinggiran pantai yang dapat dijadikan petuaalangan selanjutnya karena di sebelah timur pantai nglambor ini ada pantai siung, pantai lumbung, patai wediombo dengan menyusuri bukit-bukit, sedangkan untuk arah ke barat kamu akan menemukan pantai lain di gunung kidul seperti pantai jogja, timang, pok tunggal dan lainnya.
– Foto di Bawah Laut
Salah satu hal wajar kalau seandainya foto menjadi dokumentasi terbaik karena orang blang kalau wisata tidak ada foto berarti wisatanya hoax atau mengada-ada. Usahakan membawa kamera underwater yang bagus ya!! namun, jika kamu tidak membawanya usahakan untuk mengambil paketan snorkling yang sudah tersedia di pantai nglambor.
– Trekking
Bagi yang suka mendaki atau pendakian, di pantai nglambor arah paling ujung pantai ada sebuah bukit yang dapat terlihat deretan pantai di gnung kidul sehingga dari ketinggian bukit dapat anda saksikan keindahan pantai dari ujung bukit

Tak jarang wisatawan yang juga mencari spot foto dan jauh-jauh datang ke pantai Nglambor ini untuk sekedar mengabadikan moment terbaiknya dengan lokasi dan akses menuju pantai nglambor. Nah, kita bercerita tentang rute menuju ke pantai nglambor

Rute menuju ke Pantai Nglambor.
Pantai Nglambor terletak di dusun Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan perjalanan dari kota jogja memakan waktu selama 2 sampai dengan 3 jam. Ingat arah dan tujuan ya dan jangan lupa lihat plangnya apabila kamu sudah sampai pertigaan setelah dari pos retribusi anda bisa masuk belok ke kanan menyusuri jalan dan jalanan menuju ke pantai nglambor tidak bisa sampai bibir jalan untuk bus pariwisata atau mobil kendaraan besar yang bisa adalah motor ataupun jasa ojek.

Harga tiket Masuk Pantai Nglambor
untuk harga tiket masuk ke pantai nglambor ini per orang dikenakan 5000 rupiah dengan sewa alat snrokling sebesar 50 ribuan, jika kamu sewa alat ke paket snorkling kamu tidak perlu membawa alat sendiri yang notabene rempong untuk dibawa.