Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Jembatan Plunyon Kali Kuning, Sensasi Foto Pemandangan Gunung Merapi di Pinggiran Jogja

2 min read

kali kuning park
Total
0
Shares

Seputarwisata.com -Salah satu jembatan yang memiliki keindahan alam dengan latar gunung merapi yang satu ini terletak di Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari bunker kaliadem yang sering dijadikan tujuan lava tour merapi.

para traveller bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu rekomendasi saat pergi travelling ke jogja karena memang menyuguhkan aneka spot foto instagram yang menarik dan mempesona, sungguh disayangkan jika ke yogyakarta tak mampir dan singgah di jembatan yang dinamakan jembatan plunyon.

Jembatan Plunyon ini menawarkan latar pemandangan yang menarik untuk dijadikan spot foto gunung merapi, pada tahun 2010 silam jembatan plunyon memang terkena dampaknya dan kembali pulih dengan tumbuhnya sederet pepohonan yang apik dan patut menjadi refrensi dan destinasinya.

Alamat dan Lokasi Jembatan Plunyon


Meskipun jaraknya jauh dari pusat kota jogja kurang lebih 30 kilomter dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan untuk menuju ke lokasi anda bisa menggunakan google maps atau aplikasi waze untuk cek lokasinya sebeperti dibawah ini

Alamat Cangkringan, Kedungsriti, Siderejo, Kec Cangkringan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.
buka dari jam 7 pagi sampai dengan jam 16.00

Lokasinya sangat mudah ditemukan anda bisa arahkan kendaraan anda di jalan kalurang, dari perempatan kentungan anda bisa arahkan sejauh 24 kilometer ke uara dan ketemu arah plang lava tour merapi anda arahkan ke timur ke jalan merapi golf ada arah persimpangan anda arahkan keutara sampai gerbang retribusi anda arahkan sedikit ke utara dan masuk diarea kanan jalan dengan jalan yan masih terjal batu dan tanah.

Pesona Alam Jembatan Plunyon

kali kuning park

Ketika anda memasuki gerbang dan ketemu dengan penjaga gerbang anda akan dilihatkan sebuah jembatan gantung diatas pohon yang menarik untuk dilalu, jembatan ikonik ini menjadi pesona keindahan alam dan dibawahnya ada sebuah tempat bersantai yang juga bisa dijadikan spot foto baru. Melintasi jembatan yang dihiasi dengan perbukitan nan hijau.

Dari atas terlihat sebuah pemandangan sungai yang bertingkat mengalir di kali kuning dari umbul wadon yang ada di aliran bawah. Melanjutkan ke perjalanan anda akan bertemu dengan perlintasan jembatan lama atau dibangun sekitar masa penjajahan belanda yang berada di samping perbukitan dengan gagahnya.

Udara yang segar tanpa polusi membuat pikiran menjadi tenang, ingin berlama-lama untuk menikmati pemandangan yang ada dipinggiran kota Jogja ini. Terasa indah nan damai sampai hati bergembira ingin menginap semalam dua malam saja ditempat ini, tak henti-hentinya angin sepoi-sepoi menderu ke dalam napas dan jiwa, hijaunya pepohonan membuat mata dan pikiran semakin tergelayut dalam suasana.

Fasilitas Jembatan Plunyon

Tak lekang oleh waktu, wisata ini dibangun secara eksotis dilengkapi dengan fasilitas bersantai, dengan adanya tempat duduk dibawah pohon pinus dan jembatan yang hits untuk berfoto, selain itu dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang mungkin bagi kalangan sekelompok orang sangatlah membutuhkan adanya kamar mandi dan fasilitas lainnya.

Namun, sayangnya di jembatan plunyon ini anda tidak menemukan penjual penjaja makanan anda harus ke kali kuning park yang letaknya tidak jauh dari lokasi jembatan plunyon, dan biasanya jembatan ini sebagai salah satu destinasi objek wisata para pesepeda yang ingin menikmati sejuk dan segarnya udara.

Selain itu ada sebuah fasilitas yang cocok banget bagi keluarga yang datang dari jauh karena disini menawarkan tempat kamping bagi yang ingin menghilangkan penat dan lelah bersama keluarga atau teman travelling mu, menarik bukan!

Di dekat jembatan plunyon ini juga berdiri sebuah gazebo yang sangat teduh untuk dijadikan tempat istirahat dengan semilir angin yang membuat kita semakin tenang dan betah untuk tidak meninggalkan tempat ini, selain itu anda akan menemukan beberapa kicauan burung cuit-cuitan diatas perbukitan dan di ranting-ranting pohon yang membuat anda semakin tidak mau meninggalkannya. Gazebo menjadi pilihan utama untuk berteduh dan menikmati pemandangan.

Harga Tiket Masuk Jembatan Plunyon

 

Untuk masuk ke jembatan plunyon anda tidak harus membayar tiket mahal karena per orangnya anda bisa masuk dengan harga tiket 10 ribu per orang ke kawasan wisata ini selain ini anda juga cukup membayar sekali untuk dapat masuk ke tempat lainnya seperti kali kuning park dan kali talang yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Cocok sekali bukan untuk dikunjungi ketika berada di Jogja, selain anda bisa ngejeep di lava tour merapi anda bisa berwisata tanpa kantong bolong saat hendak menyusuri destinasi lainnya seperti kali kuning park dan kali talang karena tiket dapat digunakan dua bonus wisata dan berlaku hanya sehari saja.

Usahkan anda melihat cuaca terlebih dahulu sebelum pergi kesana karena ketika cuaca mendung maka anda tidak akan menemukan gagahnya Gunung Merapi, karena dijembatan ini anda akan melihat Gunung Merapi yang gagah ketika cuaca cerah.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share