Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan yang menjadi salah satu trend wisata Daerah istimewa Yogyakarta yang tak asing lagi untuk dikunjungi. tempat wisata di Bantul inin berada di daerah dataran yang cukup tinggi dari pada kota yogyakarta. Wilayah hutan ini berada di desa Mangunan sehingga hutan pinusnya diberi Nama dengan Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan ini dikelola oleh salah satu resort yang ada di Mangunan yaitu Resort Pengelolaan Hutan, tempatnya yang sangat rindang jauh dari perkotaan membuat tempat ini memiliki udara yang segar nan bersih. Anda bisa duduk-duduk ataupun sekedar berjalan -jalan menikmati suasana rindangnya berada dibawah pepohonan pinus dengan aroma khas pohon pinus.

Wisata di daerah Mangunan tidak hanya menyuguhkan hutan pinus mangunan saja melainkan masih banyak tempat wisata lain yang populer dan rekomended untuk dikunjungi di daerah tersebut.

Sebelum populer, hutan pinus mangunan dulunya sebagai hutan yang sangat tandus, dan dilakukanlah proses reboisasi atau penanam pohon kembali yaitu menanam pohon akasia, pohon pinus, mahoni dan beberapa pohon lainnya. Pohon-pohon yang ditanam di daerah mangunan tersebut lambat laun tambah subur dan rindang sehingga menjadi kawasan hutan lindung atau hutan yang dilindungi oleh pemerintah, dan akhirnya pemerintah setempat melihat banyak orang yang datang untuk berselfie dan kemudian para pengelola membuatkan beberapa fasilitas pendukung agar para wisatawan yang sekedar mampir merasanya dengan membuat gardu pandang, kursi-kursi yang ditata rapi sehingga cocok digunakan untuk duduk, mushola, gardu pandang, panggung dan lainnya.

Dari situlah hutan pinus mangunan ini dikelola dengan baik dan dijadikan salah satu destinasi wisata terbaru di Dlingo, Bantul. Suasana tenang damai, sejuknya udara menjadi daya tarik hutan pinus mangunan apalgi anda datang bersama keluarga tau teman sejawatt datang pagi-pagi buta. Melihat kokohnya pepohonan dan gesekan daun yang diterpa angin sepoi-sepoi dan bau pohon yang khas membuat anda betah dan berlama-lama duduk bersantai di kursi kayu yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Wisatawan akhirnya terbawa suasana nyaman dan rasa penatpun hilang seketika sambil menikmati suasana alam dibawah pohon pinus

Wisatawan juga dapat naik di gardu pandang yang ada disekitar hutan pinus yang indah, melihat curamnya bukit yang terlihat asri nan hijau, selain itu ada beberapa ayun-ayunan yang ditemani semilirnya angin serasa anda tidak kepanasan dan suasana rindang menyelimuti hutan ini.

Rute Hutan Pinus Mangunan

Untuk menuju ke hutan pinus mangunan rutenya tidak jauh dari kabupaten Bantul, apalagi anda berada di wisata kerajinan tas kulit yang ada di Bantul. Rute Hutan Pinus Mangunan ini berada di Jalan Imogiri Dlingo yang ada di kawasan selatan Kota Yogyakarta yang kalau ditempuh sebenarnya kurang lebih 40an menit dengan jarak yang ditempuh dari pusat kota jogja sekitar 20 an kilometer Dengan Alamat lengkap Hutan Pinus, Sukorame, Mangunan, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jalannan sudah halus dan diaspal, dan untuk mobil roda empat seperti bus kemungkinan tidak terlalu bagus digunakan karena jalanan tidak terlalu lebar, Nah anda bisa menggunakan mobil roda empat yang sedang. Berikut rute menggunakan google maps.

Jarak Tebing Breksi ke Hutan Pinus Mangunan

Bagaimana jika anda saat ini berada di Tebing Breksi? apakah jaraknya jauh atau dekat! Nah, jika anda berada di tebing breksi maka anda masih berjalan ke arah selatan dan melewati bukit patuk jalan wonosari, dan kemungkinan besar jaraknya cukup jauh dari Tebing Breksi sehingga tidak memungkinkan kalau hanya cukup sehari saja dari tebing breksi ke hutan pinus mangunan.

Wisata Terdekat Hutan Pinus Mangunan

Adapun tempat wisata di hutan pinus jogja adalah sebagai berikut

  • Seribu Batu Rumah Hobit
  • Grojogan Banyu Nibo
  • Jurang Tembelen Kanigoro
  • Bukit Lintang Sewu
  • Puncak Becici
  • Bukit Lintang Sewu
  • Hutan Pinus Pengger
  • Bukit Bintang
  • Bukit Panguk Kediwung

Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Untuk harga tiket masuk ke utan pinus mangunan awalnya 2500 per orang tidak tahu apakah saat ini hutan pinus mangunan ini masih dikenakan biaya sebesar itu, namun untuk yang ingin foto pree-weeding seorang fotografer membayar uang sebesar 50 ribuan. untuk harga tiket parkirnya sebsar 3 ribuan per motor dan 10 ribu untuk tiket parkir mobil.

Fasilitas Hutan Pinus Mangunan

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, bahwa hutan pinus mangunan ini memiliki fasilitas yang mumpuni yaitu terdapat warung-warung kecil, area outbond, toile, gardu pandang, Mushola dan parkir yang sangat luas.

Tags: