Taman Sari Jogja, Tempat yang memiliki banyak rahasia dan sejarah

Seputarwisata.com – Taman Sari adalah salah satu tempat yang bersejarah di kota jogja, lokasi taman saripun masih terbilang dekat dengan kraton dan alun-alun kidul yogyakrta yang tepatnya berada di jalan taman, yogyakarta. Salah satu tempat bersejarah bagi keraton yogyakarta karena memang dibangun pada masa pemeritahan Sri Sultan Hamengku Buwono Pertama sehingga dengan dibukanya wisata taman sari ini, masyarakat bisa melihat ragam keindahan di Yogyakarta pada tahun 1758.

Taman sari jogja ini memiliki sejarah yang panjang bagi keluarga kerajaan karena memang sebagai tempat rekreasi bagi keluarga kraton, taman ini juga sebagai benteng pertahanannya. Sebelum seperti sekarang ini, taman sari memiliki luas sekitar 10 hektar yang terdiri dari beberapa bangunan seperti komplek hunian, beberapa sanggar dan gedung, lorong bawah tanag, jembatan gantung, kolam pemandian, kanal air, taman dan sampai di taman sari ada sebuah danau buatan dan pulau buatan.

Baca Juga artikel lainnya terkait: Tempat Wisata di Jogja

Sejarah panjang di wisata taman ari mulai dari bangunannya yang memiliki arsitektur jawa, hindhu, budha, china dan eropa menghiasai arsitektur taman sari karena memang keraton joga ini menggunakan seorang arsitek yang berasal dari portugis dengan jasa dari demang tegis dan seluruh pembiayaan pembangunan taman sari dibiayai oleh Bupati madiun. Dengan biaya yang sangat mahal tentunya dimasa itu. Namun, saat ini lokasi taman sari banyak dijadikan sebagai pemukiman penduduk sekitar dan mulai pada sehingga istana air taman saripun dibagi menjadi 4 bagian:

Adapun 4 bagian dari istana air yogyakrata ini yaitu sebagai berikut ini:
1. Disebelah selatan ada sebuah bagian yang disebut dengan pemandian umbul binangun yang merupakan danau buatan.
2. Disebelah barat ada sebuah danau buatan
3. Bagian kedua yang ada di sebelah selatan ada kolam Garjiwati dan pasarean ledok sari.
4. jembatan gantung dan pulau buatan yang memanjang dari kolam garjiwati.

Di taman sari ini memang berdiri bangunan-bangunan yang notabene sejak jama dahulu masih belum berdiri pemukiman. Namun, ada satu istana ari yang masih utuh sejak jaman dahulu sampai sekarang atau yang disebut dengan pemandian Umbul Binangun, dan untuk bangunan lainnya di tiga bagian sudah menjadi pemukimam masyarakat yang merupakan abdi dalem dari kraton. Nah, tertarik berkujung ke taman sari jogja.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja

Untuk harga tiket masuk taman sari jogja bagi wisatawan lokal dikenakan 3 ribu rupiah dan untuk wisatawan asing sebesar 7 ribuan. Disamping itu ada pemandu wisata yang dapat anda jumpai di gerbang dengan harga tari pemandu tanpa dipatok biaya tapi anda bisa memberikan 25 ribu seperti wisatwan lainnya. Nah, ingat jangan sampai anda datang tapi sudah tutup ya, karena jam buka mulai dari jam 8 sampai dengan jam 14.00