Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Museum Ullen Sentalu Jam Buka, Lokasi, Koleksi, Peraturan dan Harga Tiket Masuk

3 min read

Museum Ullen Sentalu
Total
0
Shares

Bingkaiberita.comMuseum Ullen Sentalu merupakan salah satu Museum Terbaik ke dua di Inodonesia yang memiliki cerita mistis di dalamnya, karena menyimpan aneka koleksi peninggalan sejarah dan peradaban kerajaan Mataram yang ada di Yogyakarta, peradaban Kerajaan Mataram sendiri terpecah menjadi 4 wilayak kekuasaan yaitu Kasultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta Kadipaten Pakualaman dan Praja Mangkunegaran.

Musem ini sendiri berada di lereng gunung merapi atau di kawasan wisata merapi yang terletak di Pakem Kaliurang kabupaten Sleman yang terkenal dengan jeep tour merapi karena dikawasan kaliurang dan lereng merapilah banyak paket paket wisata untuk menuju ke berbagai destinasi tujuan objek wisata lereng gunung merapi dan menjadi salah satu tempat wisata sleman yang menarik anda kunjungi ketika merencanakan liburan ke Yogyakarta.

Jam Buka dan Lokasi Museum Ullen Sentalu

Bagi yang tidak tau lokasi museum ullen sentalu akan lebih baik anda menggunakan google maps sesuai dengan alamatnya, atau menggunakan aplikasi Waze untuk dapat sampai ke objek tujuannya.

Alamat Museum Ullen Sentalu

Nah, untuk alamatnya adalah sebagaimana berikut ini

alamat: Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Perlu anda ketahui bahwa untuk masuk ke Museum Ullen Sentalu seseorang wisatawan tidak diperkenankan untuk memotret atau mengambil gambar sembarangan terlebih untuk mengambil video karena museum ini benar-benar salah satu museum yang memiliki cerita mistis didalamnya, sebelum kita berangkat menceritakan mistis apa saja yang ada di Museum Ullen Sentalu. Nah, kita perlu tahu jam buka museum ini:

Jam Buka Museum Ullen Sentalu

Buka setiap hari dengan jam yang berbeda tentunya, untuk hari senin museum ini tutup karena pada hari aktif atau weekday seorang penjaga museum harus berlibur.

Selasa sampai dengan jum’at : 08.00-16.00
Sabtu dan Minggu : 08.30 -17.00

Setelah kita mengetahui jam buka dan lokasi museum ullen sentalu untuk ittenerynya, kita juga harus merencanakan matang-matang berapa harga tiket masuk ke Museum Ullen Sentalu

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Nah, pasti kita harus merencanakan lebih awal agar budegt yang kita miliki tidak terkuras habis, apalagi anda berkeliling wisata tidak cukup untuk satu hari saja, masih banyak tempat wisata jogja lainnya yang harus anda kunjungi ketika berlibur. Untuk itu kita perlu mengetahi tiket masuk Museum Ullen Sentalu

Wisatawan Indonesia membayar tiket masuk: 40 ribu untuk dewasa dan 20 ribu untuk anak-anak mulai umur 5 s/d 12 tahun

Wisatawan Mancanegara membayar tiket masuk: 100 ribu untuk dewasa dan 60 ribu untuk anak-anak mulai umur 5 s/d 12 tahun

Peraturan di Museum Ullen Sentalu

Sebelum masuk ke Museum Ullen Sentalu seorang wisatawan baik lokal maupun mancanegara harus taat dan patuh untuk memenuhi peraturan yang ada di Museum. Adapun peraturannya adalah sebagai berikut:

Wisatawan tidak diperbolehkan mengambil gambar foto koleksi Museum Ullen Sentalu di Seluruh Area Museum sehingga benar-benar terjaga dan anda tidak akan menemukan foto-foto koleksi yang ada di Museum ini beredar di Sosial Media.

Wisatawan dilarang mengambil video baik itu jenis konten vlog atau lainnya karena memang museum ini secara khusus agar wisawatan mematuhi peraturan dan semakin penasaran apa yang ada di dalam museum tersebut.

Wisatawan akan disediakan beberapa fasilitas pemandu tur yang mmang akan menginformasikan semua hal yang ada di dalam dengan menelusuri berbagai ruangan dengan penyampaian yang interaktif dan anda bisa fokus mendengarkannya.

Cerita Mistis Museum Ullen Sentalu

Banyak cerita mistis yang berada di museum ini, nama museum ini kedengarannya masih belum terbiasa mendengar dengan Ullen Sentalu seperti kata yang legendaris namun Keunikan Ulen Sentalu sendiri merupakan sebuah singkatan dari bahasa jawa yang berarti Ulating Blencong sejatine tataraning lumaku, kalimat bahasa jawa ini berarti lamu yang dipergunakan dalam sebuah pertunjukkan wayang kulit yang merupakan penerang atau petunjuk manusia untuk melangkah dan meniti kehidupan.

Museum ini memiliki cerita sendiri bagi kehidupan masyarakat saat ini, dibangun atau didirikan pada tahun 1994 ini digagas oleh sebuah keluarga pembatik dari Yogyakarta berketerunan Bangsawan yang bernama keluarga Haryono. Keluarga tersebut senang mengkolenksi peninggalan warisan budaya Jawa selain itu keluarga tersebut juga menerima koleksi sumbangan dari Yayasan Ulating Blencong dan para sesepuh dari keluarga kerajaan Mataram.

Di salah satu ruangan yang museum Ullen Sentalu ini menarik untuk dibahas karena ada kisah cinta putri Tineke yang dilarang orang tua , Tineke sendri merupakan Nama belanda putri Sunan Surakarta. Seorang putri tersebut mencintai pria yang tidak sederajad dengan orang tuanya dan putri tersebut menerima banyak surat cinta dan puisi untuk menghiburya yang anda dapatkan di ruangan tersebut.

Apa Saja Koleksi  yang ada di Museum Ullen Sentalu

Koleksi  Museum Ullen Sentalu

Nah, pastilah banyak orang yang penasaran dengan koleksi yang ada di Museum Ullen Sentalu, adapun menurut cerita yang kami belum kesana sampai saat ini bahwa koleksi museum disana hampir mirip dengan koleksi ditempat lainnya seperti Koleksi Kain Batik Jogja dan Solo, Gamelan kuno, arca Hindu dan Budha, album hidup anggota kerajaan mataram dan peninggalan lainnya.

Nah, anda dapat berkeliling kesetiap jengkal ruangan yang ada di Museum Ullen Sentalu ini dipandu dengan pemandu yang cukup interaktif. Anda juga akan disuguhi minuman rempah yang rasanya unik yang ada di tengah perjalanan dan apabila anda lapar di Museum. Restoran Beukenhof juga akan jadi pilihan utama saat anda lapar, Restaurant dengan arsitec western di campur dengan suasana yang tradisional membuat anda betah ada di museum tersebut

Fasilitas Museum Ullen Sentalu

Ada beberapa fasilitas yang hampir sama dengan tempat wisata lainnya namun yang paling mencolok adalah museum ini sudah tersedia pemandu wisata yang akan menjelaskan setiap ruang dan jengkal ketika anda berada masuk ke dalam ruangan. Terdapat papan informasi lengkap, restauran toilet dan denah kompelk museum.

Informasi lebih lanjut Museum Ullen Sentalu

Nomer Telepon Museum Ullen Sentalu: +62 274 895161
Website: www.ullensentalu.com
IG: @ullensentalu

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share