Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

9 Rekomendasi Wisata Kuliner Banjarmasin

3 min read

soto banjar
Total
0
Shares

Seputarwisata.com – Ketertarikan kuliner mamng menjadi sektor pariwisata sendiri di kalangan wisatawan. Selain mengunjungi tempat yang eksotis dan menarik tentunya seorang wisatawan juga ingin menyelami kuliner yang ada di lokasi objek wisata. Kali ini seputarwisata.com akan mengajak para wisatawan untuk berkunjung Ke Kalimantan Selatan, dengan menu kuliner yang terkenal ada di Kota Banjarmasin. Sehingga wajib hukumnya untuk icip-icip wisata kuliner Banjarmasin

Wisata Kuliner Banjarmasin sebagai ibukota provinsi ini menawarkan kuliner yang menggugah selera makan kita apalagi mereka senang kulineran yang berkaitan dengan masakan ikan tentunya. Karena kota mereka memiliki 60 sungai yang pastinya ikan mudah di dapat.Selain itu anda juga dapat mencicipi menu lainnya, yang memang dioleh dengan cara yang berbeda dengan nama menu yang pastinya sama seperti menu soto yang mereka buat nampak unik karena mereka memakai susu dalam mengolah kuahnya. Yuk, lengkapi kuliner di Banjarmasin untuk rekomendasi menu yang ada di sana.

Wisata Kuliner Banjarmasin

Berikut akan kami sajikan menu terpopuler yang ada di Kota Banjarmasin dengan gaya kuliner sebagai berikut:

1. Soto Banjar

soto banjar
image from instagram
makanterusss’s

Rugi rasanya jika berwisata ke Banjarmasin tidak mencoba menu sotonya. Konon katanya soto ini memang menjadi siri khas suku banjar. Karena uniknya ada pada bagian kuahnya.

Biasanya kuah soto dibuat agak bening dan kebanyakan orang jawa memang memasak kuah soto itu tidak keruh. Namun, berbeda dengan Soto banjar yang membuat kuah sotonya yang dicampur dengan Susu sehingga kuahnya nampak keruh.

Untuk bumbu dan olahannya sih masih seperti soto biasanya ya, Soto Banjar ini menggunakan daging ayam suwir dilengkapi dengan berkedel kentang, ditambah ketupat, wortel dan telur. Biasanya kita makan soto pakainya nasi ya gaes. Namun, selain lidah jawa seperti coto makassar juga kerap menggunakan ketupat buat pelengkap cotonya.

Untuk bumubunya masih sama dengan yang ada di jawa ya, bombunya masih menggunakan rempah-rempah seperti cengkih, biji pala, kayu manis dan lainnya. Yuk, berkunjung ke Soto Banjar…

2. Ketupat Kandangan

image from instagram @dapoersikoko

Memang bentuknya sama dengan ketupat pada asalnya memang berbahan dasar dari beras yang diolah dan dikukus. Biasanya orang jawa terkenal dengan ketupat ketika hari lebaran atau hari ketupat ya. Apalagi ketupat sayur dimasak dengan kuah santan daging ayam atau sering disebut dengan opor ayam.

Berbeda dengan nama ketupat kandangan, penyajian ketupat ini adalah dengan disajikan bersamaan dengan ikan kuah yang kuahnya agak keruh sebagai lauk pendamping dari ketupat kandangan. Mungkin memang ketupat ini berasal di daerah Kandangan, Kalimantan Selatan sehingga namanyapun dibuat Ketupat kandangan.

3. Ikan patin Baubar

Menu ikan sangat mudah di dapat di daerah Kota Banjarmasih, Biasanya ikan dioleh dengan cara di goreng, dikuah ataupun di bakar. Namun, untuk cara penyajian ikan patin Baubar ini di masak dengan bumbu pepes.

Belum pernahkan mencicip ikan patin baubar yang dimasak dengan bumbu pepes, pastinya memang membuat lidah anda saat ini tambah bergoyang. Apalgi jika anda ingin mencobanya masak dirumah dengan membeli ikan patin yang langsung dipepes dengan bumbu bawang merah dan bawang putih kemudian ditambah kemiri, kunyit jahe ditambah lagi dengan cabai rawit dan cabai merah untuk pelengkapnya seperti air jeruk nipis agar tidak amis daun salam, laos, serai dan jeruk ditambah dengan gula garam dan kelapa parut.

Untuk proses pembuatannya pepes ini biasa menggunakan daun pisang untuk pembalutannya. Ikan yang dibakar sekaligus bumbunya yang dibalutkan ke Ikan membuat aromanya menggoda dan nikmat untuk dicicipi. Anda akan selalu teringat ikan patin ini pastinya kalau berkunjung ke Banjarmasin.

4. Nasi Itik Gambut

nasiitikgambut
image from instagram anakbungsuamsterdam

Anda pasti mengira kalau nasi itik ini berkaitan dengan itik. Namun, salah besar persepsi anda tersebut karena nasi itik gambut ini berbahan dasar bebek yang diberi bumbu habang. Kalau bahasa jawa habang ini adalah abang atau artinya merah.

Bumbu merah ini didapat dari merahnya cabai merah yang dikeringkan sehingga merahnya nampak pekat tentunya. Nasi itik gambut yang berwarna merah pekat ini justru tidak pedas ya, malahan rasanya ini manis karena dipadu dengan gula merah saat membuatnya.

5. Iwak Kering Sapat

Pasti anda dijawa sering mendapatkan ikan sepat ya kalau sedang macing di Sungai. Iwak Sepat atau Ikan sepat ini menjadi menu olahan yang harus anda cicipi ketika berada di Banjarmasin.

Iwak sepat yang disajikan dengan nasi hangat dan sambal bawang memiliki cita rasa yang gurih dan kriuk karena memang ikan yang digunakan sebagai menunya adalah ikan kecil-kecil yang belum memiliki daging.

6. Manday

Makanan khas yang tidak ditemukan selain di Banjarmasin adalah Manday dengan bahan utama yaitu kulit cempedak yang biasanya mereka sebut dengan sebutan tiwadak.

Biasanya kulit cempedak ini diawetkan terlebih dahulu dan konon katanya semakin lama diawetkan akan semakin nikmat dan lezat. Biasanya mereka memproses pengawetannya dengan dicampur garam terlebih dahulu kemudian dimasukkan dalam wadah yang tertutup.

7. Sop Mutiara

Sop yang tidak lazim ditelinga orang Indonesia karena makanan khas Banjarmasin ini berasal dari Buaya Tionghoa yang ternyata memang awalnya rasanya hambar kemudian dimodifikasi oleh orang Banjar.

Sop Mutiara yang terbuat dari Bkasa ini disajikan dengan kuah kentang dan bawang putih kemudian dibuat rasanya seperti rasa Indonesia sehingga tidak hambar saja melainkan ada rasa manis dan asinnya.

8. Gangan Asam Banjar

Nah, untuk menu yang satu ini memang olahan khas banjar. Gangan asam sendiri adalah bahasa banjar yang disebut orang jawa bilang sayur asam.

Namun, uniknya sayur asam milik orang banjar ini berbeda dengan sayur asam jawa yang kuahnya bening. Sayur asam yang satu ini memiliki warna kuah yang kuning karena dipadukan dengan kunyit sehingga warnanya kuning.

Biasanya lauk pendampaing dari sayur asam banjar ini adalah Iklan yang sering ditemukan dibanjar seperti ikan haruan, ikan patin maupun ikan gabus.

9. Es Jagung Banjar

Es Jagung memang banyak ditemukan di Jawa, namun untuk yang satu ini memang menjadi khas banjarmasin yaitu dengan bahan dasar jagung rebus manis renyah yang dipadukan dengan gula, es batu dan susu kental manis yang rasnya susah untuk dilupakan.

Rasa manis jagungnya nempel dilipun dan wajib hukumnya untuk mencicipi es jagung kuliner Banjarmasin ini. Tak hanya di kota Banjarmasin saja, es jagung juga terkenal di Kota Pontianak.

Itulah bebebrapa rekomendasi wisata kuliner Banjarmasin yang harus anda coba ketika anda berkunjung ke Banjar masin entah itu urusan bisnis, keluarga ataupun urusan berlibur dengan menyempatkan untuk berwisata kuliner Banjarmasin.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share