Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Driver Jip Lava Tour Merapi Akan Bersertifikat Profesi

1 min read

Keunikan Lava Tour Merapi - Copy
Total
0
Shares

Seputarwisata.com – Semua sopir wisata di Gunung Merapi bakalan di sertifikasi. Tidak hanya di gunung merapi saja, melaikann semua pengedara jip wisata di Gunung Bromo Jawa timurpun demikian. Pemerintah akan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para pelaku wisata di Seluruh Indonesia.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama Sertifikasi Profesi Transportasi Global Indonesia yang diinstruksikan oleh presiden Jokowidodo untuk seluruh Sumber daya  Manusia yang ada di Indoneisa harus bersertifikat kompetensi sesuai dengan Undang-Undang No. 13 2003 terkait dengan ketenagakerjaan harus terselenggara sertifkasi profesi oleh Badan Nasional Sertifkasi Profesi.

Dalam hal ini pemerintah sudah menyiapkan anggaran ketenagakerjaan untuk melakukan uji kompetensi yang akan diuji oleh tim penguji yang telah bersertifikasi. Selanjutnya para pengemudi akan mendapatkan sertifikat kompetensi ketanagkerjaan.

Pemerintah akan memprioritaskan 5 provinsi untuk melakukan pengujian sertifikasi terutama dalam sektor pariwisata diantaranya adalah Yogyakarta, NTB-NTT, Dana Toba, Pulau Dewata Bali dan Sulawesi utara.

Anggaran akan disediakan oleh pemerintah untuk mendorong sektor pariwisata, pemerintah akan mensertifikasi para pengemudi bus pariwisata, pengemudi jip, tenaga kerja perhotelan dan lainnya.
Untuk sopir jip lava tour merapi sendiri, uji kompensi akan dilaksanakan di Kaliurang tepatnya di Museum Gunung Merapi kilometer 22,5 Banteng, Hargobinangung, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sesuai dengan atura protokol kesehatan.

Adapun materi kompetensi yang akan diujikan yaitu pengetehuan pengemudi yang berupa teori mengemudi dan Uji prasktek yang akan dilaksanakan di Museum Gunung merapi menggunakan mobil Jip dengan teknik maju, belok kanan, kiri, bermanuver dan beberapa arah rute yang harus ditempuh saat melakukan praktek. Uji kompetensi ini dipimpin langsung dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Semua pelaku wisata di Yogyakarta akan mendapat giliran untuk disertifikasi, baik itu  yang ada di Lava Tour Merapi, ataupun usaha jip lainnya seperti di tebing breksi dan lainnya untuk mendapatkan giliran bersertifkat nasional sesuai dengan sekotor pariwisata di Indonesia.

Sumber: detik.com

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share