Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Lokasi Lava Tour Merapi

2 min read

Kali Kuning Merapi Jogja
Total
1
Shares

Seputarwisata.com –Lokasi Lava Tour Merapi berada di lereng gunung merapi Jogja. Sehingga tidak hanya satu tempat saja yang dikatakan lava tour sendiri melainkan dari beberapa tempat yang dahulunya bekas dari erupsi merapi tahun 2011. Awalnya memang tempat tersebut masih rusak karena letusan gunung merapi, karena memang penghasilan warga masyarakat lereng merapi adalah berkebun dan beternak yang mana juga terdampak erupsi maka mereka berupaya untuk bangkit dengan menawarkan paket lava tour merapi yang saat ini sudah populer di Masyarakat Indonesia.

Kota destinasi yang dikenal pariwisatanya, juga disebut sebagai kota pelajar yang memang banyakk tempat sekolah khususnya universitas ternama dan populer ini memiliki kebudayaan dan keistimewaan untuk di kunjungi disetiap sudutnya.

Nah, pasti kalian yang dari luar jogja saat berlibur ke kota Jogja hampir semua tempat sudah anda kunjungi?

Tempat yang sering dikunjungi waktu di Jogja kalau nggak ke Pantai parangtritritis, Candi Borobudur dan berakhir belanja di Malioboro. Sudah populer dan sudah membosankan tentunya bagi pelajar yang memiliki traget tujuan wisata ke tempat tersebut.

Namun, seiring perjalanan waktu karena sudah sering dikunjungi maka tempat tersebut lama-lama sudah biasa dan mulai jenuh. Maka bagi kalian yang sudah jenuh dan terlalu biasa untuk pergi ke tempat itu-itu saja ada beberapa alternatif tempat wisata di lereng gunung merapi tersebut sebagai pilihan karena memang selain anda bisa menikmati gagahnya gunung merapi dari dekat, anda juga dapat menaikai sebuah jeep yang akan melewati sebuah perlintasan offroad dengan jalanan yang menantang. Adrenanlin anda akan memuncak ketika jeep tersebut masuk ke sungai atau perlintasan sungai yang bernama sungai Kuning.

Lokasi Lava Tour Merapi

Nanti anda akan dibawa oleh pak supir jeep ke beberapa tempat yang indah dan menjadi saksi bisu atas meletusnya merapi. Nah, lokasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bunker Kaliadem

Wisata bunker kaliadem
photo by: @wisatalavatourmerapi

Bunker Kaliadem atau disebut juga dengan bunker merapi merupakan slah satu spot foto favorit wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melihat puncak merapi dengan sangat jelas, Kalau anda penasaran dengan isi bunker merapi anda bisa melihatnya dengan menggunakan alat penerang dan masuk ke dalamnya.

Isi bunker merapi ini ada sebuah batu yang sangat besar dan sebuah kamar mandi yang awalnya seluruh bunker terselimuti oleh lumpur dan bebantuan erupsi merapi sehingga para masyarakat menggali lumpur tersebut dan menemukan ada relawan yang juga masuk di dalamnya ketika bunker tersebut digali.

2. Rumah Mbah Maridjan

Makam Mbah Maridjan

Nah, para wisatawan lava tour merapi akan dibawa ke sebuah rumah yang dijadikan tempat tinggal juru kunci gunung Merapi yang bernama Mbah Maridjan. Lokasinya rumah ini sebelum bunker merapi yang ada di jalan cangkringan. Di petilasan atau rumah mbah maridjan ini terdapat gardu pandang dan juga museum atau barang-barang yang digunakan mbah maridjan ketika beliau masih hidup.

Pendopo khas jawa dibuat untuk mengenang sang juru kunci merapi anda bisa membaca-baca sejarah atau berisitirahat di petilasan mbah maridjan.

3. Museum Sisa hartaku

Anda bisa berkunjung ke Museum sisa hartaku dengan menggunakan jeep short merapi yang menyuguhkan beberapa peninggalan warga masyarakat akibat erupsi merapi. Tempat yang dijadikan museum tersebut adalah rumah warga dan masyarakat Cangkringan yang mana para wisatawan tidak dipungut biaya sepeserpun anda bisa memasukka uang ke kotak secara ikhlas.

Anda bisa melihat kerangka motor yang terbakar dan kerangka sapi yang terpampang di depan Museum, beberapa peninggalan waktu erupsi merapi masih dapat terlihat di museum ini sehingga menjadi bukti adanya erupsi merapi dan bencana awan panas di kala merapi meletus.

4. Batu Alien

Batu Alien

Lokasi tour merapi dengan menggunakan jeep juga mengunjungi ke sebuah batu besar yang terlempar dari mulut puncak merapi yang bentuknya seperti manusia, batu ini dikatakan sebagai alien karena bentuknya yang menyerupai wajah manusia, ada hidung mata hingga ada mulutnya. Batu Alien namanya yang dikenal dengan masyarakat Indonesia

Coba anda bayangkan, wajah tersbut mirip siapa ya?

5. Wisata Jogja ala jepang

The Lost World Castle Jogja
image from @aslijogjakarta

Anda bisa request ke tempat wisata jogja ala jepang yang sudah terkenal di media instagram karena disana ada bunga sakura yang cantik untuk dijadikan backgroun fotonya. Destinasi tersebut berada di lereng gunung merapi yang bernama The Lost World castle sebuah benteng yang mirip dengan benteng takeshi yang didalamnya anda bisa menemukan sebuah jeep, taman bunga, spot foto sayap burung, kapal phinisi dan lainnya.

6. Kali Kuning

Kali Kuning Merapi Jogja

Pastinya anda menggunakan paket tour merapi dengan berakhir di Kali kuning atau sungai yang bermuara dari gunung merapi ini memiliki aliran air yang sedikit dikala kemarau, terlebih sungai ini juga menganggkut beberapa bebatuan dan pasir ketika merapi erupsi sehingga membawa berkah oleh warga masyarakat yang memiliki aktivitasnya dalam penambangan pasir. Anda akan dibawa oleh seorang dirver untuk bermain di Kali kuning hingga basah kuyup dengan menggunakan jeep mereka akan menggunakan jeepnya dengan lincah diatas air sungai yang menggenang dan itu paling seru bagi anda yang suka wisata offroad.

Untuk ke lokasi lava tour merapi di atas anda bisa menggunakan paket tour merapi yang sudah disediakan pathokan harganya sesuai dengan yang ada di beberapa basecamp.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
1
Share