Inilah Seputar Tempat Wisata Raja Ampat Papua Barat

Friday, October 2nd, 2015 - Alam, Tempat Wisata

Seputarwisata.com – Raja Ampat Merupakan tempat yang paling romantis untuk dikunjungi, tepatnya berada di sebelah barat dari propinsi Papua barat dengan luas wilayah lebih dari 4,5 juta hektar, Wilayahnyanya masih asri tanpa ada kotoran dan beberapa sampah yang menggenang di pantainya. Raja Ampat sebagai salah satu pulau dengan ratusan pulau di wilayahnya dengan 600 pulau. Raja Ampat sebagai salah satu Kabupaten di Papua Barat yang ingin memisahkan diri menjadi Propinsi baru Indonesia. Raja Ampat memiliki 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Batanta. Mengapa disebut dengan Raja Ampat? Karena memang ada 4 Raja yang berada di wilayah ini dengan total 35 pulau yang ditempati dan beberapa pulau belum ditinggali oleh manusia, Ada beberapa pulau yang sudah dieksplorasi dan beberapa pulau yang belum dieksplorasi atau belum dimasuki oleh manusia.

Raja Ampat sebagai wisata Indonesia memiliki pusat kota di Waisai sebagai salah satu kota dengan penduduk beberapa ribu orang yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama islam, untuk menuju ke Waisai anda harus menggunakan kapal veri dari pelabuhan rakyat kota sorong, masyarakatnya tergolong ramah dan baik hati. Kota dengan mayoritas penghasilannya dari hasil melaut atau sebagai nelayan sebagai pekerjaan mereka untuk dibawa ke pasar sentral sorong untuk dijual, Anda dapat menemukan masjid yang megah di kota Waisai sebagai pusat raja ampat dibagian pulau Waigeo Selatan. Pulau waigeo mempunyai empat bagian diantaranya waigeo selatan, waigeo timur, waigeo utara dan waigeo barat.

Masyarakat asli papua ini kebanyakan memeluk agama kristen dan suak mengkonsumsi pinang. asal muasal raja ampat menurut dari penduduk setempat bahwa, raja ampat diyakini sebagai salah satu mitos terdahulu, yang mana seseorang menemukan 7 buah telur kemudia dari 7 telur tersebut menetas menjadi 4 pangeran sedangkan 3 telur lainnya menjadi seorang wanita, sebuah batu dan hantu. Dari 4 pangeran tersebut maka dinamakan seperti pulau yang sekarang ini yaitu, Pulau Batanta, Pulau Waigeo, Pulau Misool dan Pulau Salawati maka dari keempat pulau tersebut dinamakan sebagai Pulau Raja Ampat.

Wisata Alam Raja Ampat tiada tandingnya dibandingkan dengan Pulau Dewata Bali ataupun tempat wisata lainnya, eksotisme keindahan biota alam bawah laut menjadi salah satu hal terbaik yang ada selain itu juga terdapat berbagai macam flora dan fauna yang masih tinggal disana baik yang masih ada di darat ataupun di laut, ataupun yang belum terjamah oleh manusia, Kepulauan raja ampat ini merupakan salah satu pulau yang masih asri dengan spesies karang yang diprediksi masih alami dengan prosentasi sebesar 75 % dari seluruh karang yang ada di dunia. Anda tidak akan menemukan spesies karang dalam 1 lokasi menemukan berbagai macam spesies yang ada di dunia, keindahan alam dengan berbagai macam hewan seperti ikan duyung, ikan pari, ikan berkuda, ikan pari laut , tuna dan beberapa spesies ikan karang lainnya yang dapat anda temukan di Raja Ampat.

Wisatawan yang biasa mengunjungi Raja Ampat adalah beberapa wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal yang memiliki kocek atau uang yang banyak untuk mengunjungi tempat ini harus merogoh kocek lebih dari 10 jutaan rupiah yang kebanyakan dari luar Indonesia. Tidak semua yang tinggal di Raja Ampat sudah sampai ke beberapa pulau yang bagus. Mereka biasanya menikmati keindahan alam dengan menyelam ataupun menikmati indahnya pantai, matahari terbit dan terbenam dan melihat beberapa peninggalan pra sejarah dalam festival bahari, menikmati fauna dan flora yang masih asri, melihat burung-burung langka yang dilindungi oleh pemerintah dan beberapa macam lainnya.

Ada penawaran menarik untuk wisatawan yang berkunjung di Raja Ampat yaitu dengan tinggal di sebuah resort ataupun tinggal disebuah kapal yaitu kapal penisi Raja Ampat. Kapal yang dapat menampung hingga 14 orang ini harus disewa dengan membayar uang lebih dari 100 juta rupiah, harga yang mahal dengan pengalaman yang unik dan menarik dengan tinggal di kapal penisi dari pada di sebuah resort yang anda kemungkinan sering tinggal didalamnya, Kapal khas dari Indonesia ini memang mahal karena memang kapal ini sangat jarang ditemukan di Raja Ampat dan kebanyakan mereka harus sewa boat untuk mencapai ke beberapa pulau di Raja Ampat Jika anda memiliki kocek yang banyak silahkan anda pilih Kapal Pinisi Raja Ampat ini untuk kuota 14 orang.

Kapal Pinisi Raja Ampat

Kapal Pinisi Raja Ampat

 

Untuk anda yang memiliki kegemaran jalan-jalan tidak hanya bermodalkan nekat seperti backpacker, Anda harus memperhitungkan segala sesuatunya dengan baik, Modal nekat saja tidaklah cukup akan tetapi anda harus memiliki jiwa petualangan yang hebat dengan keadaan cuaca tidak menentu yang kadang hujan dan kadang panas. Jika anda berfikiran harga yang di Raja Ampat akan turun itu hanya fikiran anda karena wisata raja ampat dijuluki sebagai sebuah surag wisata untuk para diving dan penyelam bawah laut dengan harga yang mahal. Resort penginapan yang paling murah di waisai itupun seharga 300 ribuan belum di beberapa tempat yang anda kunjungi dengan kapalnya.

 

Resort Misool

Resort Misool

Bagaimana anda bisa mencapai perjalanan menuju Raja Ampat? sebagai wisatawan manacanegara yang baru belajar bahasa Indonesia, lebih baik anda menggunakan rute perjalan pesawat baik dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta menuju ke Sorong dengan Transit di Ujung Pandang, Makassar. Setiba di Sorong anda bisa menggunakan angkot dengan menanyakan langsung ke Pulau Rakyat disana anda bisa membeli tiket dengan harga sebesar 130 ribu rupiah menuju ke Waisai sebagai salah satu ibukota Raja Ampat. Anda bisa menggunakan paket wisata Raja Ampat dengan sugguhan panorama yang indah yang dimulai dari beberapa pulau sebagai berikut ini:

Pulau Wayag

Letak Pulau Wayag terletak disebelat barat pulau waigeo barat sebagai salah satu ikon Raja Ampat, Tempat dengan letak paling Jauh di wisata Raja Ampat dan surganya bagi traveller yang suka diving karena memang terumbu karang yang masih asri dan berada paling ujung Papua. Anda dapat menjangkau tempat ini dengan memakan waktu selama 4-5 jam dari Ibu kota waisai dengan menyewa speed boat dengan ongkos sewa sekitar Rp 9 jutaan, Harga yang mahall yang bisa digunakan untuk beberapa orang sejumlah 8 orang anda bisa sampai ke pulau ini. Disekitar pulau wayag ini tidak ada penginapan ataupun resort yang ada hanya di Waisai, dengan alternatif lainnya anda bisa menggunakan tenda kemag ataupun lainnya. Namun untuk dapat memasuki konservasi ini anda harus membayar sebesar Rp.250 ribu dan untuk wisatawan lokal dan untuk wisatawan mancanegara dibandrol dengan harga Rp.500 ribuu yang dapat digunakan selama setahun. Bagi anda yang ingin menginap anda bisa menginap di beberapa penginapan di Waisai, mereka siap melayani beberapa penginapan yang murah.

Pulau Wayag

Pulau Wayag

Gugusan bukit karang Pianemo

Bukit Pianemo merupakan sebuah gugusan bukit karang yang berada di Raja Ampat, sebuah bukit yang berada di dekat pulau Wayag di sebelah barat Pulau Waigeo. Dengan eksostisme alam dan hamparan batu karang yang terlihat hidup karena pantulan terumbu karang yang bisa dilihat dari atas kapal, pemandangan yang sangat menakjubkan yang tidak akan anda jumpai dibelahan dunia manapun, Pemandangan yang menakjubkan ini merupakan gugusan karang bukit Pianemo yang berlokasi kurang lebih sekitar 3 jam dari Pelabuhan (port Of Waisai) sebagai ibukota Raja Ampat.

Painemo

Painemo

Keindahan Pulau Misool

Misool merupakan salah satu pulau yang berada di Raja Ampat yang sangat cantik, Untuk menuju pulau ini anda bisa menggunakan sebuah perjalanan laut yang tiap hari selalu ada dari kota Sorong, dengan perjalanan menggunakan beberapa kapal selama 5 jam dengan harga tiket mulai dari 70 ribu sampai dengan 200 ribuan. Bagi yang mahasiswa bisa menggunakan kartu pelajar tanpa harus membayar penuh 150 ribu meskipun jarak tempuhnya lebih lama dari kapal biasa namun anda bisa membayar seharga 70 ribu dengan kapal tersebut anda bisa memilih kapal sesuai dengan keinginan anda untuk mencapai Pulau Misool Raja Ampat

Misool

Fenomena Hantu Laut Urbinasopen, Waigeo Timur Raja Ampat Papua Barat

Hantu Laut Raja Ampat Urbinasopen ini terjadi setiap tahun tanggal 31 Desember atau setiap akhir tahun, Fenomena Aneh ini dianggap mitos oleh penduduk yang tinggal dibagian Pulau Waigeo Timur. Cahaya yang mengitari dan terlihat indah hanya terjadi beberapa waktu saja pada malam tersebut. Penasaran dengan Fenomena Hantu Laut Raja Ampat anda bisa kunjungi Urbinasopen sebagai salah satu kampung yang mayoritas penduduknya beragama Kristen untuk melihat fenomena ini setiap tahunnya di akhir tahun setelah anda keliling di beberapa tempat wisata Raja Ampat

Fenomena Hantu Laut Raja Ampat

Fenomena Hantu Laut Raja Ampat

Pictures gallery of Inilah Seputar Tempat Wisata Raja Ampat Papua Barat

  • Fenomena Hantu Laut Raja Ampat
  • Pulau Wayag
  • Painemo
  • Resort Misool
  • Misool
Inilah Seputar Tempat Wisata Raja Ampat Papua Barat | admin | 4.5
Leave a Reply