Rumah Hobbit Mangunan Jogja | Lokasi, Fasilitas, Spot Foto dan Harga Tiket Masuk

Seputarwisata.com – Rumah Hobbit Mangunan jogja merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang masih baru di daerah Hutan Pinus Mangunan Jalan Imogiri Dlingo Bantul. Sebelum merencanakan berwisata di daerah Mangunan, ada baiknya terlebih dahulu kita melihat apa saja sih yang menarik sehingga tempat ini wajib dikunjungi oleh wisatawan seperti kita.

Ketertarikan wisatawan pergi ke Rumah Hobit Mangunansalah satunya wisata ini terinspirasi dari keindahan alam buatan yang terinspirasi dari beberapa wisata lain seperti tebing breksi, stone henge dan lainnya yang dimanfaatkan sehingga nampak menarik perhatian masyarakat, apalagi kaum milenial yang saat ini dipenuhi kebutuhannya dengan hadirnya smartphone baru yang cocok untuk selfie.

Banyak tempat wisata dekat hutan pinus mangunan yang lahir setelah wisatawan banyak berkenjung ke daerah Mangunan. Nah, pasti kalian belom tahu yah dimana kawasan mangunan atau anda langsung tertarik ke Rumah Hobit Mangunan ini. Yuk cek Lokasinya dibawah ini:

Lokasi Rumah Hobit Mangunan

Perlu diketahui bersama bahwa Rumah Hobit Mangunan terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir Sukorame, Mangunan Dlingo, Bantul yang berada diantara Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan.

Jika anda pernah ke hutan pinus mangunan, letaknya berada di arah jalan tersebut. Apabila anda berada di pusat kota Jogja, maka anda bisa menggunakan google maps ke arah selatan kota jogja ke Jalan Imogiri Timur, setelah itu dari arah pasar imogiri anda ketimur ke kawasan hutan Mangunan anda akan menemukan hutan pinus mangunan dan seribu songgo langit.

Sejarah Rumah Hobit Mangunan

Rumah Hobit Mangunan jogja sendiri mrupakan salah satu spot foto yang ada di objek wisata seribu songgo langit dimana sebelum menjadi tempat wisata, seribu songgo langit sendri terdiri dari bebatuan yang banyak di daerah atas bukit sehingga saking banyaknya bau trebut dinamakanlah penyangga langit yang jumlahnya diperkirakan seribu lebih.

Kawasan seribu songgo langitpun masih asri seperti hutan pinus mangunan, dan para penglola terinspirasi untuk membangun sebuah rumah hobit yang ada diatas karena setelag melihat sebuah film yang bernama film lord of the ring dimana makhluk yang berukuran kecil nampak seperti manusia tersebut memiliki rumah yang unik.

Wisata rumah hobit mangunan ini berada di tengah hutan yang dibuka sejak tahun 2017 yang engunjungnya ramai setiap harinya. Apalagi tempat tersebut pernah dijadikan sebagai lokasi film horor dengan judul film keluarga tak kasat mata sehingga rumah hobit semakin dikenal saja.

Spot foto rumah hobit ini layaknya spot foto lhanglang Bhuana yang ada di dalam wisata Bhumi Merapi. Rumah Hobit sendri juga berada dikawasan Wisata Seribu Songgo Langit yang hanya menawarkan spot foto diluar atau eksterior yang sangat mirip dengan rumah hobit pada film Lord Of The Ring.

Jika anda pernah ke Bandung di Farmhouse Lembang anda tidak hanya foto di spot foto diluarmelainkan bia masuk ke dalam bagin-bagian rumah hobit tersebut. Selain mengambil spot foto di area hutan pinus anda juga dapat jalan berkeliling hutan sambil menikmati udaranya yang sejuk ditambah hijaunya daun pohon pinus.

Kurang lenkap kalau ke objek wisata tidak mengambil gambar atau foto karena jika anda ke suatu tempat tidak ada gambar fotonya maka anda bisa dianggap hoax, karena nyatanya banyak orang yang hanya datang tanpa tidak membawa foto terlebih banyak baground keren untuk update instagram. Nah, beberapa spot foto yang dapat anda ambil di rumah hobit mangunan.

Spot Foto Rumah Hobit Mangunan

Rumah Hobit Mangunan
image from instagram: @holiday.jogja

Salah satu spot foto yang wajib anda ambil adalah rumah hobit sendiri karena jika tidak ada foto tersebut anda belum dianggap sampai ke rumah hobit mangunan.

Selain rumah hobit ada rumah mungil yang dinamakan rumah seribu batu ang terbuat dari ranting-ranting pohon yang unik dan tertata rapi.

Ada juga sebuah spot foto yang bisa dijadikan backround instagram yaitu spot foto sayap kupu-kupu besar yang bentuknya unik cocok untuk dijadikan foto instagram.

Selain itu di dalam taman ada sebuah Batu yang dinamakan dengan Batu Purba Songgo langit yang diatasnya batu tersebut terdapat berbagai tukisa yang menginspirasi bagi anda.

Di seribu songgo langitpun ada sebuah jembatan yang dinamakan jembatan jomblo yang unik nan instagramable, spot foto yang keren ini bisa anda jadikan backround foto.

Selain itu terdapat sebuah wahana yang dapat menguji adrenalinmu dengan tarif sebesar 15 ribu, wahana tersebut bernama flying fox. Itu saja dulu ya gaes untuk spot foto di rumah hobit songgo langit.

Fasilitas Rumah Hobit Mangunan

Nah, bagi anda yang ingin ke rumah hobit dan belum membawa bekal makanan di Rumah Hobit Mangunan di wisata tersebut tersedia sejumlah kedai makanan dan minuman yang harganya stadar murah, beberapa menu yang ada di rumah hobit mangunan antaralain mie rebus, bakso tuuk, camilan dan lainnya.

Bagi wisatawan yang beragama islam yang akan menunaikan ibadah Shalat, di rumah hobit juga dibagun Mushola beserta toilet bagi yang hendak ingin buang hajat.

Berapa Harga Tiket Masuk Rumah Hobit Mangunan?

Harga Tiket Rumah Hobit Mangunan
iamge from instagram.co @ratihsukmaresi

Untuk masuk di rumah hobit mangunan anda hanya membayar sejumlah uang sebesar Rp. 2000,- dengan tambahan biaya parkir mobil sebesar Rp. 5 ribu dan bus Rp. 20 ribu dengan jam buka dari pagi sampai dengan sore.

Usahakan anda sebelum ke rumah hobit melihat prediksi cuaca terlebih dahulu, karena jika hujan maka areanya sangat becek dan licin karena masih alami.

Bagaimana sobat seputarwisata? semakin seru kan petualangan ke tempat wisata jogja, kamu selain mendapat rekomendasi tempat foto juga dapat mengagendakan liburanmu ke tempat wisata lainnya selain dari Rumah Hobit Mangunan

Tags: