Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

3 min read

Keraton Yogyakarta
Total
0
Shares
Alamat
Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
HTM Wisatwan lokal Rp. 10 ribu Mancanegara 20 ribu
Jam Buka08.00 s/d 14.00 selain hari jum’at sampai jam 12.00 wib

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi istimewa di Pulau Jawa, sebuah kota yang masih tetap istimewa walupun modernitas kota masuk menyebar ke lapisan masyarakat yang ada. Kebudayaan jawa yang masih tetap lestari tak lekang oleh kemunculan peradaban milenial. Wisata dekat malioboro ini sangat populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan

@bocah_angon
imag from instagram @bocah_angon

Sejarah Singkat Keraton Yogyakarta

Bangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan pada masa Pangeran Mangkubumi pada tahun 1775 yang berada diantara kali code dan winongo yang kemudian pangeran mangkubumi diberi gelar Sri Sultan Hamengkubuwono 1. Keraton Yogyakarta memiliki arsitektur bangunan sebagai tempat bersemayam raja dan ratu sehingga peletakannya bukan hal sembarang, sehingga menjadi misteri yang terkandung di dalamnya

Misteri Keraton Yogyakarta

@fitrimahyudi
image from instagram @fitrimahyudi

Sebuah wisata sejarah tak luput dari kata misteri yang melekat dalam dirinya, begitu juga dengan keraton yogyakarta yang selama ini dimitoskan ada sebuah misteri keraton yogyakarta dari segi tata letak keraton yang dihubungkan dengan kekuatan alam yaitu gunung merapi dan pantai selatan

Banyak yang mempercayai bahwa letak kraton yang berada diantara garis poros lurus gunung merapi, tugu jogja dan pantai selatan sebagai satu garis lurus yang waktu lampau Sri Sultan sering bermeditasi pada poros tersebut untuk memimpin suatu pertemuan.

Konon katanya disepanjang garis lurus antara merapi dan pantai selatan ini tidak diperbolehkan atau ada pantangan mendirikan bangunan yang lebih tinggi, dan Sri Sultan sudah memberikan peraturan untuk tidak membuat bangunan tinggi di pusat kota Yogyakarta.

Selain iu pada letak tanah yang dijadikan keraton yogyakarta memang berada di tanah dengan gundhukkan paling tinggi anatara permukaan tanah sekitarnya, sehingga kraton yogyakarta terhindar dari banjir dan orang jawa sempat bilang kalau gundhukan tanah tersebut dinamakan cangkang kura-kura.

Bangunan Keratonpun terdiri dari bagian yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dan bagian yang menjadi tempat tinggal kerajaan dan bagian ini tidak boleh dikunjungi oleh wisatawan. Anda akan menemukan kebuyaan jawa ketika berkunjung ke keraton jogja dengan melihat beberapa aktivitas yang dilakukan oleh abdi keraton dan menyaksikan beberapa pertunjukan seperti wayang kulit, tari srimpi, gamelan dan pertunjukan lainnya. Selain menyaksikan atraksi, wisatawan juga dapat melihat museum benda-benda pribadi sultan yang dimiliki oleh kerajaan.

Sebelum menuju ke keraton pasti kita teringat dengan beberapa hal yang mungkin menjadi ittenary kita ke jogja dari harga tiket masuk dan jam operasional, nah supaya sesuai dengan budget silahkan anda lihat berapa sih tiket masuk keraton yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

KategoriHarga Tiket Masuk Keraton Jogja
Wisatawan Lokal: Dewasa dan Anak Rp. 10.000,-
Wsiatawan MancanegaraRp. 20.000,-

Untuk ukuran wisata yang ada di Jogja, harga tiket masuk keraton yogyakarta cukuplah sesuai dengan kantong anda. Anak dan dewasa dikenakan dengan tarif yang sama sebesar Rp. 10.000,- Namun, untuk wisatwasn asing dikenakan tarif yang berbeda yaitu sebesar 25 ribu rupiah.

Dan untuk pembelian tiketpun dapat dilakukan di dua jalur yaitu di arah alun-alun utara atau yang sering disebut dengan Tepas keprajuritan dan lainnya ada di pintu utama sehinggga wisatwan tak perlu mengantri panjang ketika ingin masuk keraton yogyakarta.

Jam Operasional Yogyakarta

Hari BukaJam Buka
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtuu, Minggu08.00-14.00 WIB
Jum’at 08.00 – 12.00 wib


Untuk menyesuaikan ittenary jogja, anda harus memikirkan jam buka keraton yogyakarta yang dibuka dari Senin sampai dengan Minggu, tapi perlu diingat bahwa untuk hari Jum’at Keraton yogyakarta hanya buka 4 jam saja mulai dari jam 08.00 sampai dengan 12.00 WIB, Karena hal ini bertepatan dengan ibadah shalat jum”at yang dilakukan oleh para abdi dalem dan para penjaga sekitar keraton Yogyakarta.

Aktivtitas di Keraton Yogyakarta

@rusmantowasito
image from instagram @rusmantowasito

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan ketika berada di keraton yogyakarta, sebelum bepergian ke keraton yogyakarta, anda bisa mengumpulkan refrensi aktivtas keraton diluar tempat wisata maupun di dalam tempat wisata seperti berikut ini:

AKTIVITAS GREBEK jOGJA

Aktivitas ini dilakukan setiap tahunnya yang dijadikan tradisi oleh masyarakat ketika selepas Hari Raya Idul fitri sebagai rasa syukur kepada Allah dengan memberikan sedekah raja kepada rakyatnya melalui aktivitas ini. Kesempatan ini dapat dijadikan salah satu moment para wisatawan untuk berkunjung melihat para prajurit mengeluarkan tujuh hasil bumi yang diarak ke masjid Gedhe Kauman

Pertunjukkan Wayang Orang, wayang Golek dan Musik Gamelan

Wisatawan boleh melakukan perekaman menggunakan video dan foto ketika pagelaran wayang kulit dan wayang golek dimulai. Pagelaran wayang tersebut berada di Bangsal Manganti Keraton Yogyakarta, yang dapat disaksikan pada hari-hari tertentu saja sehingga banyak wisatawan yang tidak dapat menyaksikannya.

Begitupula dengan wayang orang dan pertunjukan tari hanya dapat disaksikan ketika hari Minggu, Ketika dari Malioboro anda dapat masuk di keraton dengan menikmati pertunjukkan wayang orang

Nyebar Udhi Udhik Ketika Maulid Nabi

Kebudayan dan keletarian keraton dari budaya nenek moyang keraton tetap dijalankan meskipun zaman telah berubah menjadi modern. Tradisi acara nyebar Udhik udhik dipertontonkan ketika malam maulid Nabi pada penanggalan jawa. Nyebar Udhik-Udhik adalah istilah jawa yang mana istilah tersebut adalah menyebarkan atau melempar sebuah barang yang berupa beras kuning, uang koin dan bunga yang diyakini sebagai salah satu tujuan untuk mensejahterakan rakyat. Meskipun hanya sebuah koin yang berharga kecil, Namun, para warga dan masyarakat tetap meyakini bahwa koin tersebut sudah diberikan do’a oleh sultan sehingga dipercaya dapat mendatangkan rizki yang belimpan.

Lomba Panahan (jemparingan)

Lomba panahan ini digelar setiap selesa wage yang uniknya para pemanah tidak dilakukan secara berdiri melainkan memanh sambil duduk dan harus mengenakan busana tradisional jawa. Para wisatawan dapat melihatnya ketika selasa wage pada penanggalan jawa yaitu lomba panahan gaya mataram.

Melihat Koleksi di Museum Keraton

Selain melihat segala kegiatan keraton anda juga dapat melihat beragama koleksi bersejarah yang telah dimiliki oleh keraton jogja seperti kereta kencan, tombak, pusaka keris, gamelan gong dan beberapa koleksi raja dan lukisan-lukisan yara

SPOT FOTO UNIK

Kurang rasanya jika ke suatu tempat tidak mengambil foto yang menarik nan uni, para pengunjung dapat menemukan foto-foto keren dengan background yang sangat instgramable sehingga dapat dijadikan baground foto di Instagram. Jangan lupa jika berkunjung ke keraton harus menggunakan pakaian yang sopan karena masuk di wilayah kerajaan mataram.

Fasilitas Keraton

Nah, sebagai wisatawan dari jauh, pasti kita beranggapan ada nggak yang masjid untuk sholat? Di keraton ini juga ada fasilitas untuk yang akan pergi sholat untuk Muslim selain itu ada fasilitas penginapan untuk para wisatawan yang sedang ingin merasakan suasana jawa. Selain itu parkir mobil dan motor cukup luas bagi anda yang datang dari kejauhan.

Alamat Keraton Yogyakarta

Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share