5 Tempat Wisata Hits di Jogja

Tempat Wisata Hits di Jogja–  tidak pernah ada habisnya. Hampir setiap tahun selalu ada destinasi baru untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Tak ayal, Jogja tidak hanya menjadi kota budaya, tetapi juga kota wisata.

Jogja  adalah salah satu kota yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Kota ini memang tidak pernah kehabisan tempat destinasi wisata menarik dan Tempat Wisata Hits di Jogja yang membuat orang-orang ingin mengunjunginya. Destinasi wisata yang ada di Yogjakarta anata lain ada pantai,gunung, wisata budaya keraton dan masih banyak obyek wisata lainnya yang dapat dijadikan rekomendasi bila berkunjung ke kota gudeg ini. Adapun  objek wisata yang lagi ngehits di Jogja adalah sebagai berikut:

Lava Tour Merapi

Berkunjung ke Jogja, tentu tidak akan lengkap tanpa mengunjungi kawasan Gunung Merapi di Kaliurang. Lava tour dengan jeep – jeep akan membawa untuk berkeliling kawasan terdampak erupsi Merapi pada 2010 silam. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 – 3 jam untuk rute pendek hingga bunker Kaliadem.

Untuk rute panjang, perjalanan dilanjutkan hingga Museum Gunung Merapi. Di sini terdapat memoar berupa foto – foto serta tulisan – tulisan warga lereng Merapi tentang peristiwa erupsi Merapi tahun 2010. Di studio mini, diputar film dokumenter tentang letusan Gunung Merapi.

Di depan museum, terdapat Merapi Park dengan tagline “The World Landmark.” Beragam replika landmark terkenal dari seluruh dunia berdiri megah di Merapi Park. Mulai dari Menara Eiffel dari Prancis, Menara Piza dari Italia, Kincir Angin khas Belanda, hingga Patung Liberty di New York.

Tebing Breksi

Berlokasi di Desa Sambirejo, Tebing Breksi merupakan lokasi wisata yang masih tergolong baru. Lokasi wisata ini dulunya merupakan lokasi penambangan breksi. Dari puncak Tebing Breksi, matahari yang terbenam merupakan pemandangan yang paling dinanti. Selain itu setiap spot di sini sangat mempesona dan romantis, bahkan tak jarang banyak calon pengantin yang melakukan foto pre – wedding di sini.

Sembari menunggu matahari tenggelam, cobalah untuk mengikuti tur jeep Sambirejo. Tur ini akan membawa berkeliling ke beberapa tempat wisata yang berlokasi di desa ini seperti Candi Ijo dengan pemandangan yang mengarah langsung ke bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan Puncak Watu Payung yang mengarah langsung ke arah Candi Prambanan.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan terletak di daerah Dlingo, Kabupaten Bantul. Rimbunnya pohon pinus berpadu dengan udara segar yang menyehatkan badan serta pikiran. Sebuah panggung berdiri di salah sisi hutan yang juga dikenal dengan nama Hutan Pinus Dlingo ini. Dari panggung ini, terlihat pemandangan Kota Jogjakarta di kejauhan.

Beberapa spot foto menarik tersebar di kawasan yang asri. Ayunan di pinggir tebing, rumah marsupilami, rumah pohon, hingga panggung kayu sangat sayang untuk dilewatkan ketika mengabadikan momen liburan di hutan pinus Mangunan. Selain itu, terdapat pula sebuah area yang khusus diperuntukkan untuk berkemah maupun aktifitas outbond.

Apabila berkunjung di pagi hari, sebelum beranjak menuju hutan pinus, tidak ada salahnya untuk mampir ke Kebun Buah Mangunan. Pemandangan pagi dari tempat ini sangat mempesona dengan kabut putih yang menutupi sebagian sungai Oyo yang mengalir di bawahnya.

Kalibiru

Berlokasi di Kokap, hutan pinus ini menawarkan pemandangan yang berbeda. Dari gardu pandang yang berdiri di antara pinus, Kalibiru menyuguhkan keistimewaan Jogjakarta bagian barat. Sinar mentari yang menyibak kabut di perbukitan Menoreh menjadi pemandangan yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Kalibiru ketika subuh menjelang. Di sore hari, cahaya matahari yang berarak kembali ke peraduannya menciptakan kilau keemasan di permukaan air Waduk Sermo.

Selain hutan pinus dan sisa erupsi Merapi, Yogyakarta juga memiliki pantai – pantai indah yang menyebar dari pesisir barat hingga selatan. Contohnya Pantai Galgah di Kulon Progo, Pantai Parangtritis di Bantul, dan Pantai Goa Watuwalang di Gunung Kidul.

The Lost Word Castle.

Lokasi tempat wisata ini terletak cukup dekat dengan Merapi Golf atau sebelah selatan Kaliadem, tepatnya berada di dusun Petung, Kepunharjo, Cangringan Sleman. Awalnya spot wisata baru ini dijuluki sebagai Benteng Takeshi di Slemankarena bentuk bangunannya yang mirip dengan benteng Takeshi. Selain itu ada juga yang menyebutnya sebagai Tembok Besar ( GreatWall) China di Cangkringan.

The Lost World Castle memang sudah menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan terutama untuk kalangan anak muda yang hobi untuk mencari spot foto yang berbeda dengan lainnya. Bangunan berbentuk kastil ini masih dalam proses kontruksi yang terletak di bawah kaki Gunung Merapi. Daerah ini merupakan salah satu daerah terdampak yang paling parah pada tahun 2010 yang lalu. Karena lokasinya yang dekat dengan Gunung Merapi maka view pemandanagan dari tempat ini begitu indah. Dari tempat ini pengunjung dapat menyaksikan kemegahan Gunung Merapi yang pernah mengeluarkan erupsi dahsyat pada tahun 2010 silam.

Nama The Lost World Castle sendiri berarti dunia ynag hilang. Pengelola seolah ingin menggambarkan kedahsyatan erupsi Gunung Merapi hingga bisa menghilangkan desa Kepunharjo dan meratakannya dengan sisa-sisa material dari erupsi. Rencananya tempat ini akan dijadikan sebagai sarana edukasi untukpengunjung dengan menyajikan artefak- artefak erupsiGunung Merapi. Untuk rute menuju kastil ini pengunjung dapat memulai perjalanan dari Jalan Kaliurang menuju ke Kaliadem, kemudian melalui Jalan Babeng- Dusun petung dan cari Kopi Merapi, setelah lewat Kopi Merapi masih berjalan ke arah timur lagi dan akan terlihat bangunan besar yang berupa benteng dari kejauhan. Untuk harga Tiket sendiri sangatlah murah karena pengunjung hanya dikenai biaya Rp. 15.000 saja untuk dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi dari The Lost World Castle.

Bingung destinasi objek wisata! silahkan anda cek tempat wisata di Jogja

Tempat wisata hits di Jogja akan terus berkembang dan menciptakan kenangan yang tidak terlupakan bagi siapapun yang mengunjunginya. Kami seputarwisata.com akan selalu mengupdate terkait dengan wisata-wisata yang baru ngehits dan banyak di kunjungi ketika di Jogja sehingga menjadi salah satu tujuan ataupun destinasi ketika berkunjung ke kota Jogja selain dari beberapa pantai yang ada di daerah selatan kota Jogja. Sudah pernah ketempat wisata tersebut. silahkan anda baca artikel terkait kami.