Menikmati Eksotisme Hutan Mangrove Kulon Progo

Kulon Progo sendiri adalah salah satu daerah yang ada di Jogjakarta, dimana daerah ini juga memiliki beberapa objek wisata menarik yang harus Anda kunjungi, salah satunya adalah hutan Manggove Kulon Progo.

Eksotisme Hutan Manggrove

Seperti namanya hutan Manggrove, adalah hutan yang terdiri atas tanaman bakau. Dimana hutan ini sengaja dibuat, sebagai salah satu bentuk konservasi  untuk mencegah terjadinya abrasi. Hutan ini dibangun sejak tahun 1989, dan kini, hutan tersebut tidak hanya dapat Anda gunakan sebagai sarana edukasi tentang pentingnya hutan manggrove untuk mengatasi abrasi dan perlindungan terhadap ekosistem laut, namun juga menyajikan beberapa spot menarik yang pastinya sayang jika dilewatkan begitu saja.

Hutan Manggove Kulon Progo ini memiliki nama lain Hutan Manggrove Wana Tirta ini, memiliki pemandangan alam yang indah, dan juga memiliki spot foto yang juga unik. Memasuki kawasan hutan, Anda akan disambut dengan jembatan yang terbuat dari bambu, dan dikelilingi oleh tanaman bakau nan hijau. Jika Anda melihat ke bagian bawah jembatan, Anda akan melihat aneka satwa khas hutan Bakau, seperti kepiting, ikan Glodog, sumpil, dll. Tentunya Anda dilarang memancing di lokasi ini.

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menikmati hutan bakau ini adalah dengan menggunakan perahu, ada beberapa perahu yang sengaja disewakan untuk para wisatawan yang mengunjungi kawasan tersebut.

Berjalan ke arah timur, Anda akan menemukan beberapa spot menarik yang juga pas jika digunakan sebagai spot selfie, seperit aneka tulisan menarik, dan juga unik. Berjalan terus ke arah tengah, maka Anda akan menemukan sebuah jembatan yang berbentuk love. Di arah utara, Anda akan menemukan sebuah ayunan yang dapat digunakan untuk beristirahat atau dapat juga dijadikan sebagai spot foto yang unik. Tidak jauh dari lokasi tersebut, Anda dapat duduk santai di sebuah gazebo.

 Lokasi dan rute 

Untuk menuju lokasi ini tidak sulit, yang harus Anda lakukan hanyalah pergi ke Pasir Mendit, desa Jangkaran, Temon, kab Kulon Progo, Jogjakarta. Lokasinya sendiri tidak jauh dari pusat kota Jogjakarta. Apabila Anda berangkat dari puast kota, cukup ikuti arah menuju Wates, hingga bertemu dengan patung Nyi Ageng Serang. Kemudian ambil jalur menuju Purworejo, terus ke terminal Wates, hingga akhirnya bertemu dengan pertigaan. Ambil jalur kiri, teruskan perjalanan hingga ke jembatan Congot. Tidak jauh dari sana, Anda akan bertemu dengan papan petunjuk jalan ke Dusun Pasir Mendit.

Tiket masuk dan fasilitas di hutan Manggove

Untuk masuk ke lokasi hutan Manggove Kulon Progo ini, per orangnya hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 3.000, saja. Sedangkan untuk tiket parkir bervariasi, contohnya untuk motor, tiketnya seharga Rp 2.000, sedangkan untuk mobil, seharga Rp 5.000. Fasilitas yang ada di lokasi ini memang belum terlalu banyak, namun untuk toilet, mushola, dan juga tempat sampah sudah ada. Selain itu lahan parkir untuk mengunjungi lokasi ini juga cukup luas, jadi Anda tidak perlu khawatir, kehabisan tempat parkir ketika mengunjungi lokasi tersebut.

Tips Mengunjungi Hutan Manggrove

Sedikit tips keika Anda mengunjungi kawasan hutan Manggove Kulon Progo ini, sebaiknya rencanakan aktivitas ini, sejak pagi sekali, sehingga cuaca di sekitar hutan masih terasa segar, dan mentari belum terlalu terik.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan ini adalah sebelum pukul 10.000 atau Anda dapat mengunjunginya ketika sore hari, yaitu sekitar pukul 15.00. Dengan demikian, indahnya hutan mangrove dapat Anda nikmati dengan baik, bahkan hasil foto yang dibuatpun akan tampak indah. Jangan lupa untuk membawa kacamata hitam dan untuk melindungi tubuh gunakan tabir surya.