2 Pesona Candi Prambanan, Wisata Melegenda

Candi Prambanansudah sejak lama menjadi destinasi wisata melegenda di pulau Jawa, pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Unesco juga telah memasukkan candi Prambanan sebagai salah satu situs bersejarah dunia yang wajib dilindungi keberadaannya dan dilestarikan.

Letak Destinasi Wisata Candi Prambanan

wisata candi prambana
photo by: n @tryagustinee

Candi Prambanan yang sudah sejak lama menjadi destinasi wisata sejarah ini memiliki lokasi yang unik, yakni area candinya berada di wilayah propinsi DIY, atau Daerah Istimewa Yogyakarta, namun pintu masuknya berada di wilayah Klaten, propinsi Jawa Tengah. Lokasi tepatnya adalah di lingkungan Taman Wisata Prambanan, sekitar delapan belas kilometer arah timur Yogyakarta, yakni beralamat di desa Prambanan, kecamatan Bokoharjo, kabupaten Sleman, dengan pintu masuknya di desa Tlogo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Tempatnya berada di ketinggian seratus lima puluh lima dari atas permukaan laut.

Asal Muasal Tempat Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Destinasi wisata sejarah candi Prambanan menurut asal katanya ada dua versi, yakni dari kata ramban atau mengumpulkan dedaunan, hal ini cukup masuk akal, mengingat lokasi candi Prambanan dahulunya adalah hutan yang rimbun dan pasti banyak pepohonan dan daun-daunnya, namun ada juga versi lain, yang mengatakan bahwa asal kata Prambanan tersebut adalah dari kata Brahmanan atau Brahmagrya yang maknanya adalah tempat bersemayamnya para brahman atau tempat semayamnya para dewa. Candi Prambanan ini merupakan candi Hindu yang terbesar, sebagaimana kita ketahui bahwa terdapat tiga dewa Hindu utama di ajaran agama Hindu yakni Dewa Siwa, Dewa Khrisna atau Wisnu dan Dewa Brahma. Candi Prambanan di bangun pada sekitar abad ke 9. Kisah berdirinya candi Prambanan juga tak dapat dilepaskan dari kisah legenda Legenda Roro Jonggrang. Terdapat pementasan sendratari Ramayana dan kisah Roro Jongrang di Prambanan tersebut pada malam hari. Roro Jongrang sendiri adalah putri cantik dari Raja Boko, yang mensyaratkan pembangunan Seribu candi dalam semalam, bagi pembunuh ayahnya yang kemudian tertarik dan berniat untuk meminangnya setelah bertemu dengannya. Pembangunan seribu candi yang dibantu dengan sepasukan jin tersebut hampir berhasil, sehingga Roro Jongrang kemudian berusaha untuk menggagalkannya dengan membangunkan ayam-ayam supaya berkokok lebih awal, yakni ketika masih malam sebelum pagi menjelang, sehingga sekumpulan pasukan jin tersebut ketakutan dan berlarian tunggang langgang bubar dan melarikan diri, karena mengira fajar pagi sudah tiba, meninggalkan seluruh proses pengerjaan candi, dengan demikian maka gagallah upaya Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi. Namun kemudian Bandung Bondowoso mengetahui kecurangan Roro Jongrang dan akhirnya Bandung Bondowoso yang marah kemudian menjadikan Roro Jongrang sebagai patung menjadi pelengkap candi yang keseribu. Demikianlah kisah legendanya Candi Prambanan. Sedangkan kisah Ramayana adalah kisah tentang Rama dan Shinta dalam menghadapi kejahatan Rahwana.


Demikian pembahasan kita kali ini tentang wisata yang telah melegenda, yakni Candi Prambanan dengan segala pesonanya.

Tags: