Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Mengenal Desa Wisata Pentingsari yang Populer di Mata Dunia

1 min read

Desa Wisata Penting Sari
Total
0
Shares

Seputarwisata.com – Desa Wisata Pentingsari merupakan desa di wilayah kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini berjarak kurang lebih 22,5 km di sebelah utara kota Yogyakarta. Posisinya yang berada di lereng Merapi membuat udara Desa Pentingsari begitu sejuk dan segar.

Desa Wisata Penting Sari
Image from instagram @desawisatapentngsari

Desa Wisata Pentingsari telah dikenal di mata dunia sebagai salah satu desa yang mendapat beragam penghargaan.

Doto Yogantoro ketua Desa Wisata Pentingsari adalah salah satu tokoh yang berperan dalam pengembangan Desa Wisata Pentingsari. Dalam acara webinar yang digagas TelusuRI dan Kok Bisa pada Rabu (23/9/2020), beliau mengungkapkan sejarah dibangunnya Desa Pentingsari menjadi desa wisata.

Pada awalnya warga desa berharap bisa membuat sesuatu untuk mengenalkan Desa Pentingsari pada masyarakat luas. Sekitar tahun 2007, warga desa mulai memikirkan berbagai cara agar kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat dapat dikemas dan ditampilkan bagi wisatawan dan mendapat apresiasi sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan berdampak positif pada lingkungan.

Warga desa pun mulai mencari keunikan yang ada di desa tersebut. Keunikan yang bukan semata-mata karena lokasinya yang berada di lereng Merapi. Karena pada dasarnya letak Desa Pentingsari berada dalam kawasan TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi).

Warga desa juga mempertimbangkan kedudukan Kota Yogyakarta yang notabene sudah terkenal sebagai daerah wisata. Sebagai contoh objek wisata yang sudah terkenal di Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Malioboro, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, warga mengangkat sisi pariwisata untuk membuka pintu rezeki bagi warga Desa Pentingsari yang sebelumnya mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Jadi, warga berupaya agar kegiatan bertani tetap bisa dilakukan dan bisa mendapat tambahan penghasilan dari wisatawan yang datang. Maka tercetuslah ide membangun desa wisata.

Jip Desa Wisata Penting Sari
Image from instagram @desawisatapentngsari

Hasilnya cukup memuaskan. Wisatawan tertarik menginap di homestay, beraktivitas seperti warga desa pada umumnya dan bahkan makan makanan desa. Jadi wisatawan bisa mendapatkan pengalaman dan berinteraksi dengan warga desa.

Sejak dibukanya Desa Wisata Pentingsari, berbagai penghargaan sudah diperoleh. Diantaranya dari Indonesia Suistainable Tourism Award (ISTA) 2017 pada kategori ekonomi. Pernah juga Desa Wisata Pentingsari termasuk dalam TOP 100 destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destination Days (GGDD) 2019. Padahal saat itu di Indonesia hanya 4 desa yang termasuk di dalamnya, yaitu Desa Pemuteran (Bali), Desa Penglipuran (Bali), Desa Wisata Nglanggeran (Yogyakarya), dan Desa Wisata Pentingsari (Yogyakarta).

Penghargaan tersebut diperoleh karena adanya keseimbangan antara peningkatan perekonomian danĀ  lingkungan, serta sosial budaya yang terjaga. .

Desa Wisata Pentingsari menawarkan wisatawan untuk melihat dan belajar tentang alam, lingkungan, pertanian, perkebunan, kewirausahaan, kehidupan sosial budaya, dan seni tradisional. Wisatawan juga dapat melihat kearifan lokal juga tampak melekat dalam kehidupan masyarakat Desa Pentingsari.

Program wisata yang ditawarkan di Desa Wisata Pentingsari antara lain live in, kemah, trekking, dan outbond. Wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan wisata budaya seperti belajar gamelan, membatik, menari, membuat wayang rumput, dan membuat janur.

 

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share