Taman Pintar, Wisata Anak di Jogja

Seputarwisata.com– Saat liburan sekolah tiba, anak-anak pasti minta kepada orang tua untuk ngajak jalan ke tempat wisata. Baik itu di dalam kota maupun diluar kota. Karena berlibur akan menenangkan pikiran setelah ujian sekolah

Salah satu tempat refreshing yang paling cocok untuk anak adalah pergi ke obyek wisata edukasi. Salah satunya adalah taman pintar yang ada di jogjamenawarkan wahana permainan anak yang asik, dibuat secara edukasi untuk seorang anak.

Apalagi jika anda meras khawatir liburan sekolah hampir habis, dan anda belum ngajak jalan ke tempat wisata, karena bisa saja mereka akan terlihat murung, tak ceria ataupun malas ketika tidak diajak untuk berwisata. Untuk liburan sekolah yang hanya berselang waktu selama 2 minggu ini harus dipergunakan secara sebaik mungkin.

Wisata anak tak harus ke waterpark, ataupun pantai. Masih banyak wisata yang mengedukasi anak selain ke tempat hiburan yang menyenangkan. Anda dapat mengajak putra-putri anda ke taman bermain di daerah anda. bagi yang ada di Yogyakarta anda wajib mengunjungi taman pintar yogyakarta.

Taman pintar Jogja berada di wisata dekat malioboro, hanya beberapa ratus meter saja anda bisa menemukan wisata ini. Taman pintar ini menyuguhkan tempat iwsta yang berbeda dengan kota lain di Indonesia, baik itu taman wisata di Surabaya, Taman wisata di Jakarta ataupun taman wisata di Bandung. Taman wisata yang di jogja berbeda dengan yang lain karena menggabungan sarana belajar dengan arena bermain yang berada di zona lainnya sehingga wisatawan lokal akan menjadi penasaran.

Latar Belakang Taman Pintar Jogja

Taman pintar jogjaadalah salah satu wisata anak di jogja yang berupa wahana bermain dans arana belajar bagi anak-anak yang telah lama dikelola oleh pemerintah kota yogyakarta yang berujuan untuk mendukung fasilitas belajar berupa sarana beljar sains, diapdukan dengan kurikulum pendidikan yang matang sehingga anak-anak yang berkunjung ke taman pintar ini secara tidak sadar telah belajar dengan baik untuk menyukai ilmu sains secara tidak langsung.

Taman pintar yang didukung dengan sebuah laboratorium sains akan membuat anak-anak dapat tertarik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki di sekolah. Namun, bagi mereka yang belum bersekolah akan mendapatkan ilmu baru dalam materi sains sebagai dasar untuk masuk ke jenjang pendidikan sekolah.

Taman pintar menjadi salah satu objek wisata yang baru direlokasi sejak 2004 yang sebelumnya tempat tersebu adalah pusat perbelanjaan atau dikenal dengan masyarakat sebagai shopping center yang menjual berbagai macam buku dan lainnya namun disisi sebelah timur taman pintar masih ada sisa shooping center sebagai pusat perbelanjaan buku-buku. Dan taman pintar resmi dibuka pada tanggal 16 desember sebagai pusat rekreasi anak dalam mendukung program pembelajaran anak usia dini. Dalam hal ini taman pintar akan semakin berkembang dan meluas secara kreativ di Indonesia dalam bidang sains.

Wahana Taman Pintar

Bagi orang tua yang penasaran dengan isi sarana belajar bagi anak di taman pintar anda bisa melakukan pengamatan melalui bacaan dibawah ini sebagai salah satu cara bagi orang tua agar dapat melatih anak sejak dini melalui wisata edukasi. Adapun berbagai wahan yang dapat anda lihat adalah sebagai berikut ini:

Wahana Gedung Kotak

Banyak sains dan sarana belajar yang anda jadikan refrensi ketika berada di gedung Kotak anatara lain anda akan menemukan 10 zona yang menarik sebagai sarana menambah ilmu pengetahuan sebagai berikut ini:
Zona batik, zona air, zona replika candi, zona peraga, zona pengolahan minyak bumi, zina koleksi, zona otomotif, zona pengolahan susu, zona planning city.

Wahana Gedung Oval

Selain di gedung kotak anda akan menemukan berbagai macam ilmu sains yang ada di gedung oval yang memanjakan mata para wisatawan untuk beljar ilmu sains atau bisa dibilang belajar ilmu alam di gedung obal dengan 12 macam zona sebagai berikut ini:

Zona kehidupan purba, zona teknologi kominikasi, Zona nuklir, ICT melihat bumi, aquarium air tawar, zona iklim dan gempa, tv trainer, trowongan ilsi, aquarium air tawar, pojok kreasi sains dll.

Wahana Gedung Memorabillia

Setelah kita menginjakkan kaki di gedung yang memiliki banyak sains, kita akan mengenal kehidupan sejarah masa lampau melalui gedung memorabilia yang berisi perjalan sejarah Indonesia di masa lampau dengan 3 macam zona, yaitu sona terkait dengan tokoh pendidikan, kedua zona sejarah keraton dan terakhir adalah zona kepresidenan yang bersisi terkait presiden pertama pada awal kemerdekaan sampai dengan presiden terakhir Indonesia.

Wahana Gedung Planetarium

Seperti layaknya gedung planetarium lainnya yang menyuguhkan pembelajaran tentang antariksa dan tata surya yang ada di alam ini melalui pertunjukan sebuah film.

Wahana Gedung Paud

Pendidikan anak usia dini atau disingkat dengan sebutan paud adalah sebuah gedung yang pertama kali berdiri di Taman Pintar Yogyakarta yang menyuguhkan sarana belajar. Ada dua Gedung Paud yaitu ada di sebelah barat dan ada di sebelah timur. DI sebelah barat digunakan untuk anak TK dan bagi gedung yang sebelah timur digunakan untuk edukasi anak sebelum masuk ke jenjang TK

Wahana Kampung kerajinan

Kampung kerajinan yang ada di taman pintar dibuat oleh pemerintah kota yogyakarta untuk meningkatkan kreativitas yang akan dimiliki oleh anak sehingga para wisatawan dapat melakukan berbagai hal terkait dengan kampung kerajinan.

Playground

Sarana belajar yang satu ini berbentuk play ground yang berada di ruang publik umum dengan alat peraga yang gratis digunakan para wisatawan yang hendak berkunjung.

Fasilitas Taman Pintar

Untuk fasilitas taman pintar seperti layaknya fasilitas tempat wisata lainnya yang sudah tersedia mushola, tempat parkir

Harga Tiket Masuk Wahana Taman Pintar

tamanpintar.co.id

Sebelum pergi ke taman pintar akan lebih baik anda mengetahui jam buka tempat wisata terlebi dahulu mulai dari jam 09.00 s/d 16.00 dengan waktu libur hari senin dan mulai aktif dari hari selasa sampai dengan Minggu dengan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu untuk anak dan 18 ribu untuk dewasa. Harga tersebut belum termasuk masuk wahana.

Jam Buka Taman Pintar

Nah, yang satu itu perlu diketahui bahwa untuk taman pintar sendiri pada hari senin libur ya, dan jam bukanya mulai dari jam 09.00 sampai dengan 16.00 WIB. Jangan salah ya guys.

Lokasi Taman Pintar

Lokasi taman pintar cukup mudah untuk ditemukan wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu berada di sebelah timur dari titik nol kilometer. Dari Titik nol kilometer kota joga yaitu di perempatan kantorpos besar dan Bank BNI anda akan menemukan Taman Pintar yang berada di sebelah utara jalan.

Alamat Taman Pintar

Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Tags: