Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Itinerary Jogja Tengah Kota Seharian

3 min read

sejarah tugu jogja
Total
0
Shares

Seputarwisata.com – Ada beragam tempat wisata yang ada di tengah kota Jogja. Karena memang jogja identik dengan kota budaya, pelajar atau edukasi hingga lengkap dengan wisata alamnya mulai dari pegunungan sampai dengan pantai. Anda tidak dapat menemukan tempat selengkap di Yogyakarta.

Candi terbesar di Indonesiapun berada di kawasan Yogyakarta, gunung paling aktif di duniapun juga ada di Jogja sehingga ada banyak tempat wisata yang bisa dijadikan refrensi berkeliling dengan itinerary seharian di tengah kota Jogja.

Sarapan Gudeg

 

Nah, anda bisa datang ke Jogja subuh hari dengan menggunakan kereta api, kami pernah dari bandung ke jogja dari sore hari sampai di Yogyakarta pagi hari.

Banyak yang menyajikan sarapan berupa gudeg sebagai salah satu menu khas kuliner jogja yang legendaris. Makanan dengan bahan dasar nangka muda ini menjadi sajian yang cocok disantap waktu pagi hari. Uniknya mereka memberi warna coklat pada sayurnya yang diperoleh dari daun jati sehingga warnanya coklat.

Lokasi gudeg ini ada di sepanjang Jl. Wijilan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Jam buka mulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 10 malam, Selain itu disini juga menyediakan gudeg kering yang tahan hingga dua hari jika anda ingin membawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh kuliner khas jogja.

Ada 4 rekomendasi gudeg legendaris di Jogja, tapi yang pertama ada di Wijilan yaitu Gudeg Yu Djum, Gudeg Pawon yang letaknya jauh dari kota, Permata, Sagan dan Manggar Bu Jumilan.

Namun, untuk yang kepingin gudeg di area sekitaran Malioboro ada Gudeg Mbah lindu sebagai gudeg tertua di Jogja yang mana mbah lindu sudah tiada digantikan dengan anaknya

Alun Alun Alkid

 

Selanjutnya anda bisa ke alun-alun seletan kota jogja untuk berfoto diringin, disini biasa dibuka tanpa ada tiket karena berada di tanah lapang dan anda bisa berkeliling mengitari alun-alun. Jikalau sore hari nanti anda bisa melihat beberapa sepeda yang digunakan. Akan tetapi pas pandemi saat ini jarang ditemukan penjual makanan di pagi hari atau sepeda odong-odong ketika sore karena memang sedang pandemi.

Belajar di Benteng Vrederbug

 

Nah, selanjutnya setelah dari alkid pada pukul setengah delapan Benteng Vrederburg sudah dibuka hingga sore hari. Anda bisa belajar sejarah Indonesia di Benteng Vrederburg

benteng Vrederburg ini berada di Jalan Margo Mulyo, Nomo 6 Ngupasan, gondomanan, Yogyakarta sebelum titik nol kilomete. Pengunjung bisa melihat berbagai diaroma saat penjajah datang di Indonesia dan beberapa jejah sejarah Kota Yogyakarta ada di Museum ini.

Harga tiket masuknya sebesar 3 ribu rupiah anda bisa berkunjung dari pukul 07.30 hingga jam 16.00

Anda bisa menghbaiskan waktu selama 3 jam di benteng verderburg ini, selanjutnya disisi selatan benteng ini terdapat museum

Museum Sono Budoyo

 

Merupakan salah satu museum edukasi yang berada di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta, yang terdiri dari beberapa koleksi penyimpanan budaya dan sejarah jawa mulai dari ruang pergelaran wayang, berbagai bentuk wayang, senjata kuno, uang koin, keris, topeng jawa dan beberapa koleksi yang bisa digunakan untuk edukasi anak anda

Ada ruang yang mirip dengan suasan bali atau kebudayaan bali yang berbentuk seni pahak, lukis dan upcara bali dan suasannya mirip dengan bali di Museum Sonobudoyo tersebut. Anda bisa membayar dengan tiket yang terjangkau sebesar 3 ribu rupiah per orangnya. Bisa sampai 2 jam di tempat ini

Kraton Yogyakarta



Selanjutnya anda bisa lanjut ke keraton Ygyakarta, yang ada di sebelah selatan dari alun-alun utara. Dari sinilah anda bisa melihat pertunjukan wayang kulit jika masih ada, namun setiap harinya pertunjukkan diganti, ada macapat, wayang orang, pertunjukan tari, musik gamelan dan lainnya sesuai dengan jadwalnya yang dimulai dari jam 10 hingga siang hari

Keraton Yogyakarta sendiri terletak di sebuah kemantren di kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kemantren ini mencakup area di dalam Benteng Baluwerti Keraton Yogyakarta. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Taman Sari Yogyakarta, dan Alun-Alun Selatan Yogyakarta.

Harga tiketnya tidak mahal, anda cukup membayar tiket perorangnya 3 ribu rupiah saja sudah bisa melihat isi museum dan pertunjukan di keraton yogyakarta.

Taman Sari Jogja

 


Di pintu selatan keraton Yogyakarta anda bisa keluar dan langsung menuju taman sari Jogja yang mana tempat ini dulunya merupakan tempat pemandian raja-raja mataram beserta permaisurinya.

Banyak mitos yang beredar di Masyarakt di Taman sari ini salah satunya lorong bawah tanah di Sumur Gumuling, yang dimitoskan tembus ke pantai selatan Yogyakarta dan konon katanya lorong sumu gumuling ini adalah tempat bertemunya ratu pantai selatan dengan sulta jogja Untuk harga tiketnya biasa seharga 5 ribu rupiah.

Anda bisa menyusuri taman sari ini dari menjelang sore hingga tutup atau malam hari dan setelah itu anda bisa menghabiskan waktu dari jalan maliboro sampai ke tugu jogja

Jalan-jalan di Malioboro

Belum lengkap rasanya jika sudah berkeliling di Kota Jogja tak singgah ke Malioboro, Jalan ini membentang dari titik nol Jogja, kantor pos jogja hingga ke Tugu Jogja anda bisa berjalan kaki sesembari masuk ke beberapa pertokoan atau maal di Jogja

Dari arah selatan titik nol sehabis dari taman sari jogja anda bisa berjalan ke utara dengan santai sesembari mencari oleh-oleh atau pernak-pernik kota jogja. Selanjutnya anda bisa berfoto saat malam hari di tugu.

Tugu Jogja

Sebagai ikon wisata kota Jogja kurang lengkap rasanya jika anda belum mengambil gambar selfie di tugu jogja ini, sehabis berjalan dan mencari oleh-oleh anda bisa berfoto di tugu Jogja ini.

Setelah dari tugu ini anda bisa kembali ke penginapan terdekat Malioboro. Dan pastikan anda seharian tidak lebih mengeluarkan uang 100 ribu ketika masuk ke tempat wisata di Jogja. Dan selalu protokol kesehatan ketika mengunjungi sejumlah tempat di Yogyakarta, menjauhi krumunan dan rajin untuk mencuci tangan.

Demikianlah Itinerary Jogja Tengah Kota Seharian yang bisa kami rekomendasikan kepada anda ketika setelah turun dari Stasiun Yogyakarta. Jika anda sampai saat ini belum memiliki uang untuk berkunjung ke Jogja Bisa lihat video Youtubenya dan subscribe channel kami ya.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share