Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Beberapa Objek Wisata Dekat Merapi Lava Tour

3 min read

wisata dekat lava tour merapi
Total
1
Shares

Seputarwisata.com – Saat pandemi virus corona telah dijadikan hal yang biasa atau dengan kata lain pandemi wabah virus sudah berakhir maka telah dibuka beberapa objek wisata di Sleman termasuk Lava Tour Merapi. Karena para tour jeep akhirnya tidak ada pemasukkan gara-gara wabah corona melanda di semua wisata di dunia.

Bagi anda yang belum tahu lava tour merapi, yuk kita ulas sedikit terkait dengan tour merapi. Namanya yang sudah dikenal banyak orang dengan sebutan lava tour merapi ini bukanlah nama tempat wisata melainkan sebagai sebutan tujuan tempat wisata di lereng gunung merapi yang saat itu merapi erupsi dengan berkunjung ke tempat-tempat yang berdampak terkena letusan.

Adapun beberapa tempat yang berdampak dengan letusan sendiri awalnya dikunjungi oleh para wisatawan dengan menggunakan jeep yang pada tahun 2010, belum banyak masyarakat lereng merapi yang memiliki usaha operator jeep merapi. Hingga akhirnya masyarakat berinisiatif menyediakan perjalanan ke lokasi dampak letusan gunung merapi dengan sebutan lava tour merapi.

Objek Wisata Lava Tour Merapi

Adapun tujuan objek wisata lava tour merapi yang dikunjungi oleh tour wisata adalah sebagai berikut

Bunker Merapi

Bunker Kaliadem

Salah satu lokasi tempat wisata yang kena dampak erupsi merapi adalah bunker merapi, karena disitulah ada 2 orang yang terjebak di dalam bunker sehingga mereka menjadi korban erupsi merapi. Karena memang bunker merapi ini dulunya memang digunakan untuk berlindung karena kejadian tersebut maka akan lebih baik mengungsi ketempat yang lebih aman dari pada berlindung ke bunker tersebut.

Rumah Mbah Maridjan

Makam Mbah Maridjan

Salah satu tempat yang luluh lantak terkena wedus gembel sebagai juru kunci gunung merapi yang saat itu sang juru kunci tidak berkenaan untuk meninggalkan gunung merapi saat terjadi erupsi hingga akhirnya sang juru kunci meninggal di dalam rumah mbah maridjan dalam keadaan sujud

Museum Sisa Hartaku

Salah satu museum yang saat ini menjadi saksi bisu letusan gunung merapi pada tahun 2010 adalah Museum Sisa hartaku, museum ini dibangun dari antusias warganya atau bangunan rumah warga yang dijadikan sebagai museum.

Batu Wajah

Batu Alien

Salah satu batu yang bentuknya mirip wajah ini disebut dengan batu alien yang mana batu ini berasal dari letusan gunung merapi yang terlempar jauh hingga di daerah cangkringan. Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi dengan menggunakan lava tour merapi

Kali Kuning

Kali Kuning Merapi Jogja

Salah satu kali yang dijadikan sebagai tempat tracking untuk dilewati kali ini pada saat erupsi juga menjadi dampak aliran letusan gunung merapi hingga pasir dan bebatuannya sangat banyak. Disisi lain ada sebuah tempat wisata untuk menikmati pemandangan indahnya merapi atau disebut dengan kali kuning park.

Untuk objek wisata lainnya tidak termasuk di paket wisata lava tour merapi dan sesuai dengan requets dari wisatawan untuk mengunjungi di beberapa wisata dekat Merapi Lava Tour

Wisata Dekat Merapi Lava Tour

The Lost World Castle

Harga Tiket Masuk The Last World Castle
image from @thelostworldcastle

The Last World Castle merupakan salah satu bangunan yang mirip dengan bangunan tembok china ini memiliki gaya arsitektur yang menarik untuk anda kunjungi, nah untuk masuk ke tempat ini memang membutuhkan durasi waktu yang cukup lama, sehingga jika menggunakan jasa operator lava tour merapi maka harganya cukup mahal

Stone Henge

Stonehenge
Stonehenge post by Seputarwisata

Bangunan ini mirip dengan stone henge atau tumpukan batu yang berada di luar negeri. Ini menunjukkan bahwa stone henge juga bagus untuk menjadi jujugan objek wisata di lereng gunung merapi

Rumah Hobit Cangkringan

Rumah Hobbit Cangkringan Sleman

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi ini berada di dekat wisata lava tour merapi cangkringan, ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mengabadikan moment karena cocok sebagai salah satu spot foto di rumah hobit sleman.

Nah, sepulang dari cangkringan bagi anda yang saat itu juga menggunakan jasa operator lava tour merapi kaliurang, sudah barang tentu ada beberapa rekomendasi wisata lainnya selain dari lava tour merapi, apa saja wisatanya yuk, kita lihat dibawah ini:

The Landmark Merapi Park

World Landmark Merapi Park
Photo taken by: @imeysa

Miniatur duniapun ada di kota Jogja di lereng gunung merapi, salah satu landmark miniatur dunia yang dijadikan spot foto ini bia anda kunjungi diwaktu libur setelah anda menikmati adventure di lava tour merapi. Salah satu landmark merapi mini yang cocok sekali bagi penggemar foto instagram.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Disamping berdirinya landmark sejauh 500 meter ketimur anda akan temukan museum gunung merapi, wisata edukasi yang menawarkan berbagai macam pengenalan tentang sejarah museum merapi. Disitulah anak-anak dapat belajar terkait dengan mitigasi bencana dan beberapa hal terkait gunung yang ada di Indonesia.

Taman Wisata Kaliurang

Taman Kaliurang
image from www.seputarwisata.com

Jika anda membawa anak-anak atau keluarga bisa dibawa ke taman wisata kaliurang yang mana ada beberapa permainan anak yang patut dicoba di taman ini dengan biaya tiket masuk murah anda bisa bermain dibawah rindangnya pepohonan yang ada di taman wisata kaliurang.

Agro Wisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi
image from topik seputarwisata.com

Anda bisa memperkenalkan binatang-binatang kesayangan di Agro Wisata Bhumi Merapi, disini anda akan menemukan kelinci, ular, kuda, domba, kambing dan beberapa hewan peliharaan manusia lainnya yang menyajikan berbagai bentuk objek pengetahuan.

Demikianlah beberapa rekomendasi ketika anda sudah melakuka perjalanan lava tour merapi, dan ingin melanjutkan berbagai wisata dekat dengan lava tour merapi.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share