Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Museum Gunung Merapi, Wisata Edukasi di lereng Merapi.

1 min read

Museum Gunung Merapi Jogja
Total
1
Shares

Seputarwisata.com -Museum Gunung Merapi merupakan salah satu museum yang menjadi sarana informasi kebencanaan bagi anak-anak usia dini hingga dewasa, museum yag memiliki sejarah panjang ini berdiri diatas tanah seluas 3,5 hektar dengan fasilitas yang lengkap baik area parkir, taman dan lainnya. Harga tiket masuknya terbilang murah dibandingkan dengan lokasi objek wisata lainnya di lereng gunung merapi.

Wisata gunung merapi ini memiliki tujuan dalam memberikan wawasan dan pemahaman terkait dengan kebencanaan geologi, sosial budaya dan lainnya. Sementara itu merapi ini menjadi salah satu unsur sumber informasi yang dapat digali lebih jauh dengan menerapkan semboyan Merapi Jendela Bumi.

Sejarah Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Jogja

Museum Gunung Merapi ini terletak di objek wisata kaliurang yang terkenal dengan wisata lava tour merapi yang berada di jarak 5 kilometer dari puncak gunung merapi. Museum ini resmi diperkenalkan oleh masyarakat Indonesia pada tanggal 1 oktober 2009 oleh menteri ESDM yang bernama Purnomo Yusgiantoro.

Nah, bagi yang ingin mengunjungi museum gunung merapi ini bisa sangat mudah untuk dijangkau oleh para traveller yang suka dengan sejarah dan benda-benda yang notabene memberikan anda pencerahan terkait dengan erupsi merapi dari tahun ke tahun yang berada di alamat berikut ini

Rute Letak Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi ini berada di Jalan Kaliurang KM 18 Banteng, Hargobinangung, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat km o kota jogjakarta. Anda bisa ke arah utara jika dari Malioboro atau titik nol kilometer, kendaraan anda diarahkan ke timur lalu belok ke utara mentok sampai ketemu gardu PLN dan Jembatan rel kereta api menuju ke arah utara sampai ketemu tadion kridosono anda ke kiri lalu ke arah UGM dari perempatan Gramedia ke arah lurus bundaran ugm lanjut ke barat ketemu lampu merah perempatan lalu belok ke utara di Jalan Kaliurang ana lurus terus sejauh 19 kilometer ke arah utara nanti akan ada plang tulisan Museum Gunung Merapi anda pastikan kendaraan anda berada sesuai dengan aplikasi google maps atau waze.

Isi Museum Gunung Merapi

 

Nah, museum ini memiliki bangunan dua lantai. Pada lantai pertama ketika anda masuk anda diwajibkan untuk membayar tiket dan langsung melihat sebuah replika gunung merapi yang sangat besar tersedia informasi terkait letusan gunung merapi dari tahun ke tahun. Anda akan melihat erupsi gunung merapi dan meliat beberapa alat untuk memantau gunung merapi.

Disana anda akan melihat beberapa barang-barang museum saat terhempas wedus gembel atau yang terjadi saat setelah erupsi merapi berbagai bebatuan dan peninggalan-peninggalan penting yang ditemukan setelah erupsi merapi.

Dibangunan lantai dua anda akan melihat bagaimana video tentang gempa dan letusan gunung merapi yang diperuntukan bagi pengunjung dengan melihat terjadinya erupsi tersebut. Bioskop mini tersebut sebagai salah satu simulasi kegempaan dan bencana erupsi bagaimana kita menghadapi kebencanaan tersebut ketika terjadi.

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Bagi yang akan membawa keluarga anda pergi ke museum gunung merapi ini seorang wisatawan diharap untuk membawa makan karena sangat jarang ditemukan rumah makan di daerah ini. Untuk harga tiketnya sangat murah.

Bagi wisatawan lokal biaya masuk museum gunung merapi sebesar 5 ribu rupiah
Sedangkan untuk wisatawan mancanegara seorang traveller wajib membayar tiket masuk seharga 10 ribu rupiah. Dan itu juga berlaku untuk masuk ke ruang audio visualnya.

Untuk harga tiket parkirnya seorang wisatawan yang membawa mobil wajib membayar uang parkiran sebesar 5 ribu sedangkan bagi yang membawa motor wajib membayar 2 ribu rupiah saja.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

One Reply to “Museum Gunung Merapi, Wisata Edukasi di lereng Merapi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share