Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Goa Jepang Kaliurang Jogja Selatan Gunung Merapi

1 min read

Goa Jepang Kaliurang
Total
0
Shares

Seputarwisata.com – Salah satu sejarah panjang Jepang ada di kawasan wisata kaliurang merapi Jogja. Pada masa penjajahan jepang di bumi Indonesia pada tahun 1942-1945, Jepang membuat tempat perlindungan dari para sekutu diantaranya adalah Goa.

Goa Jepang yang ada di kawasan jeep tour merapi kaliurang jogja ini nampaknya berbeda dengan goa yang ditemukan di daerah Berbah Sleman Jogja. Goa di Berbah bukan digunakan sebagai tempat berlindung melainkan digunakan untuk menyimpan senjata dan bom.

Goa Jepang Kaliurang
sumber kompas.com

Goa Jepang ini memiliki ruangan penghubung di tiap pintunya yang tdibuat 25 ruangan untuk pintunya. Untuk menunju kawasan inipun seorang pengunjung harus melalui jalan setapak hingga kurung waktu 45 menit.

Alamat Rute Gua Jepang Jogja

Goa jepang sendiri terletak di Bukit Pelawangan yang memang untuk sampai di Gua tersebut seorang pengunjung harus menyusuri jalan setapak yang curam tinggi nan terjal, sesampai disana anda bisa melihat ruangan gua yang gelap gulita dan anda harus wajib menyewa lampu senter ke seorang pemandu. Dan seorang pemandu akan menceritakan kisah sejarah yang terjadi pada waktu ratusan tahun silam lamanya.

Goa jepang yang berada di selatan lereng Gunung Merapi ini secara administratif berada di  Kecamatan Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa ketempat ini menggunakan google maps atau dengan aplikasi Waze dengan peta dibawah ini:

 

Nah, jika anda saat ini berada di kawasan Jogja terutama di Tugu Pal Putih, untuk mencapai tempat ini harus menembuh kurang lebih satu jam lamanya. Itupun baru sampai di bawah belom sampai di Lokasi, Jarak tempuh dari kota Jogja sekitar 30 an Kilometer.

Sedangkan anda yang ingin melanjutkan perjalanan hingga puncak bukit plawangan, anda akan langsung melihat indahnya kegagahan merapi di pagi hari dengan cukup jelas, dan anda sejak jauh hari telah menyiapkan diri untuk pendakian tersebut karena memang harus fit dan bertenaga ekstra untuk sampai ke puncak bukit plawangan.

Biaya Masuk Goa Jepang.

Goa Jepang Jogja
photo by: eksotisjogja.com

Sebelum sampai tempat lokasi anda diwajibkan untuk membayar tiket parkir motor dengan harga 3 ribu sedangkan tiket parkir mobil harganya 5 ribu. Nah, untuk biaya masuk goa jepang ini harganya 10 ribu per orangnya.

Anda harus mengikuti petunjuk untuk mencapai lokasi di Goa Jepang pada jalan setapak yang dibangun dengan pendakian dari batu, Seblum sampai ke gua jepang maka anda akan melihat dua lubang dan dipertemukan percabanyan ke bukit pelawangan, setelah anda menuju ke palng sesuai penjunjuk jalan yang sebelumnya jalannya berbatu lama-lama kondisi jalannya tidak bagus atau menyempit dan tidak rata lagi dan anda harus hati-hati untuk sampai ke Lokasi tersebut.

Anda akan melihat pintu goa yang beberapa mulutnya suda tersambung satu dengan yang lainnya dengan kondisi tanpa ada pencahayaan sama sekali, celah dinding ata goa terlihat begitu menyeramkan dengan air yang menetes di kesunyian menambah bulu kuduk anda berdiri, anda yang memang ingin mengetahui lebih dalam lagi terkait dengan Goa Jepang kaliurang ini akan lebih baik anda menyewa pemandu untuk mengetahui cerita menarik di Gua tersebut

Jam buka Goa Jepang.

Goa jepang mulai buka dari jam 8 pagi hingga sampai jam 3 sore hari karena memang demi keselamatan gua ini ditutup apalagi anda harus menjaga tata krama seperti tingkah laku, tutur kata dan tidak membuang sembarang, dan wisatawan juga tidak diperkenankan naik ke Goa jepang apabila aktivitas gunung merapi meningkat karena sangat membahayakan pengunjung.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share