Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Air Terjun Kulon Progo

3 min read

Air Terjun Kulonprogo
Total
0
Shares

Bingkaiberita.com – Mungkin bagi banyak orang, lebih suka mengunjungi wisata yang dekat dengan Kota Jogja. Namun, jangan salah jika di Kulon Progo Alias letak dari Bandara Yogyakarta Internasional Airport juga memiliki banyak perbukitan yang dijadikan tempat wisata. Kulon Progo lebih unggul di wisata alamnya karena masih banyak tempat yang memang belum terjamah ataupun belum banyak dikunjungi wisata karena memang medannya berupa perbukitan menoreh maupun pegunung dengan banyak air terjun kulon progo.

Air Terjun Kulonprogo

Air Terjun Kulon Progo

Nah, karena banyaknya peminat air terjun atau curug yang indah di Kulon Progo. Kami akan bahas satu persatu mulai dari perbedaan air terjun maupun curug. Jika anda tahu bahwa curug dan air terjun memang hampir sama yaitu air sungai yang jatuh dari ketinggian beberapa meter dari atas bukit atau pegunungan. Namun perbedaannya curug dan air terjun ini terletak di debit sungainya. Jika Air terjun biasanya memiliki debit sungai yang banyak sehingga air yang jatuh tersebut tidak dapat digunakan untuk mandi, sedangkan curug ini memiliki debit air yang jatuh hanya sedikit sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat mandi. Namun, banyak sekali yang menyamakan curug dengan air terjun ini.

Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi air terjun ini terletak di daerah desa Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah, air terjun ini memiliki keunikan dua warna air di sisi yang berbeda memiliki warna biru tosca dan yang lainnya berwarna biru jernih.

Lokasi desanya pernah dinobatkan sebagai desa terbaik kedua di Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga para warga dan masyarakatnya benar-benar ingin memiliki desa yang maju dan dikunjungi banyak wisatawan lokal.

Curug Si Gembor

Curug si Gembor terletak di antara Goa Kiskendo dan Wauk Sermo yang lebih tepatnya berada dipinggiran jaan raya pertigaan sungai Mudal.

Curug Sigembor ini berlokasi di Dusun Banyunganti, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Sebuah curug yang banyak dilupakan oleh para pengunjung karena lebih dikenal air terun kembang soka ketimbang curug si gembor.

Curug Siluwok

Curug yang satu ini mulai ada yang membicarakan di Media Sosial karena memang cocok banget dijadikan sebagai kolam renang alami. Curug yang memiliki Kedung ini memiliki debit air yang sangat jernih terlihat dari warnanya yang biru segar.

Lokasinya yang berada di daerah Kulon progo tepatnya di desa keweron kecamatan samigaluh bisa menjadi refrensi saat berlibur nantinya.

Curug Cibiru

Curug yang baru terkelola saat ini memiliki kisah sejarah. Kisahnya tentang seseorang yang bernama Kyai Sampan yang melakukan pertapaan di dekat air terjun.

Sang pertapa memiliki hajat kepada yang Maha Kuasa agar Indonesia Merdeka dan terbebas dari penjajah selain itu juga meminta agar masyarakatnya makmur. Lokasi Curug ini berada di dusun ngentak, desa pageharjo, kecamtan samigaluh, kabupaten kulon progo Yogyakarta.

Curug Grujogan Watu Jonggol

Air terjun watu Jonggol berlokasi di dusun Nglinggo, Nglinggo Barat Pager harjo, Samigaluh, Kulon Progo Yogyakarta. Disini, anda akan menemukan kolam yang tergenang dibawah air terjun.

Curug Kalimiri

Air Terjun Kalimiri berada di wilayah Kawasan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah istimewa Yogyakarta. curug ini biasa dibilang curug kembang soka karena memang letaknya berdekatan. Selain itu karena alasan masuk akan tidak ada plang nama.

Selain itu kembang soka lebih dikenal ketimbang dengan Curug ini, dan Lokasinyapun berada di kawasan yang sama yaitu Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Curug Glimpang

Curug yang masih dalam tahap pengembangan ini merupakan salah satu destinasi andalan dari desa Prangkokan. Tidak hanya Curug Glimpang yang ada di kawasan tersebut.

Ada tiga lainnya yang menadi wisata andalan desa Prangkokan yaitu Kedung Ratmi, Kedung Bendo dan Curug Gandu. Lokasi ini tepatnya di Dusun Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo Yogyakarta.

Grojokan Sewu

Nama grojokan atau air terjun ini nampak seperti yang ada di karangayar, jawa tengah. Mengapa disebut dengan Grojokan Sewu? Karena memang jika dilihat dari bawah sudutnya mirip dengan gorokan sewu yang kemiringannya nampak 90 drajat. Meskipun tingginya tidak seperti Grojokan sewu pada umumnya, air terjun ini juga memiliki sebuah kedung yang dapat digunakan untuk berenang dan mandi. Lokasi Air terjun ini berada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Curug Setawing

Wisata alam memang kerap sekali menjadi perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, Khususnya di balik pegunungan Menoreh Kulon Progo. Pesona Alam yang cantik ini menjadi destinasi wisata alam yang indah di sebelah barat kota Jogja.

Debit airnya yang deras dan menawan karena didukung dengan ketinggiannya mencapai 20 meter ini sangat memikat para treveller yang berkunung ke curug setawing.

Air Terjun Goa Kebon

Berbeda dengan air terjun biasanya, di balik tirai airnya terdapat sebuah mulut goa sebagai pintu masuk dalam Goa. Rimbunan pepohonan dan tumbuhan ini membuat air terjun ini sangat sejuk. Lokasinya tidak jauh dari kota kulon progo yang tidak begitu sulit untuk dicapai. Berada di sebelah tenggara Kota Wates tepatnya di desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Kembang Soka

Air terjun ini berada di daerah padukuhan kelir, desa jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun yang cukup populer dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara ini dibuka sejak tahun 2014.

Debit air yang ada di air terjun kembang soka berasa dari aliran sungai yang berada diatas bukit setinggi 15 meter sehingga membentuk aliran yang menarik untuk dikunjungi.

Grojokan Mudal

Grojokan yang sudah dijadikan taman mudah ini, cocok sekali menjadi refrensi jikalau anda sudah penat menikmati alam gunung kidul, Sleman maupun Bantul. Kolam utama taman mudal ini layaknya sebuah kolam bathup.

Dengan lokasi alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Bendungan ini tertanam Anggrek disekelilingnya untuk memperindah Taman Mudal.

Demikian Air Terjun Kulon Progo yang dapat dijadikan refrensi wisata saat berkunjung ke Yogyakarta. Nah, selain itu masih banyak sekali wisata-wisata bagus di Jogja yang membuatmu kangen dan ingin kembali pulang lagi dan lagi.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share