Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Pasar Beringharjo, Jual Apa Saja? Selain Oleh-Oleh dan Kuliner Khas

2 min read

Pasar Beringharjo
Total
0
Shares

Seputarwisata.com – Pasar beringharjo yang ada di wisata dekat Malioboro, ini adalah salah satu saksi bisu perkembangan perdagangan jual beli di yogyakarta. Sejak zaman belanda masyarakat yogyakarta ini sudah melakukan jual beli barang di pasar tradisonal terbesar di Yogyakarta. Meskipun berada di kawasan Modern seperti wisata Malioboro yang juga banyak menawarkan berbagai pernak-pernik, oleh-oleh khas jogja, dan beberapa buah tangan dari jogja yang harus anda bawa ketika pulang berwisata.

Pasar beringharjo merupakan salah satu pasar tradisional, terlengkap dan tertua yang ada di Yogyakarta. Surga belanja bagi para pemburu barang yang harganya relatif murah jika anda mampu tawar menawar, karena memang apabila seorang wisatawan tidak tawar menawar harga barang akan lebih mahal ditimbang yang ada di pasaran.

Peringatan penting kepada para pembaca blog ini, ketika berada di Pasar Beringharjo jangan lupa untuk menaruh barang berharga di depan atau tas ditaruh di depan, karena admin pernah kehilangan handphone ketika berada di pasar beringharjo ketika tas saya taruh disamping bukan di depan. Padahal admin sudah berhati-hati dengan barang bawaan karena kondisi yang cukup ramai di dalam pasar, sehingga terjadilah kelalaian tersebut.

Ada 3 lantai di pasar beringharjo, karena memang pasar ini cukup luas sekali, admin tidak dapat menjelaskan satu persatu. Untuk bagian depan dari pasar ini banyak toko yang menjual berbagai pakaian, sprei atau bisa dibilang banyak toko klontong yang menjual di bagian depan dari lantai satu dan dua. Terus dimana bagian yang jual sayur mayur.

Nah, selain menjual berbagai barang oleh-oleh khas seperti batik jogja, ternyata di Pasar beringharjo juga ada yang jual sayur mayur berada di sebelah timur, disana juga ada beberapa yang menjual soto ayam kampung dan aneka kuliner. Nah, dibelakang pasar ini ada pertokoan china yang menjual emas murni dan disebut juga daerah kampung pecinan yang banyak yang menjual emas di belakang pasar.

Selain menjual sayur mayur di bagian belakang pasar, di lantai-lantai atas juga banyak sekali yang menjual berbagai alat olah raga dan berbagai kerajinan tradisional, anda akan merasa lemas ketika menyusuri tempat ini, Di bagian atas sendiri pasar ini juga dijadikan tempat parkir. Kamu pasti bingung di Pasar beringharjo mau berbuat apa ya gaes? sama deh.

Pasar Beringharjo Buka Sampai Malam

Pasar Beringharjo
Photo Pribadi Koleksi Seputarwisata

 

Nah, bagi yang belum sempat membeli oleh-oleh khas batik, pasar beringharjo masih buka sampai malam hari. Namun, hanya beberapa toko saja yang menggelar dagangan sampai larut malam jam 22.00 WIB sehingga menambah omset para pedagang yang ada di bagian depan terkhusus bagi stand fashion dan kerajinan saja, Tidak ada perbedaan harga antara pasar, pagi, siang dan malam. Harga yang ditawarkan tetap sama, hanya membantu bagi wisatawan yang tidak memiliki waktu luang untuk mengunjungi pasar beringharjo pada waktu siang hari. Banyak orang yang bertanya terkait pasar ini terkait dengan koleksi uang logam lama yang dijual, apakah masih ada?

Pasar Beringharjo Jual Apa Saja?

Tidak hanya menjual batik, sprei, alat olahraga, sayur mayur, buah-buahan, soto ayam atau kuliner khas jogja, sate koyor es cendol, beras kencus, dan lainnya. Di Pasar Beringharjo ini juga terdapat toko yang mengkoleksi uang ama dari berbagai negara. Dan masih banyak barang barang lama yang bisa anda dapatkan di pasar beringharjo ini, anda harus menyusuri dari lantai bawah sampai ke lantai atas.

Nah, ketika anda sedang lapar belum sarapan pagi atau makan siang. Dan anda sedang berkunjung di kawasan wisata sekitar Malioboro. Jangan lupa untuk mampir kuliner di Pasar Beringharjo. Mau Tahu apa saja kuliner yang wajib anda kunjungi ketika berada di Pasar beringharjo, Yuk simak kuliner pasar beringharjo

Kuliner di Pasar Beringharjo

Warung Empal Bu Warno

Memang kita jarang-jrangan ya, makan empal daging yang ukurannya cukup tebal, empuk dan lumer di mulut di campur dengan bumbu yang membuat lidah gelagepan karena anda makannya ditambah sambel korek atau sambel petis. Nah, warung empal ini dibandrol dengan harga mulai Rp. 17 ribu

Sate Kere Mbah Suwarni

Nah, pasti anda penasaran dengan sate kere ya! sama, mimim juga belum pernah rasakan nikmatnya sate kere yang ada di sebelah selatan pasar beringharjo. Biasanya sate ini terlihat seperti koyor-koyor dari daging dengan rasa yang manis terlihat dari kecap yang tertempel pada si sate. Harganya bekisar dari Rp. 2000,-

Kelelawar Bakar

Pasti anda kaget, kok kelelawar di pasar beringharjo dijual yah? Karena banyak manafaat dalam menyembuhkan asma dan kelelahan, Kelelawaw juga dijual dalam benuk sudah matang dan kono kelelawar ini dijual dengan harga Rp 15 ribu sampai dengan Rp. 20 ribu

Mungkin kalau kuliner lainnya anda sudah pernah rasakan seperti siomay, soto, es dawet dan lain-lain. Nah, itu ada 3 kuliner yang perlu anda coba saat di beringharjo yang perlu anda coba karena memang anda pasti jarang makan seperti itu ya gaes. Nah, mau tahu alamatnya kalau anda turun dari stasiun tugu, yuk simak dibawah ini:

Alamat Pasar Beringharjo

Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Peta Lokasi Pasar Beringharjo

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share