Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

5 Tempat Pusat Belanja Batik Jogja Yang Wajib Anda Kunjungi

4 min read

batik giriloyo
Total
1
Shares

Seputarwisata.com– Tak sadar setelah perjalanan panjang ke seluruh tempat wisata jogja, malah lupa membeli oleh-oleh batik khas jogja. Selain dijuluki sebagai kota gudeg pusat khas kuliner kota Yogyakarta. Jogjakarta juga dikenal dengan sebutan kota batik karena corak yang dihasilkan berbeda dengan corak yang ditemukan di berbagai kota seperti pekalongan dan lainnya. Nah, disini akan kami informasikan seputar pusat batik jogja yang sangat diburu oleh wisatawan ketika berlibur sekolah. Dan anda bisa menyimak tips dari kami bagiaman anda membedakan batik tulis dengan batik caps.

Nah, sebelum anda berburu batik asli jogja akan lebih baik menyimak artikel ini sampai selesai sehingga anda benar-benar dapat membedakan antara batik yang cap dan batik asli. Batik asli jika diraba akan nampak sangat kasar karena terdapat sisa lili diatasnya berbeda antara printing yang nampk halus pada sisi luar dan dalamnya.

Berkunjung ke Pusat Belanja Batik di Jogja

Pasar Beringharjo

pasar beringharjo
photo by: @jogjahotelmurah

Pasar beringharjo ada di salah satu lokasi yang paling dikenal oleh wisatawan yang ada di Yogyakarta. Selain mudah dijangkau karena letaknya strategis juga berada di kawasan wisata dekat malioboro. Sehingga banyak wisatwan yang berkunjung hanya sekedar mencari satu buah batik ataupun membeli dengan cara grosir.

Nah, di pasar beringharjo ini, anda harus menawar dengan baik dan sangat rendah, harga dipasar beringharjo biasanya lebih mahal dan tidak sesuai standar anda harus dapat menawar dengan separuh harga terlebih dahulu dan kemudian anda menawar dikit demi sedikit sehingga akan ketemu dengan harga yang pantas.

Di pasar beringharjo tidak hanya dijual berbagai macam baju batik, tas batik, kain batik ataupun jarik melainkan juga menjajakan berbagai kuliner dana produk batik lainnya sehingga ada beberapa penjual yang menjual barang yang berkualitas maupun barang yang dijual tidak berkualitas sama sekali dapat dilihat dari jahitan yang ada pada kainnya.

Harga yang ditawarkan lebih murah biasanya adalah baju batik yang tergolong rendah dan kurang bagus, ada harga ada rupa dan kualitasnya lain dengan yang ada sehingga harus kompenten dalam memilih dan mencari harga yang cocok karena harganya mulai dari puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu. Bagi anda yang tidak suka panas di pasar ini tidak dingin layaknya di mall, anda harus berjibaku dengan panasnya matahar dan cuaca yang terik apabila hendak menawarnya.

Alamat : Jl. Jend. Ahmad Yani 6atau Jl. Malioboro
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
Harga : IDR 10.000 – IDR 500.000

Hamzah Batik

Hamzah Batik
image from ig= @hamzahbatikofficial

Tempat berburu batik jogja yang sangat rekomended yang satu ini adalah di Hamzah batik yang berlokasi di depannya persis pasar beringharjo. Anda tidak hanya menemukan oleh-oleh batik jogja akan tetapi juga akan menemunkan souvenir-souvenir unik khas jogja seperti gantungan khas jogja, gelangakar bahar, blangkon, tas batik khas jogja dan tas lain, souvenir kerajinan kayu dan lainnya. Harganyapun tergolong terjangkau dan relatif sesuai dengan hharga toko, juga ada yang batuk tulis dengan harga eksklusif.

Di Hamzah batik ini anda tidak dapat menawar harga barang, karena hamzah batik adalah sebuah toko souvenir kas jogja yang menyediakan oleh-oleh khas yang sudah berdiri sejak dahulu, sehingga anda tidak perlu khawatir akan kualitas batiknya dan harga barang sudah terpampang di label harga sebuah batik.

Nah, jika anda ingin berbelanja batik tulis dengan kualitas premium. Anda tak perlu lagi memilih asli atau tidak karena penjaga di stall batik sudah menunjukkan beberapa kain batik yang berkualitas premium. Harganypun untuk batik tulis sekitar ratusan ribu rupiah sedangkan untuk harga batik print sekitar 35 ribuan sesuai dengan kualitas barang. Dan anda tak perlu mengkhawatirkan barangnya karena di tempat belanja batik ini anda akan mendapatkan sesuai dengan apa yang anda cari.

Alamat : Jl. Margo Mulyo No. 9 atau Jl. Malioboro
Jam buka : 08.00 – 21.00 WIB
Harga : IDR35.000 – IDR1.000.000

Batik Giriloyo, Imogiri Bantul


batik giriloyo
image from ig= @jogjaseni

Satu lagi pusat belanja batik jogja yang harus anda kunjungi sewaktu di jogja yang menyediakan batik tulis maupun cap asli jogja yang lokasinya menghabiskan waktu sekitar 30 menit sampai dengan 60 menit dari pusat kota.

Nah, anda akan menemukan pusat belanja batik di Jogja ini di daerah Imogiri Bantul Yogyakarta, selain anda memperoleh batik asli anda tetap dapat menawah harga batik sekaligus anda beljara membatik dan meliat proses pembuatannya langsung sampai menjadi sebuah kain batik yang siap dipasarkan.

Pengrajin batik tradisional di giriloyo tidak hanya menyediakan kain untuk membatik, melainkan juga menyediakan batik yang sudah jadi sesuai dengan keperluan anda, jika seorang wanita biasa mencari model blus ataupun dress dan kemeja sehingga tidak susah lagi anda membuatnya. Ketika anda belajar membatik dan sudah selesai membatik bisa langsung menjahitnya disana karena sudah tersedia pejahit batik di lokasi tersebut anda bisa membuat sendiri dan menjahitkan langsung.

Corak yang dihasilkan seniman batik ini bermacam-macam dari tingkat yang paling mudah sampai dengan paling mahalpun ada disana dan untuk harganya relatif mahal karena sesuai dengan tingkatan kesulitannya dan lama pembuatan. Harga Batik Tulis di giriloyo berkisar antar 4oo ribuan sampai dengan jutaan rupiah.

Nah, bagi anda yang ingin belajar membatik maka per orang akan dikenakan biaya sekitar 35 ribu per orang yang sudah disediakan alat dan bahan dan akan diajarkan membatik dari awal sampai dengan proses pencelupa. Nah, anda harus membuat kelompok sendiri untuk memesan kurus batik di giriloyo dengan alamat seperti dibawah ini:

Alamat : Jl. Imogiri TImur Km 14, Wukirsari, Imogiri
Jam buka : 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga : IDR100.000 – IDR2.000.000

Batik pajangan, Bantul

Batik Pajangan
image from ig= @ kak_roosijogja

Selain di Giriloyo yang berlokasi di Imogiri, Bantul. Anda juga bisa mendatangi pusat batik di Bantul yang berada di Pajangan. Dari pusat kota jogja Malioboro anda bisa menuju ke arah selatan kota, dari masjid agung Bantul menuju ke arah barat dengan menghabiskan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota. Tidak hanya membli batik namun anda juga akan merasakan sensasi belajar membuat batik tanpa harus membayar, dan itu yang membedakan dengan yang ada di Giriloyo. namun, anda akan membuat batik sesuai dengan yang sedang dikerjakan oleh pengrajin barik sehingga hasil batiknya tidak dapat anda bawa.

Di Batik pajangan ini anda dapat menemukan batik print atau cap dan batik tulis bagi yang ingin memperoleh batik langsung jadi seperti selendang, jarik, dress, kemeja dan baju sudah tersedia sehingga pembeli dapat langsung membelinya dan mendapatkan batik sesuai dengan ukuran masing masing.

Dan harga batik jogja khas pajangan bantul ini tidak mudah ditawar harganya dan harganyapun mulai dari 300 ribuan hingga jutaan rupiah. Jika anda membeli banyak kemungkinan besar dapat diskon yang pantas sehingga tidak serta merta anda langsung menawar ya guys sehingga anda dapat berhemat ketika berkunjung ke pusat batik yang ada di Jogja

Produk batik yang bagus dan tidak murahan dapat diliat dari kualitas dan keawetannya, namun hal itu sesuai dengan anda merawatnya dengan baik dan benar. Karena jika anda mencucinya asal-asala atau dengan mesin cuci akan dapat merusak kain batik itu sendiri, Sedikit tips dari kami jika anda merwat dengan benar cucilah kain batik anda dengan lerak atau biji-bijian pada tanaman herbal dengan dicuci secara halus dan prosesnya cukup dijemur dalam ruangan dan suahakan tidak terkena matahari. Karena sinar matahari akan menyebabkan warnanya memudar.

Alamat : Jalan Pajangan Bantul
Jam buka : 08.00 – 21.00 WIB
Harga : IDR100.000 – IDR2.000.000

Kawasan Kraton

Batikkeraton
image from ig= @lakalaka.os

Nah, lokasi terakhir yang wajib anda kunjungi ketika sedang berburu batik jogja yaitu berada tidak jauh dari keraton Yogyakarta yaitu berada di setiap sudut sisi barat sampai dengan pasar ngasem yogyakarta. Nah, di setiap sudut kawasan kraton akan banyak toko yang menjual berbagai macam batik mulai dari tas sampai dengan puchnya.

Dari segi kualitas di toko batik kawasan keraton tak jauh beda dari kualitas yang ada di Pasar beringharjo yaitu dengan kualitas standar dan anda tak lagi harus berdesak-desakan untuk mendapatkan kulitas terbaik.

Namun, anda juga masih dapat menawr dengan harga yang rendah apabila anda tertarik membelinya apalagi anda membeli kain batik tulis jogja dengan banyak pastilah akan ada tambahan diskon jika anda memintanya meskipun itu berada di toko-toko di kawasan keraton. Bagi anda yang akan membeli batik di kawasan keraton usahakan unutk menawarnya ya gaes di alamat berikut ini:

Alamat : Jalan Rotowijayan Keraton
Jam buka : 08.00 – 21.00 WIB
Harga : IDR35.000 – IDR500.000

Nah, apakah anda sudah menentukan lokasi mana yang sesuai dengan keinginan di pusat belanja batik jogja. Seputarwisata.com sudah mengulas sedikit yang dapat anda jadikan refrensi ketika berburu batik khas jogja.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share