Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Gardu Pandang Merapi Kaliurang Jogja

2 min read

Gardu Pandang Merapi
Total
2
Shares

Seputarwisata.com – Melihat gagahnya Merapi di Gardu Pandang Merapi Kaliurang, tak jauh dari kota jogja tempat ini, menariknya ada sebuah gardu pandang yang ada di ketep yang notabene memiliki fungsi yang sama.

Mengapa dibuat Gardu Pandang Merapi?

Gardu Pandang Merapi

Karena gardu pandang sendiri dibuat untuk memantau grafik curva aktivitas kegempaan yang terjadi pada gunung merapi, sehingga masyarakat bisa lebih waspada untuk bergerak cepat ketika ada peningkatan aktivitas yang terjadi oleh gunung merapi.

Tidak hanya dibuat di satu tempat saja gardu pandang ini, karena wilayah terdampak gunung adalah dari segala penjuru sehingga dibuatlah beberapa tempat yang digunakan untuk memantau melalui gardu pandang ini, baik itu dari Jogja yang ada di Kaliurang, Magelang yang ada di Ketep dan klaten.

Selain gardu pandang berfungsi untuk memantau aktivitas kegempaan pada gunung merapi, gardu pandang juga dijadikan objek wisata oleh para wisatawan untuk melihat gagahnya gunung merapi dari jarak dekat. Nah, dari situlah gardu pandang berbenah diri dengan menawarkan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan Salah satu contohnya ada di Gardu Pandang Kaliurang

Aktivitas di Gardu Pandang Kaliurang

lokasi Gardu Pandang Merapi

Selain anda bisa menikmati gagahnya gunung merapi dari jarak dekat, anda bisa beraktivitas lainnya

Pertama, menikmati taman yang ada di gardu pandang kaliurang, dengan melihat hijaunya daun monyet yang sedang makan hingga anda bisa melihat aktivitas sungai mboyong.
Kedua, anda bisa berfoto selfie di beberapa area yang telah disediakan oleh pengelola gardu pandang kaliurang
Ketiga, ketika akhir tahun menjelang natal dan tahun baru biasanya tempat ini dijadikan sebagai sebuah taman yang menarik untuk dikunjungi karena gemerlap lampu yang dibuat dalam berbagai bentuk yang dinamakan dengan taman lampion gardu pandang kaliurang.
Keempat, Memang cukup lama untuk menunggu waktu liburan tiba di akhir tahun anda bisa beraktivitas lainnya mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di lereng gunung merapi dengan menggunakan paket lava tour merapiĀ 

Banyaknya operator jip merapi di kaliurang membuat anda bingung, mau pakai yang mana. Nah, untuk itu kami juga menawarkan trip yang sama dengan mereka dan patokan harganya juga sama yaitu mulai dari 350 ribu sampai dengan satu juta rupiah untuk berbagai rute dan paketnya. Silahkan anda hubungi kami di Tour Merapi

Itulah beberapa aktivitas yang dapat anda kerjakan ketika berada di taman gardu pandang kaliurang yang notabene tidak dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melakukan pemantauan aktivitas kegempaan gunung merapi.

Lokasi Gardu Pandang Kaliurang

 

Lokasinya berada di bawah bukit turgo dan jaraknya sekitar 5 kilometer dari Puncak Gunung Merapi yang merupakan di wilayah kawasan Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.

Dan menjadi salah satu tempat wisata sleman yang wajib anda kunjungi ketika berada di kawasan wisata kaliurang. Selain itu di Gardu Pandang sendiri sangat dekat dengan goa jepang, telogo kaliurang, lava tour merapi dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang

Nah, bagi anda yang ingin mengunjungi gardu pandang kaliurang jangan lupa membawa makanan, jika anda beruntung anda akan ketemu dengan monyet-monyet yang sedang mencari makan bersama anaknya, untuk harga masuknya ini berbiaya murah terlebih orang kaliurang sendiri masuk gratis dan parkir gratis. Dan mereka yang dari luar biayanya hanya 3 ribu rupiah kadang juga hanya ditarik uang parkir saja.

Dikawasan ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas yang anda gunakan ketika sedang lapar, anda bisa langsung menuju ke warung terdekat, apabila sudah waktunya sholat telah tiba tempat ini juga terdapat mushola dan toilet. Kalaupun anda ingin beristirahat anda juga bisa beristirahat di gazebo yang telah disediakan oleh pihak pengelola dan di daerah sini juga terdapat penginapan, villa ataupun losmen jika anda hendak menginap semalam untuk menikmati dinginnya wisata kaliurang

Untuk menuju ketempat ini anda bisa menikmati kuliner khas kaliurang yang berupa jadah tempe, sate kelinci dan menu-menu yang tidak anda temukan di kota Yogyakarta. Jika anda sudah di Jogja, jangan lupa untuk mampir ke Kaliurang dengan jarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

One Reply to “Gardu Pandang Merapi Kaliurang Jogja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
1
Share