Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Alkid Jogja, Wisata Malam Jogja yang Penuh Kenangan

2 min read

odong-odong jogja
Total
1
Shares
AlamatJalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton
Jarak5 km dari pusat Kota Yogyakarta
Kegiatan egrang, odong-odong, masangin, kuliner
HTM gratis

Menikmati malam di alkid Jogja menjadi suatu kewajiban ketika berada di Yogyakarta. Belum lengkap rasanya kalau di alkid jogja tidak naik odong-odong yang berlalu lalang mengitari lapangan yang ada di alun alun kidul. Setiap malam odong-odong ini standby selalu bagi wisatwawan yang ingin beristirahat dan menenangkan pikiran setelah bekerja seharian di kantor.

Tidak hanya odong-odong yang menjadi daya tarik alkid jogja, selain itu anda bisa melakukan berbagai aktifitas yang akan membuat keluarga anda senang dan nyaman ketika berada disini karena memang tempat ini dulunya digunakan sebagai salah satu hiburan bagi prajurit keraton untuk uji ketangkasan. karena memang jaman dahulu belum seperti sekarang ini yang serba banyak permainan.

Adapun beberapa ketangkasana latihan tersebut seperti lomba memang dengan cara duduk bersila atau dikenal dengan manahan, lomba ketangkasan dalam berkuda atau disebut dengan setonan. Ataupun aktivitas yang sampai saat ini masih banyak dilakukan oleh beberapa pengunjung yaitu masangin salah satu latihan kosentrasi berjalan dengan kedua mata ditutup selembar kain dan berjalan dari utara menuju diantara dua pohon beringin.

Masangin masih menjadi salah satu aktivtas sampai saat ini, dan setiap harinya ada saja wisatawan yang melakukan aktivitas masangin ini dari berbagai kalangan mulai dari anak berusia anak, kalangan remaja, atau muda dan para orang tua. Selain aktivtas yang masih menjadi budaya, untuk memperoleh kain tersebut seseorang harus menyewanya dengan merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah.

Selain Icon Jogja seperti Tugu Jogja, Malioboro, Kraton Jogja dan Tamansari, Alun-Alun Kidul Jogja merupakan salah satu wisata dekat malioboro yang favorit orang kunjungi ketika malam hari. Para wisatawan penasaran apa yang disebut dengan alkid jogja. Mereka berprasangka kalau alkid adalah sebuah objek wisata di Jogja yang menyajikan banyak permainan. Ternyata ketika mereka datang ke Alkid Jogja memang tempat ini digunakan para wisatawan untuk bersenda gurau, nongkrong, menenagkan pikiran dan lainnya. Nah berikut yang bisa anda lakukan ketika berada di Alkid

Masangin, Sebuah Mitos Alkid Jogja Yang Tak Lengkang oleh Waktu

masangin
image from admin seputar wisata

ritual masangin ini sudah ada sejak zaman berdirinya Kraton Jogja, Sebuah aktivitas menutup mata dengan berjalan melwati diantara dua buah pohon beringin kembar yang ada di alkid joga memiliki mitos di dalamnya, mau tau apa mitosnya? simak, kuy!

Ritual masangin memiliki mitos dipercaya bahwa bagi siapa saja yang dapat melewati pohon beringin ini dipercaya kehidupannya yang akan datang permohonannya akan terkabul dan mitos ini dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu.

Seorang yang tidak membawa penutup mata dapat menywa kain hitam untuk menutup mata dengan harga yang murah sebesar Rp. 5.000 rupiah. Nah, bagi yang penasaran dengan ritual masangin silahkan saja untuk mencobanya di alkid jogja.

Naik Odong-odong Jogja

odong-odong jogja
image from admin seputar wisata

Anda tidak akan menemukan odong-odong ini di pagi hari atau siang hari. Odong-odong ini mulai beroperasi pada sore menjelang malam tepat pukul 18.30 sampai dengan selesai. Banyak penyedia odong-dong yang menawarkan berbagai bentuk odong-odong mulai yang terkecil sampai dengan yang besar. Odong-Odong jogja yang terbuat dari bentukan sepeda yang dimodifikasi dengan sedemikian rupa ini digenjot laykanya sepeda untuk menjalankannya.

Odong-odong ini dapat dinaiki mulai dari 4 orang sampai dengan 10 orang karena ada yang berukuran besar dengan mapu led warna-warni yang lengkap dengan fasilitas audio yang terbuat dari beberapa rangka audio dengan desain yang unik dan bervariasi layaknya sebuah mobil dengan harga yang ditawarkan mulai dari 50 ribu sampai dengan 100 ribuan.

Kulineran Alkid Jogja

kuliner alkid jogja
image from admin seputar wisata

Setelah anda menaiki odong-odong berkeliling lapangan, ada baiknya anda mencoba makanan dan minuman yang ada di lesehan alkid. Tidak ada yang romantis sebelum mencoba leshan yang terbuat dari tikar di alun-alun kidul jogja menikmati wedang ronde atau mie nyemek atau mi goreng di alkid Jogja.

Selain sebagai tempat bercengkrama bersama keluarga, ada banyak pedagang kaki lima yang dari pagi sampai malam yang menjajakan berbagai makanan dan minuman, mulai dari nasi kuning, soto, gudeg ayam kampung, angkringan, wedang ronde, batagor, kopi dan berderet pedagang kaki lima yang menjadi rujukan para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Apalagi ketika pagi hari di hari weekend, banyak warga jogja yang melakukan jogging pagi sekalian sarapan pagi karena disana berderet jajanan khas seperti bakso aneka rasa, bakso bakar, batagor, cilok, telur dadar kecil, susu sapi asli, dna masih banyak lagi yang dapat anda jadikan menu sarapan jogja saat anda berlibur di kota Jogja.

Cara Menuju Ke alkid Jogja

Mudahnya menuju lokasi alkid karena wisata ini dekat dengan taman sari jogja dan dibilang dekat dengan wisata malioboro. Berada di belakang Kraton Jogja, anda bisa menuju kearah selatan setelah dari keraton jogja anda bisa langsung menuju ke taman sari. Dari taman sari anda bisa ke arah selatan sedikit ketemulah lokasi mamah ke jogja dan ambil ke timur dan Masuk Ke Lapangan Alun-Alun Kidul Jogja

Alamat Alkid Jogja

Jalan Alun-alun Kdul, Patehan, Keraton, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peta Lokasi Alkid Jogja

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share