Telaga Sarangan

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Total
0
Shares
Rate this post

Telaga Sarangan atau yang disebut dengan Telaga Pasir merupakan salah satu tempat wisata yang ada di magetan dengan panorama dan eksotisme pemandangan yang Indah dan tempat ini sangat populer oleh wisatawan lokal yang ingin mengistirahtkan sejenak pikiran dari hiruk pikuk perkotaan.

Dimana Lokasi Telaga Sarangan?

Telaga Sarangan berada di Jalan Raya Telaga Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga sarangan sendiri berada di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut berada di kaki gunung kawu dengan luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman 28 meter. Dibali panoramanya yang Indah ternyata ada legenda yang ada di balik asal usul telaga sarangan.

Bagaimana cerita rakyat atas asal usul telaga sarangan? Yuk kita lihat sejarahnya.

Asal Usul Telaga Sarangan

Telaga Sarang memiliki beberapa legenda atau kisah misteri dibalinya. DImulai dari pasangan suami istri yang bernama Nyai pasir dan Kyai yang konon katanya memang telaga ini diberi nama sebagai Telaga Pasir.

Konon katanya pasangan suami istri tersebut hidup bersama selama bertahun-tahun namun tidak kunjung diberi anak, namun karena mereka berdua ingin memiliki anak, Keduanya bersemedi dan memohon kepada Sang Hyang Widhi untuk diberikan anak. Doanyapun terkabul dan mereka mendapatkan anak laki-laki yang bernama Joko Lelung

Untuk memunuhi kebutuhan sehari-hariny, pasangan tersebut bekerja dengan berburu dan bercocok tanam. Karena pekerjaan yang terlalu berat kesehatan fisik mereka menjadi sangat penting dan mereka memohon kembali untuk segera bersemedi. Ditengah semedinya mereka mendapatkan amanat untuk memakan telur yang ada dekat dengan ladang, tidak lama kemudian mereka mendapatkan telur diladang dan membawanya untuk dimasak dirumah dan dimakan bersama kyai pasir.

Setelah mereka kembali ke tengah ladang, mereka tidak kuasa menahan gatal dan menggaruknya hingga dipenuhi luka dan tiba-tiba tubuh mereka menjadi ular naga yang besar. Kedua pasangan tersebut berubah menjadi naga dan mereka berguling diatas pasir hingga menimbulkan cekungan yang dalam dan besar

Dari cekungan tersebut keluarlah air yang memancar sehingga menggenangi cekungan yang dibuatnya. Menyadari kekuatannya yang besar, maka keduanya berniat membuat cekungan yang besar sehingga bisa menenggelamkan gunung didekatnya yaitu gunung lawu.

Ankanya yang bernama Joko lelung mengetahui niat jahat orang tuanya, kemudian bersemdi dan memohon agar iat jahat kedua orang tuanya tidak jadi dan permintaan tersebut dikabulkan oleh Sang Hyang Widi berhasil untuk ditenangkan

Namun cerukan tanah yang dibuat tersebut masih terisi air dan kini disebut dengan Telaga Sarangan. Dan seperti cerita orang-orang yanga wujud naganya berubah menjadi makluk tak kasat mata yang konon katanya hingga kini masih menunggu di Telaga Sarangan dan masih dipercaya masyarakat sebagai legdena dari Telaga Sarangan

Itulah Asal Usul Nama Telaga Sarangan. Yang berminat untuk datang ke Sarangan, Aktivtas apa yang nanti bisa dilakukan di Telaga ini?

Aktivitas di Telaga Sarangan

DI Telaga sarangan ini anda bisa mencicipi sajian khas sate kelinci dan membeli emping mlinjo

Selain itu anda bisa naik speed boat atau becak air dan bisa menjajal berbagai aktivitas lain seperti membeli oleh -oleh bermain di tempat permainan anak, pasa wisata, atau bisa menginap di beberapa penginapan yang ada di Telaga Sarangan

Jam Buka Telaga Sarangan

Telaga sarangan ini bisa dinikmati wisatawan mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 Sore hari

Rute Ke Telaga Sarangan

Bagi yang ingin berkunjung ke Telaga Sarangan untuk rutenya dari Kota Magetan sekitar 15 kilometer dengan jarak tempuh selama 30 menit

Rutenya dari Jalan Raya Sarangan ambil ke arah barat menuju ke Jalan Basuki rahmat setela keluar dari bundaran menuju jalan Manggis lalu lurus menuju jalan sarangan mengikuti jalur ke wisata telaga sarangan.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Untuk masuk di telaga sarangan untuk dewasa wajib membayar biaya sebesar 20 ribu, dan kemudian untuk anak-anak hanya 10 ribu.

Untuk tiket parkir kendaraan motor biayanya 2500 sedangkan mobil 5000 dan bis 10 ribu rupiah

Demikianlah beberapa hal mengenai Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan dan beberapa hal terkait dengan telaga.

Seputar Wisata

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.