20 Objek Wisata Lereng Gunung Merapi Yang Harus Anda Tahu

Seputarwisata.com– Waktu paling tepat untuk menikmati keindahan alam gunung merapi adalah waktu menjelang Sunrise atau pagi-pagi buta sampai dengan pukul 7 pagi. Peandangan yang indah dibalik kegagahan gunung merapi akan nampak ketika waktu pagi menjelang siang gunung merapi akan tertutup awan sehingga akan lebih baik menikmati keindahaan alam gunung merapi di waktu pagi jam 7. Gunung merapi ini dapat terlihat dari jarak jauh seperti kabupaten Sleman, Klaten, Magelang dan Boyolali. Nah, bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke jogja belum syah jika tidak mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di Lereng Gunung Merapi.

1. Kaliadem

Kaliadem
Kawasan Wisata Kaliadem adalah salah satu wisata yang terletak di lereng gunung merapi, kaliadem bukanlah sebuah nama sungai melainkan sebuah dusun yang bernama kaliadem terletak di jarak dekat dengan gunung merapi dan menjadi wilayah rawan bencana merapi. Dari kota yogyakarta letaknya berada di arah utara sekitar 35 kilometer. Sehingga kaliadem menjadi salah satu tempat wisata yang digunakan untuk lava tour merapi.

2. Berburu Foto Landscape Gunung Merapi

berburu Landscape Merapi
Pesona keindahan merapi di pagi hari menjadi daya tarik bagi para fotografer di seluruh dunia, mereka biasa melakukan kegiatan pengambilan gambar waktu bersinarnya cahay terang di langit biru. Gunung Merapi yang gagah menjadi objek foto yang luar biasa. Selain itu wisatawan juga akan senang melihat cerah dan birunya langit sehingga pemandangan alam gunung merapi dapat terlihat dengan jelas. bagi mereka yang menyukainya dapat memsan jeep lava tour merapi.

3. Jeep Merapi

Jeep Merapi
Letusan gunung merapi yang terjadi pada tahun 2010 yang lalu. dimanfaatkan para warga di lereng gunung merapi baik di kaliurang jeep merapi maupun cangkringan jeep merapi mengajak para wisatawan yang datang ke lereng merapi untuk mengikuti jejak peninggalan dan bukti sejarah setelah erupsi merapi.

4. Makam Mbah Maridjan

Makam Mbah Maridjan
Seorang juru kunci yang dikenal masyarakat luas khususnya di lereng gunung merapi mbah maridjan ini sangat tangguh dan percaya bahwa kekuasan Tuhan Akan datang. Sang juru kunci legendaris ini bernama Mbah Maridjan yang meninggal ketika letusan erupsi gunung merapi pada tahun 2010.

5. Jadah Tempe Lereng Merapi.

Jadah Tempe Kaliurang
Tak hanya tempat wisata yang diburu oleh wisatawan. Namun, juga wisata kuliner gunung merapi yang sudah lama dikenal oleh warga yaitu Jadah tempe. Cuaca sejuk dan dingin sangat cocok menikmati jadah dan tempe dalam keadaan hanyat ditambah engan wedhang jahe yang menjadi makanan khas kaliurang.

6. Cross Adventure

Trail Merapi
Tidak hanya menggunakan jeep untuk berpetualang di lereng gunung merapi. Namun, trail juga menjadi salah satu transportasi untuk menyusuri tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi dan menjadi menyenagkan ketika jalanan menanjak ataupun menurun menggunakan trail merapi.

7. Kali Kuning

Kali Kuning Merapi Jogja
Kali kuning merupakan salah satu tempat yang sangat cocok digunakan untuk outbond, training kemah, Bisa menjadikan tempat enari di kalikuning sebagai tempat menjelajah di bagian bawah terletak sebuah sumber mata air di kali kuning yang sangat jernih bak mata air turun dari surga.

8. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem
Salah satu tempat yang berfungsi untuk menyelamatkan diri dari awan panas merapi adalah bunker kaliadem yang berada di dusun kaliadem. Meskipun menjadi tempat untuk menyelamatkan diri namun, tetap berbahaya karena pada waktu tahun 2010 silam, bunker kaliadem memakan korban jiwa sebanyak 3 orang. Mereka menyelamatkan diri dari awan panas merapi dan akhirnya di bunker kaliadempun juga turut panas di dalamnya sehingga bunker kaliadem menjadi tempat yang tidak aman untuk menyelamatkan diri dari awan panas.

9. Bukit Klangon

Bukit Klangon
Bukit klangon yang berada di lereng gunung merapi ini menjadi tempat untuk memantau aktivitas gunung merapi atau dijadikan gardu pandang, tempat yang cocok untuk melihat keindahan gunung merapi.

10. Batu Alien Cangkringan

Batu Alien
Batu alien merupakan sebuah batu yang besar yang berada tepat di tepi bantaran sungai gendol yang napak seperti Alien. Sungai gendol yang sangat curam dan menjulan tinggi tebingnya menjadi sangat menakjubkan sebagai tempat spot foto yang menarik.

11. Stonehenge

Stonehenge Merapi
Stonehenge ini berada di cangkringan Sleman, nampak bebatuan pada peninggalan jaman manusia purba batuan besar ini menyerupai Stonehenge, dan mengapa bebatuan besar yang di cangkringan ini menjadi spot yang menarik untuk dijadikan tempat foto bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin berfoto ala stonehenge di Inggris.

12. The Lost World Castle

The Lost World Castle Merapi
The Lost World Castle terletak di Dusun Petung Desa Kepuhharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta merupakan salah satu bangunan yang menyerupai bangunan castel yang telah hilang ada yang mengatakan juga bahwa bangunan tersebut ini sebagai benteng takeshi karena bangunannya seperti benteng.

13. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi terletak di kawasan lereng merapi daerah hargobinangun, kaliurang, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Salah satu monument atau museum dari letusan erupsi merapi yang merupakan wahana edukasi dan konservasi dalam pengembangan ilmu kebencanaan oleh Menteri ESDM. Sehingga masyarakat dan wisatawan dapat teredukasi ketika terjadi erupsi merapi.

14. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang
Tlogo Putri Kaliurang merupakan salah satu objek wisata di kaliurang yang banyak dikunjungi oleh warga dan wisatawan lokal yang secara resmi pengelolaannya langsung dari Dinas pariwisata Sleman. Tlogo putri kaliurang ini menawarkan wisata dengan perpaduan alam dan air layaknya sebuah wahana wisata permain pada embung dan lainnya.

15. Air Terjun Tlogo Muncar
Air Terjun Tlogo Muncar berada di lereng bukit plawangan yang berada dikawasan tlogo putri , Air terjun yang cukup tinggi ini berada di dalam kawasan tlogo putri, menjadi salah satu bukti bahwa air terjun menjadi bukti bahwa ketika musim kemarau debit air yang terjun dari atas sedikit sekali berbeda dengan waktu musim penghujan dengan debit air yang lumayan banyak.

16. Museum Ulen Sentalu
Museum Ulen Sentalu merupakan salah satu museum terbaik yang dapat memperdalam pengetahuan anda terkait dengan seni dan budaya khusunya pada jaman kerajaan mataram, Museum Ullen Sentalu ini menjadi museum terbaik di Indonesia karena memang dari sejak dahulu berdirinya dan menjadi salah satu harta dan kekayaan indonesia dalam bidang sejarah. Museum ini terletak di kawasan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

17. Wisata Edukasi Omah Salak
Salah satu wisata yang menjadi andalan di kota yogyakarta adalah wisata omah salak yang telah berkembang sejak tahun 70 an di wilayah turi di kawasan lereng gunung merapi. Wilayah turi memang terkenal sebaga sala satu wilayah penghasil salak karena tanahnya yang cock dengan tumbuhan salaj sehingga masyarakat turi mengedukasi dengan membuat omah salak sebagai tempat proses pengolahan dan pengetahuan terkait dengan oalahan salak bagi masyarakat.

18. Kawasan Wisata Kaliurang
Kaliurang menjadi salah satu kawasan yang berada di kaki gunung merapi. Terletak disebelah utara kota yogyakarta berjarak 30 Kilometer. Lokasinya cukup mudah diangkau oleh kendaraan, baik transportasi umum maupun transportasi pribadi. DI kawasan kaliurang inilah anda bisa memiliki paket wisata lava tour merapi.

Tlogo Putri

19. Goa Jepang Kaliurang
Goa Jepang berada di kawasan lereng gunung merapi kawasan wisata kaliurang. Goa jepang tersebut berdiri pada tahun 1942 -1945 sebagai salah satu tempat perlindungan tentara jepang. Goa jepang ini terletak jauh diatas bukit dan terlihat eksotis pada masa itu. Anda akan menemukan banyak monyet di sekitaran Goa Jepang.

20. Desa Wisata Ledok Sambi

Desa Wisata Ledok Sambi berada di jalan kaliurang Km 19,2 padukuhan sambi desa pakembinangu, kec. Pakem Kabupaten Sleman. Salah satu desa alami yang memiliki banyak potensi sehingga menarik untuk dikunjungi para wisatawan lokal maupu mancanegara.