Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

House of Raminten Jogja

3 min read

Menu House Of Raminten
Total
2
Shares

Tidak lengkap jika ke Yogyakarta belum mengunjungi House of Raminten, salah satu rumah makan jawa yang sangat kental dengan keunikan jawanya. Konsep elegant antiq dengan ineterior, menu makan dan minum yang sangat menghayati budaya jawa khususnya Jogja.

Kepanjangan Raminten

Raminten ini bukan sebuah kepanjangan, namun nama lakon yang pernah dibawakan pada acara ketoprak komedi di TVRI zaman dahulu yang berjudul “pengkolan.” Dan rumah Makan unik ini memiliki beberapa cabang dan restaurant yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat jogja. Dengan Ikon seorang wanita dengan kebaya. Siapakah dia?

Rumah makan House Of raminten ini berdiri sejak 2008 dengan ikon banner seorang ibu dengan pakaian adat dadanan khas jawa dengan konde hitam di kepalanya, cukup unik memang sosok house of raminten yang sukses. Namun, perlu anda ketahui bhawa raminten bukanlah nama seorang ibu yang ada di Ikon banner namun Tak lain adalah Hamzah Sulaiman yang pernah menjadi tokoh sebuah tayangan di TVRI dengan berdandan ala wanita jawa, lengkap dengan kebaya dan sanggul.

Patung Raminten

Patung Raminten
Image from instagram: @ramintenskitchen

Ternyata patung raminten yang ada di depan hamzah batik, dan restaurant Raminten adalah sang pemiliknya yang bernama Hamzah Sulaiman dengan didandani sebagai seorang wanita. Nggak nyangka kan kalau ternyata patung tersebut adalah seorang laki-laki.

Raminten sendiri adalah anak bungsu dari 5 bersaudara keturunan Tionghoa sebagai pendiri dari Grup Mirota yaitu Pasangan Hendro Sutikno atau dalam namanya chinanya Tan Kiem Tik dan Tini Yuniatidalam nama china Nyoo Tien Nie.

Kepanjangan Mirota Group

Mirota sendiri berawal dari kedua orang tua Hamzah Sulaiman yang dulunya menjual Minuman dan Roti Tawar dan disingkat menjadi Mirota.  Awalnya memang Hamzah sendiri bukan keturunan dari kaya raya karena ia berhenti dari perkuliahan di Universitas Gajah Mada jurusan Biologi dan melanjutkan D2 jurusan Bahasa Inggris. Namun, ia daftar dan bekerja di kapal Amerika setelah itulah ayahnya meninggal dunia dan kembali untuk meneruskan usaha toko kelontong, dan toko roti pada tahun 1974. Selnjutnya ia membuka toko batik dengan nama Mirota

Anda akan memiliki kesan yang cukup fantastis dengan aroma dupa yang kental dengan nuansa jawa, restoran yang ramai dikunjungi sehingga restoran jawa ini menyuguhkan deretan kursi yang panjang dan anda harus menunggu antrian hingga terdapat meja kosong yang telah tersedia saat pertama datang.

Semerbak wangi wangi dupa  tercium di rumah Raminten ini halaman yang cukup mungil dengan konsep awal yang sungguh mengesanka dengan meja satu orang, dua orang, 3 orang ataupun 6 orang. Rumah makan ini dengan konsep rumah makan jawa yang menginginkan suasana makan la jawa.

Dan salah satu yang membuat rumah makan ini unik adalah pada seragam pegawai yang dikenankanya menggunakan kemben dan jarik batik untuk wanita sedangkan untuk laki-laki menggunakan rompi hitam yang dipadu dengan kaos putih.

Harga House Of Raminten

Harga menu house of raminten
Image from Instagram: @ramintenskitchen

Makan dan minum di House of Raminten dengan harga kaki lima rasa bintang lima layaknya angkringan yang dibuat secara elegant, Meskipun empatnya mewah namun harganya sangat ramah dan menu favorit di House of raminten adalah nasi Kucing atau sego kucing atau sering juga disebut kucingan atau nasi heks yang dipesan dengan menu pakte atau tante atau berarti pakai telur ataupun tanpa telur. Harganya yang murah menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke raminten, berdasarkan menu makan disana harganya cukup murah yaitu mencapai 1000 per nasi kucing yang disajikan dengan lauk seperti sego kucing, dengan ikan teri, sambel terasi ataupun kering tempe yang tersaji dengan Paket Telur Double dengan harga Rp 5 ribuan.

Menu house of raminten

Menu Favorit House Of Raminten
Image from instagram: @viewjogja

Beda bentuk dan penyajiannya, jikalau di angkringan biasa anda akan menikmati sego kucing dengan lapisan daun pisang dan korang, namun untuk di Raminten sego kucingnya disajikan di piring persegi. Dan anda dapat menikmati sego kucing dengan cara yang baik meskipun makanan kelas bawah.

Menu favorit house of raminten

Menu House Of Raminten
image from instagram= @mahasiswakulineran

Selain menu sego kucing di House of Raminten, anda bisa menikmati sego lainnya yaitu sego  liwet, sego gudeg, Maheso Selo Gromo, dan Sego Goreng.  Makanan khas kuliner yang sering dinikmati wisatawan adalah sego liwet yang dibuat menggunakan santer yang harganya juga murah dipadukan dengan suwiran ayam, telur sambal khas dan lainnya. Namun sego liwet kerap habis disebru para pengunjung.

Sementar menu lain ditawarkan di Raminten adalah bakmi Jawa, Tempat Telur Paciren, Pecel raminten, Tempe Telur Garang Asem dan mangut lele salah satu menu lauk favorti yang ada di Raminten adalah Ayam Koteka.

Nah, apa sih ayam koteka tersebut? Ayam koteka adalah potongan ayam dan telur yang terjadi pada wadah dan bambu. Setelah ayam dan telur tersebut masuk dalam wadah kemudian dipanggang dan disajikan dengan sambal, Menu ayam koteka ini cukup enak untuk dijadikan lauk tambahan dengan nasi putih. Harga ayam koteka ini berkisar antara 15 ribuan

Selain itu anda juga dapat memesan camilan dan lauk lainnya yang ada di Restoran yaitu dengan  tempe mendoan, Telur Asin, Telur Asin, Tempe Krispi, Nasi Bakar, Tahu  pong, singkong salju, pastel dan lainnya yang dibandrol dengan harga mulai dari 6 ribu rupiah hingga puluhan ribu.

Selain itu untuk jenis minuman yang ada di House Raminten dengan desain yang cukup unik yaitu menawarkan wedang-wedangan, seperti wedang serai, wedang uwuh, es kelapa muda jumbo. es perawan tancep, dan es moster.

Nah untuk minuman favorit yang ada di House Raminten menurut survey data adalah es kelapa muda jumbo. Nah, cocok sekali loh buat menu buka puasa ditemani dengan es kelapa muda jumbo yang terdiri dari nata de coco, campuran air kealapa muda dipadu dengan sirup cocopandan yang penyajiannya diletakkan pada sebuah gelas super jumbo.

Gaji Karyawan Raminten

Saat ini pemiliki hamzah batik ataupun Restaurant Raminten memiliki banyak karyawan yang diistemewakan dengan gaji rata-rata di Mirota batik  Malioboro Rp. 5 juta gingga dengan Jutaan sedangkan di Mirota batik Kaliurang dengan gaji rata-rata 4 samapi dengan 5 jutaan.

Sedangkan Gaji karyawan raminten yang ada di restauran sebanyak 82 orang dengan gaji rata-rata Rp 3,1 juta

Cabang House of Raminten

Ada 3 cabang raminten yang ada di Jogja yaitu berada di 3 wilayah seperti berikuti ini:

  • The House of Raminten. Jl. Faridan Muridan Noto No. 7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta 55224 Telp: (0274) 547315
  • The House of Raminten. Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 9, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta 55122
  • The Waroeng of Raminten. Jl. Kaliurang Km 15.5, Kledokan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman 55582 Telp: (0274) 4547104

Lokasi House of Raminten

Raminten Jogja, dapat anda temukan di daerah timur jalan Malioboro, dari

arah Malioboro anda bisa menuju ke timur melewati jalan jembatan abu bakar ali setelah itu anda akan menemukan stadion kridosono dan anda bisa bisa memurah ke jaln Yos Sudarso.

Sedangkan kalau dari arah toko buku gramedia anda bisa ber belok kekir dan kebarat lebih seidrik, atau bisa menggunakan google mpas dengan alamat sebagai berikut ini:

House of Raminten

Alamat      : Jl. Faridan Muridan Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman

Telepon    : (0274) 547 315

Jam buka : 24 jam

Harga        : IDR1.000 – IDR40.000

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share