Menikmati Suasana Liburan Di Pantai Depok Jogja

Pantai Depok Jogja adalah satu dari sekian banyak obyek wisata pantai yang bisa dikunjungi saat musim liburan tiba. Pantai ini terletak di sebelah barat pantai Parangtritis dan hanya berjarak sekitar 1,5km. Jika Anda berasal dari kota Jogjakarta, Anda bisa mendatangi lokasi ini dengan mengambil rute jalan Parangtritis melalui pasar seni Gabusan dan terus berkendara lurus hingga menemukan gardu penjagaan masuk kawasan Parangtritis. Hanya saja untuk menuju pantai Depok, sebelum gardu penjagaan, Anda bisa berbelok kanan dan mengikuti jalur yang ada. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang Pantai Depok, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Sejarah pantai

Jika dilihat dari sejarah, penamaan pantai Depok bermula dari perpecahan yang dialami Kerajaan Majapahit. Prajurit yang melarikan diri membangun padepokan yang kemudian direbut oleh Tunggul Wulung. Saat keturunan Tunggul Wulung yang bernama Aris Baya berkuasa, pantai yang terletak di kawasan kekuasaannya tetap diberi nama Pantai Depok karena namanya sesuai dengan nama wilayah dikala itu. Seiring perkembangan zaman, nama pantai Depok tidak banyak berubah. Perubahan yang terjadi adalah mata pencaharian masyarakatnya yang semula petani menjadi nelayan sepenuhnya. Ketika berlayar mencari ikan, kebanyakan dari masyarakat menggunakan perahu motor sederhana yang diseimbangkan dengan cadik di sisi kiri dan kanan perahu agar tidak mudah terguling saat diterjang ombak.

Fasilitas pantai

Ketika Anda datang mengunjungi pantai Depok ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti berenang di tepian pantai, berjalan menyusuri pantai, bermain layang-layang ukuran besar, mengendarai ATV, memandang matahari tenggelam, maupun kegiatan memancing di laguna. Hal tersebut tidak lepas dari fasilitas yang ada di pantai Depok Jogja, diantaranya:

  1. Pasar pelelangan ikan

Ketika Anda memasuki kawasan pantai, Anda bisa langsung mengunjungi pasar Mina Bahari yang merupakan tempat pelelangan ikan. Di sini, Anda bisa mendapatkan beragam jenis ikan laut yang masih sangat segar, seperti cumi-cumi, kepiting, udang, cakalang, dan kerang. Tentunya, ikan-ikan tersebut dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibanding pasar pada umumnya di Jogjakarta.

  1. Warung makan

Setelah berbelanja ikan segar di pasar Mina Bahari, Anda bisa memilih sendiri warung makan untuk memasak ikan yang sudah dibeli. Anda bisa meminta tolong kepada pemilik warung untuk memasak ikan sesuai selera. Umumnya menu masak yang bisa dipilih adalah asam manis, goreng tepung, dan bakar. Selain menu ikan, Anda bisa melengkapinya dengan menu sayuran yang disediakan di warung pilihan.

  1. Kamar mandi

Jika Anda membawa serta keluarga yang ingin bermain air, Anda bisa memanfaatkan fasilitas kamar mandi yang cukup banyak di tempat ini. Kamar mandi yang disediakan juga dalam kondisi bersih, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin mandi setelah bermain air.

  1. Penyewaan ATV dan layang-layang

Disalah satu sudut pantai, ada beberapa warga yang menyewakan ATV untuk dikendarai anak-anak maupun dewasa. Selain ATV, ada pula penjual layang-layang yang menyediakan beragam jenis layangan ukuran besar. Anda bisa menikmati sensasi bermain layang-layang sambil menunggu hidangan yang dipesan matang.

  1. Toko souvernir

Ditempat ini juga tersedia penjual yang menjajakan aneka suvernir dari beragam sampah lautan, seperti tirai cangkang kerang, tas daur ulang, kaos khas pantai Depok, dan lainnya. Jika Anda berasal dari luar kota Jogja, beragam suvernir berharga terjangkau di tempat ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh untuk keluarga tercinta.