Misteri Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Seputarwisata.com – Banyak misteri dan mitos yang berkembang di masyarakat akan sebuah tempat di Yogyakarta. Salah satunya adalah alun-alun kidul yogyakarta dan konon katanya. Dua beringin yang ada ditengah alun-alun kidul ini memiliki sejarah yang panjang, hingga tak seorangpun tau akan kebenaran yang ada di dalam misteri alun-alun kidul ini. Simak video lengkapnya dibawah ini:

 

Sejarah Mitos Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Misteri Alun Alun Kidul Yogyakarta

Masangin sendiri merupakan salah satu aktivtas yang populer di Alun-alun selatan kota Yogyakarta, yang mana beredar informasi dimasyarakat bahwa yang berhasil mealui 2 pohon beringin dengan mata tertutup maka cita-cita yang diimpikan akan terkabul.

Dan awal sejarah masangin ini ketika ada sayembara wanita yang sangat cantik yang banyak laki-laki terpikat olehnya, untuk melamar putri cantik tersebut seorang laki-laki harus dapat melakukan aktivitas masangin, namun tak satupun yang berhasil dengan laku masangin tersebut dan pada akhirnya anak prabu siliwangi dapat berhasil melewati dan melakukan laku masangin tersebut sehingga menjadi suami sang putri cantik

Selain itu juga ada kabar yang tersiar di masyarakat bahwa beringin kembar yang ada di tenagh alun -alun kidul yogyakarta ini sebagai salah satu pertahanan gaib untuk mengecoh belanda agar kehilangan arah untuk menyerang keraton.

Dan adapula yang memitoskan bahwa laku masangin ini juga sebagai salah satu kegiatan latihan perajurit keraton pada jaman dahulu untuk melatih kosentrasi berperang pada zaman penjajahan.

Itulah beberapa misteri dan mitos yang ada di alun-alun selatan kota yogyakarta . Jika anda juga tertarik untuk melakukannya jangan lupa untuk membawa penutup mata kain hitam dari rumah atau bisa lebih praktis menyewa di penyewaan pentup mata yang ada di alun-alun kidul.

Aktivitas Masyakarat di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Selain itu alun-alun kidul juga sangat cocok sekali untuk berbagai aktivitas lainnya apalagi tempat ini cukup luas dan ramah sekali untuk tempat bermain anak di Jogja.

Tempat Bermain Anak

mereka bermain sebuah gelembung balon yang terbuat dari sabun yang diperjualbelikan oleh pedagang balon dan mainan. Dari mulai pagi sampai malam hari penjual-penjual asongan tersebut berada dikawasan ramah anak, karena alun-alun kidul ini sebuah ruang terbuka hijau yang luas sehingga banyak aktivitas didalamnya,

Tempat Jogging dan Olahraga

Sebagian masyarakat menggunakan tempat ini untuk berbagai aktivitas, selain mitos masangin yang kerap banyak menimbulkan misteri di masayarakat, tampaknya orang-orang menggunakan tempat ini dipagi hari sebagai tempat yang cocok sekali untuk olahraga pagi ataupun jogging di sore harinya.

Tempat Wisata Kuliner Jogja

Tak hanya sore dan malam hari namun dipagi haripun banyak aktivitas warga yang ada di alun-alun kidul ini, menariknya bagi mereka yang sudah merasa lapar ataupun haus akan menemukan penjual makanan di area kawasan alun-alun ini berupa lontong opor, bubur ayam, nasi uduk, brongkos, nasi pecel, rames dan lainnya yang cukup nyaman dilidah.

Odong-odong Mobil Hias Jogja

Selain itu belum lengkap ke alun-alun ini ika anda tidak naik odong-odong yang dihiasi kerlap-kerlip yang berjejer di sepanjang alun-alun dengan bentuk yang mirip dengan sebuah mobil yang dapat digerakkan dengan cara dipedal seperti becak kayuh, Odong-odong inipun dilengkapi dengan musik-musik dan fasilitas lainnya yang dapat dinaiki dengan kapasitas mencapai 2-4 orang dengan tarif sewanya 60 ribuan.

Permainan Tradisional Egrang

Selain itu anda akan menemukan permainan egrang yang jarang ditemukan pada masa area kekinian seperti sekarang ini, yang mana banyak orang bermain gadget namun, egrang ini disediakan oleh wisatawan yang berkunung ke alun-alun untuk melestarikannya. Egrang tersebut sengaja disediakan oleh kelompok seniman bambun yang diberi nama raa egrang, dari berbagai ukuran dari yang kecil hingga yang tinggi untuk orang dewasa dan mereka menyediakan berbagai permainan lainnya selain egrang untuk melestarikan permainan tradisional seperti gasing dan lainnya tanpa memungut biaya sepeserpun.

Harga Parkir Motor, Mobil dan BUS

Tidak ada tiket masuk ke alun-alun kidul yogyakarta, seorang wisatawan hanya membayara tiket masuk parkir motor dengan harga 3 ribu rupiah, selain itu bagi yang membawa mobil mereka harus merogoh kocek sebesar 10 ribu dan untuk bus ataupun elf yang berbadan besar akan dikenakan tarif parkir sebesar 20 ribu rupiah.

Fasilitas Alun- Alun Kidul Yogyakarta

Selain itu di Area kawasan alun-alun kidul yogyakarta telah dibangun kamar mandi dan toilet bawah tanah dibagian timur sedangkan dibagian barat yang dekat dengan beberapa warung pedagang kaki lima ada fasilitas Mushola yang dilengkapi toilet. Selain itu anda bisa parkir dipinggir-pinggir jalan yang sudah ditata rapi oleh penjaga parkir yang ada di kawasan Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Tags: