Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran

2 min read

Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran
Total
1
Shares

Panorama Indah Dari Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Yang Sayang Untuk Dilewatkan ketika berada di Yogyakarta ini resmi dibuka pada tahun 2013 oleh Sultan Hamengku Buwono ke 10. Wisata ini menuguhkan embung dan pemandangan dari puncak air purba nglanggeran. Selain dari gunung api nglanggeran anda akan melihat beberapa gunung lainnya seperti gunung kelir, gunung bongos, gunung gedhe, gunung blencong dan gunung lainnya.

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran
image from instagram: @exaraudina

Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta ini merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dan hanya berupa bongkahan batu andesit raksasa. Hal tersebut yang membuat kebanyakan orang tertarik untuk berkunjung dan menjadikannya sebagai salah satu obyek wisata yang tidak boleh terlewatkan.

Menurut warga setempat nglanggeran ini dari bahasa ngelanggar. Pada ratusan tahun lalu warga dan masyarakat mengundang seorang dalang dan merusak wayang si dalang karena tindakan ceroboh tersebut, warga masyarakat dikutuk oleh dalang menjadi wayang dan dibuang ke bukit nglanggeran. Dan konon katanya tempat tersebut juga digunakan sebagai pertapaan dan ditunggu oleh kyai Ongko WIjaya sebaga tokoh pewayangan dalam punokawan.

Sejarah Geologi Gunung Api Purba Nglanggeran

Dari sudut pandangan geologi, gunung api ini sudah terbentuk lebih dari 70 juta tahun yang lalu dengan bebatua yang khas dengan didominasi aglomerat dan breksi gunung api meskpiun gunung ini sudah tidak aktif lagi seperti yang dikatakan oleh wikipedia.

Misteri Gunung Api Purba gunung kidul

Karena memiliki sejarah yang panjang, maka gunung api purba tak terlepas dari sebuah misteri yang ada di dalamnya. Konon katanya memang gunung ini pada ribuan tahun yang lalu adalah gunung aktif dengan ketinggian 400 mdpl sehingga banyak misteri yanga akan dialami oleh seorang indigo. Banyak yang pernah bertemu dengan mbok jamu gendong pada malam hari meskipun tidak ada siapa-saiapa pada malam hari tersebut. Suasana horor menghiasai gunung api nglanggeran yang mana sebagai tempat wisata yang baru di Yogyakarta.

Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran

Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran
image from instagram: @medinakamil

Mungkin tidak terlalu tinggi untuk seorang pendaki ya, karen ketinggian gunung api purba nglanggeran ini hanya 400 mdpl dengan jarak pendakian kurang lebih 2 jam sampai di puncak. tertinggi gunung api purba dengan jalanan yang masih bebatuan dan tanah dan wisatawan akan masuk ke beberapa lorong-lorong bebatuan yang sempit dan untuk pendakian sendiri sangat disarankan datang pada saat sunrise atau matahari terbenam karena akan mendapatkan spot foto yang bagus.

Puncak Gunung Api Purba

Puncak Gunung Api Purba
Image from @travelingjogja

Puncak dari Gunung Api Purba menjadi salah satu spot yang diincar oleh banyak pengunjung. Di puncak tersebut Anda bisa melihat matahari terbit yang sangat indah dan Anda ingin cepat-cepat menangkap moment tersebut ke dalam lensa kamera Anda. Anda juga bisa menikmati kemegahan alam dari atas puncak.

Gunung Api Purba Nglanggeran memberikan panorama wisata yang sangat indah bagi para pengunjungnya. Di sana juga sudah tersedia pendopo berbentuk joglo yang sudah disiapkan khusus bagi para pengunjung yang ingin beristirahat sekaligus menikmati pemandangan alam di Gunung Api Purba Nglanggeran. Ada banyak panorama indah yang harus Anda nikmati ketika di sana.

Rute Gunung Api Purba

Rute Gunung Api Purba
image from instagram: @gunungapipurba

Anda bisa menggunakan google maps untuk dapat menuju ke Gunung Api Purba Nglanggeran, Wonosari, Gunung kidul ketika berada di Yogyakarta dengan rute sebagai berikut ini:

Rute Dari Yogyakarta ke Gunung Api Purba: Anda bisa menggunakan google maps menuju bukit bintang pathok setelah itu anda search lagi Radio GCD FM dan ambil kiri sejauh 7 kilometer ke arah desa ngoro-nghoro dan terakhir anda menuju desa nglanggeran.

Rute Dari Klaten Ke Gunung Api Purba anda bisa melawati arah selatan RS Jiwa Koloni Soejarwadi dan anda harus melewati Tugu wedi tumpang dan jalan menanjak di Baturagung dari situ jarak tempu sekitar 20 kilomter ke Desa nglanggeran.

Embung Nglanggeran

gunung api purba
image from instagram @gunungapipurba

Embung adalah sebuah tampungan air yang cukup besar. Embung Nglanggeran digunakan sebagai pengairan untuk kebun buah kelengkeng dan juga durian. Embung juga biasa disebut sebagai waduk mini yang tidak hanya memberikan manfaat bagi para petani namun, juga menyuguhkan pemandangan indah yang menarik perhatian para pengunjung di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Tiket Masuk Gunung Api Purba

Untuk harga tiket masuk ke gunung api purba nglanggeran ini dikenakan biaya yang berbeda untuk malam hari seseorang dikenakan dengan biaya sebesar Rp. 20,000,00 Sedangkan untuk pagi dan siang hari masih normal yaitu Rp. 15.000, – sedangkan untuk wisatawan asing seseorang akan dikenakan dengan biaya sebesa Rp. 30,000,- Bagi yang akan berkunjung kesana dan belum mengetahui lokasinya dapat menggunakan google maps atau aplikasi lainnya dengan alamat dan peta seperti dibawah ini:

Alamat Gunung Api Purba Nglanggeran

Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Peta Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share