Belalang Goreng, Kuliner Ekstreme Khas Gunung Kidul

Belalang Goreng salah satu kuliner unik yang ekstream untuk di makan ini mengandung protein yang tinggi untuk dicoba? Berani coba silahkan berwisata ke gunung kidul.

Gunung kidul adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta yang dikenal dengan wisata pantai pasir putih yang sangat memanjakan mata para wisatawan karena laut yang bersih ditemani dengan kuliner ekstream walang goreng. Walaupun kuliner baru walang goreng ini belum memiliki nama seperti gudeg ataupun batik anmun menjadi perhatian para wisatawan yang berkunjung ke gunung kidul.

Anda akan dapat menemukan kios-kios di sepanjang jalan menuju tempat wisata gunung kidul yang menjajakan walang goreng yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan Belalng goreng menjadi salah satu menu andalan warga masyarakat gunung kidul. Karena memang belalang ini adalah haman tanaman yang menyebabkan para petani menjadi gagal panen akibat belalang ini, akibatnya belalang ini menjadi buruan para warga setempat sehingga warga menggunakan belalang sebagai menu makan dan ternyata hewan yang satu ini memiliki kadar protein yang tinggi.

Bagi pecinta kuliner pasti ingin merasakan menu baru yang tak kalah ekstream kan! Konon kata orang-orang setempat belalang goreng ini rasanya seperti menyantap udang goreng yang renyah dan kremes dan sumber proteinnya tak kalah dengan daging sapi.

Olahan Belalang Pusat jual belalang goreng di kota jogja

image from instagram @tvonenews

Belalang goreng yang dioleh di kawasan Gunung Kidul memiliki 3 varian rasa yaitu rasa gurih, manis dan pedas. Dan warga mengolah belalang ini menjadi lauk yang lezat dengan bumbu sesuai dengan rasa variannya.

Belalang ini banyak ditemukan pada musim penghujan sehingga akan lebih murdah dibandingkan saat musim kemarau dengan harga yang lebih mahal. Harga satu toples pada musim penghujan harganya Rp. 20 ribuan sedangkan pada musim kemarau dijual dengan harga 30 ribuan.

Resep Belalang Goreng

image from instagram @jogjascrumy

Nah, untuk resep belalang goreng ini ada 3 varian rasa yang diracik dengan garam, bawang putih dan ketumbar, resep itu ditumbuk dan apabila ingin rasa pedas ditambhkan dengan rasa cabai pedas.

Olahan belalang goreng ini dijadikan makanan dan lauk pauk yang dapat bertaham selama kurang lebih satu bulan sehingga dapat dijadikan oleh-oleh saat liburan ke gunung kidul meskipun anda tinggal di luar perkotaan.

Belalang Goreng Pak gareng

Merek yang paling dikenal oleh masyarakat adalah produk merek dari Pak gareng selain rasanya yang renyah dan lezat, produk bebelang ini banyak dicari oleh wisatawan karena bumbu rempah yang meresap di Belalng sangat terasa di lidah dan tidak banyak para penjaja makanan kuliner ini menjadi makanan yang menggugah selera.

Dengan adanya media internet, belalang milik pak gareng ini dapan dibeli secara online, Apalagi bagi yang ingin merasakan enaknya belalang goreng pak gareng. Jarak bukan menjadi salah satu alasan untuk memesan makanan ini, Anda dapat memesannya diwebsite resminya lewat telpon ataupun whatsapp yang kemudian belalang tersebut dikirim ke alamat tujuan.

Bagi yang belum merasakan nikmatnya belalang goreng anda bisa buat tantangan kepada teman-teman dan apa yang mereka rasakan apakah belalng tersebut enak dan rekomended ataukah menggelikan di lidah.

Manfaat Belalang Goreng

image from instagram @belalanggoreng_murah

Apa sih manfaat mengkonsumsi belalang goreng? hingga banyak orang yang menjualnya untuk dikonsumsi.

  1. Kata Orang dengan mengkonsumsi belalang goreng akan meningkatkan stamina
  2. Dengan Mengkonsumsi belalang goreng maka seseorang akan terhindar dari Anemia dan sangat cocok bagi penderita anemia.
  3. Untuk yang ingin meningkatkan sistem imun anda harus makan belelang goreng sebagai manfaat dan khasiatnya.
  4. Bagi yang habis terkena sinar ultra vioelte atau scanning dokter juga dapat membantu regenerasi sel otot yang rusak
  5. Manfaat belalang terakhir yaitu untuk tulang agar tetap sehat setiap hari karena mengandung protein yang tinggi dan kalisum yang dapat diandalkan

Harga Belalang goreng Pak Gareng

image from instagram @kulinerjogja
Harga
IDR 35.000 per toples

Telefon

0856 4171 8281

Website

yogyakeripik.com

Lokasi Belalang Goreng Pak Gareng