Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Nawang Jagat Tempat Camping Baru Jogja, Lokasi, Rute Harga Tiket Masuk

2 min read

Nawang Jagad
Total
0
Shares

Nawang Jagad merupakan salah satu tempat wisata baru yang berpemandangan menarik yang cocok digunakan sebagai tempat berkemah sambil memandang gagah dan indahnya gunung merapi.

Lokasi berada di tebing sungai boyong yang terletak di Padukuhan kaliurang barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Arti Nawang Jagad

Nawang jagad sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti memandang alam semesta yang mana arti nawang adalah memandang dan jagad adalah semesta.

Berkemah di nawang jagad kaliurang ini sudah memiliki berbagai macam fasilitas yang telah disediakan oleh kelompok masyarakat kaliurang barat dan baru saja dibuka menjadi bumi perkemahan pada bulan Agustus 2021. Adapun berbagai fasilitasnya adalah sebagai berikut:

1. Toilet Bersih

Pengelola Nawang Jagad menyediakan fasilitas yang berupa toilet dan juga setiap pengunjung tak perlu lagi membaca air bersih karena sudah disediakan oleh para pengelola dengan menyediakan air bersih dari sumbernya.

2. Tempat Piknik

Tak hanya menjadi camping ground nawang jagad juga bisa digunakan untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam karena sudah disediakan tempat piknik yang asik bagi pengunjung yang datang ke nawang jagad tanpa bermalam, sperti penyediaan hammock serta beanbag

Untuk menikmatinya para pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya saja untuk pemeliharaan tempat ini.

3. Sewa Tenda Peralatan Camping

Wisatawan yang datang untuk menikmati malam alias yang tidak ingin repot bisa menyewa langsung di Nawang Jagad.

Sensasi berkemah dan menawarkan beberapa paket yang dapat anda pilih, dengan menyewakan mobil jeep serta motor trail bagi pengunjung dan anda juga bisa berkemah di dalam mobil dengan menyewa jasa campervan.

4. Api Unggun dan Berbeque

Pengelola juga telah melengkapi fasilitasnya dengan api unggun di Nawang Jagad. Pihak pengelola sudah menyediakan lima titik api yang dapat dinikmati namun para pengunjung dan wisatawan yang datang tidak diperbolehkan membuat titik api baru.

Aktivitas di Nawang Jagad.

Adapun beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk piknik atau beraktivitas di Nawang Jagad adalah sebagai berikut:

1. Piknik Bersama Keluarga

Nawang jagad tak hanya menyediakan kamping ground anda juga piknik bersama keluarga dengan berfoto-foto bersama keluarga dan anda bisa menyewa bean bag atau hamaock kepada para pengelolanya dan anda bisa membayar seikhlasnya saja untuk menikmati suasana di Kaliurang tersebut.

2. Melihat lava pijar di Malam Hari

Nah, bagi yang menginap di lawang jagad anda bisa melihat indahnya lava pijar gunung merapi di malam hari karena letaknya berada di dataran tinggi yang memungkinkan wisatawan bisa menyaksikan indahnya bukit turgo di sebelah barat, gunung merapi di tengah dan bukit pelawangan di timurnya.

3. Menikmati Api Unggun

Anda juga bisa melakukan aktivtas api unggun bersama keluarga dan juga melakukan aktivitas berbeque karena pengelola sudah menyediakan cooking set sebagai penunjang aktivitas, untuk api unggun yang ada di nawang jagad ini telah disediakan lima titik api dan para wisatawan tidak diperkenankan untuk membuat api unggun yang baru.

4. Senam Dan Yoga

Selain itu pengelola sudah menyediakan lokasi senam dan yoga dan juga telah disediakan jasa instruktur yoga sebagai pemandu

Anda akan menikmati aktivitas yang tenang sesuai dengan lokasi yang jauh dari perkotaan sehingga ketika anda kembali kekota anda membuat pikiran kembali segar untuk membuat tubuh terasa lebih bugar.

5. Wisata Religi

Tak jauh dari nawang jagad terletak makam syekh Jumadil Qubro sebagai salah satu tokoh penyebar Islam di Nusanatara dan area nawang jagad di yakini sebagai tempat petilasannya.

Tak seidkit wisatawan yang menyendiri dan berdoa bermunajat ataupun bermeditasi karena memang tempat ini adalah milik keraton dan sebenarnya masyarakat hanya dapat dhawuh atau perintah untuk mengelola dan merawatnya

Harga Tiket Masuk Nawang Jagad

Harga yang perlu anda bayar untuk menikmati nya per orang mulai dari 20 ribu per malamnya anda bisa menyewa tenda dan segala perlengkapannya. Anda bisa reservasi terlebih dahulu paling lambat 3 harian sebelum datang ke lokasinya, pemesananya dilakuan secara online melalui akun instagram nawang jagad.

Saat ini nawang jagad masih melakukan pembatasan pengunjung, meskipun telah beroperasi setiap harinya hanya menerima 45 orang.

Rute Ke Nawang Jagad

Anda bisa ke nawang jagad dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak selama satu jam dari tugu jogja atau stasiun kota jogja dengan mengarahkan mobil anda ke jalan kaliurang disebelah timurnya tugu jogja anda bisa kearah jaln AM sangaji keutara dan anda belok ke kiri mentok sampai ketemu jalan kaliurang lurus sampai ketemu patung udang, dari patung udang anda arahkan kesebelah kiri sampai ke jalan boyong belok kanan, di jalan boyong anda perlu belok kiri sebelum museum sentalu atau setelah almuna garden belok ke kiri sekitar 200 meter dan anda belok kekanan lokasinya di belakang Museum Ulen sentalu

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share