5 Tempat Wisata di Jogja Kota yang Selalu Buat Kangen

5 Tempat Wisata Jogja yang Ngangenin

Tempat wisata di Jogja kota selalu ramai dikunjungi. Tak hanya wisatawan lokal, banyak pula wisatawan asing tertarik mengeksplor kota Jogja. Jogja memang tempat liburan tepat. Pasalnya banyak destinasi wisata yang bisa dituju seperti 5 tempat wisata yang ngangenin berikut ini:

1.             Malioboro

Malioboro sekiranya layak bila disebut tempat wisata favorit wisatawan. Terasa belum liburan ke Jogja kalau belum mampir ke Malioboro. Di tempat ini banyak ditawarkan beraneka macam produk khas Jogja seperti baju batik, tas batik, aksesoris, kuliner Jogja, dan lainnya. Sekarang ini pun Malioboro tampil lebih menarik dengan tatanan yang semakin apik. Dimana disediakan banyak kursi di trotoar untuk sejenak melepas penat atau menikmati suasana Malioboro.

Malioboro berada tepat di jantung Jogja kota. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, ada banyak transportasi umum yang bisa dinaiki. Malioboro pun dekat dengan stasiun Tugu, sehingga Anda yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir dengan tranportasi. Anda bisa berjalan kaki dari stasiun menyusuri jalanan Malioboro.

2.             Keraton Jogja

Tempat wisata di Jogja kota yang ngangenin lainnya adalah keratin Jogja. Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini tidak jauh dari Malioboro. Bisa ditempuh dengan jalan kaki, naik becak, atau andong yang mudah ditemukan di sekitar Malioboro.

Keraton Jogja termasuk situs sejarah yang menjadi saksi bisu dari kisah di masa lalu. Sampai saat ini Keraton masih difungsikan sebagai hunian dari keluarga kerajaan. Namun, Keraton dibuka pula untuk wisatawan dengan tiket masuk relatif terjangkau. Keraton Jogja buka setiap hari, Anda bisa melihat apiknya arsitektur jaman dulu, peninggalan kerajaan, dan koleksi warisan yang dipamerkan di suatu ruangan khusus.

3.             Alun-Alun Kidul

Setelah puas mengunjungi Keraton, jangan lupa mampir di Alun-Alun Kidul. Tempat ini merupakan tanah lapang luas dan terdapat 2 pohon beringin di bagian tengah. Alun-Alun Kidul selalu ramai, terutama menjelang malam hari. Dimana menjelang malam makin banyak hiburan dan kuliner nikmat yang bisa disantap.

Alun-Alun Kidul populer dengan tradisi masangin. Tradisi ini dilakukan dengan berjalan lurus melalui dua pohon beringin tetapi dalam kondisi mata ditutup. Banyak wisatawan merasa tertantang untuk mencobanya. Namun, nyatanya tidak banyak yang berhasil melakukannya dan malah berjalan berbelok ke kanan ataupun kiri.

4.             Taman Sari

Tempat menarik lainnya digadang-gadang merupakan tempat pemandian putri raja di waktu dulu. Adalah Taman Sari yang sampai kini masih dijaga keaslian gaya arsitekturnya. Banyak spot yang epic untuk dijadikan latar foto. Tak heran bila Taman Sari banyak dipilih sebagai lokasi foto prawedding.

Lokasi tempat wisata Taman Sari juga dekat dengan Keraton. Yakni beralamat di Jalan Taman, Kraton, Yogyakarta. Adapun pengunjung dikenai tiket masuk yang relatif murah untuk bisa memasuki kawasan tempat wisata Taman Sari. Tempat ini buka setiap hari yang bisa Anda kunjungi kapan saja bersama orang tersayang.

5.             Taman Pintar

Bagi Anda yang liburan mengajak buah hati, bisa mempertimbangkan untuk berkunjung ke Taman Pintar. Tempat ini merupakan tempat hiburan yang recommended untuk liburan anak dan keluarga. Disediakan bermacam wahana menarik, mulai dari wahana bahari, teater 3D, dan masih banyak lagi. Tempat dimana buah hati Anda tidak hanya bisa liburan tetapi juga belajar.

Baca Juga:tempat wisata di Jogja

Pastinya si kecil akan merasa betah bila diajak ke Taman Pintar. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan dan memiliki manfaat edukasi. Malah tidak jarang ada event yang akan mengajak anak untuk belajar membatik. Taman Pintar ini juga masih berada di sekitar Malioboro. Tepatnya beralamat di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3. Banyak transportasi umum melewati tempat wisata di Jogja kota yang nganenin ini.