Daftar Objek Tempat Wisata Terindah di Karanganyar Jawa Tengah

Sunday, May 22nd, 2016 - Alam, Tempat Wisata

Seputarwisata.com – Provinsi jawa tengah memiliki beberapa kabupaten yang memiliki potensi keindahan alam yang menonjol terutama dibagian selatan pulau jawa yang memiliki berbagai pantai dengan sebutan nama masing-masing pantai. Karanganyar memiliki banyak tempat wisata, karena daerahnya sebagian besar terdapat di lereng gunung merapi sehingga kondisi alamnya banyak ditumbuh oleh tanaman hias, salah satu yang pernah kita dengar kepopulerannya saat itu adalah pada jenis tanaman hias yang bernama gelombang cinta, jemani, anthurium dan masih banyak lagi, meskipun tanaman hias di karanganyar sudah tidak sepopuler dahulu namun komoditi tanaman hias, sayur dan buah telah menjadi salah satu oleh-oleh wisatawan disaat telah berkunjung ke kota karanganyar. Terutama bagi wisatawan lokal yang berwisata ke Gorogan Sewu dan beberapa tempat lain di Karanganyar

Karanganyar merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah dengan lokasi yang tidak jauh dengan Kota Surakarta atau kerap dikenal dengan sebutan kota Solo. Kabupaten karanganyar dapat dijangkau dari kota Solo sekitar 14 km ke arah timur. Sehingga kabupaten karanganyar belum dapat dilepaskan dari kota solo sebagai salah satu obyek wisata ketika orang menjual paket wisata kota solo.

Bagi wisatawan yang belum mengenal secara mendalam bisa menyimak, beberapa objek tempat wisata di karanganyar solo jawa tengah yang perlu anda pelajari sebagai berikut:

1. Grojogan Sewu

Grojogan SewuTempat wisata grojogan sewu atau biasa dikenal dengan istilah curug jika orang sunda bilang, salah satu tempatwisata unggulan karanganyar yang satu ini terletak di bawah kaki lereng Gunung Lawu yang berlokasi di kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Tidak luput dari kebanyakan curug, gorjogan sewu hampir sama dengan yang lainnya, anda dapat berada ditempat tersebut dengan cara menuruni anak-anak tangga yang berjumlah 1.250 buah, memang tidak cocok dikunjungi bagi kaum manula atau tua dan sudah lanjut usia. Keadaan dan kondisi alam yang masih kental dengan cagar budaya, terutama tanaman, hutan lebat, semak belukar, tanaman hias dan beberapa satwa kera yang masih hidup secara liar. Tidak hanya di hutan dan tempat-tempat wisata lain yang masih banyak kera, namun di grojogan sewu juga masih banyak kera liar yang suka menyerobot atau mengambil tas dari wisatawan sehingga anda perlu hati-hati dan menjaga barang bawaan anda ketika menuju tempat titik grojogan sewu ini ketika harus menempuh perjalanan dengan menuruni dan menaiiki anak tangga tersebut. Kelelahan anda akan mulai sirna ketika anda melihat suasana keindahan pancaran air yang mengalir dari atas gunung ke bawah jurang seakan perjalanan anda tidak sia-sia ketika berada di bawah jurang gorjogan sewu.
2. Taman Ria Balekambang

Taman BalekambangTidak hanya curug yang dapat membuat hati kita senang bahkan terkesima dengan keindahan alamnya, namun anda juga dapat menikmati sebuah taman yang berada di lokasi parkir urug sewu tersebut. Taman yang indah dengan dihiasi tanaman hias, macam-macam bunga dan aneka ragam tumbuhan tersebut diberinama Taman Ria Balekambang, disamping itu anda dapat menikmati suasana dingin dan sejuk di daerah kawasan lereng Gunung Lawu. Tidak hanya tempat wisatanyanya saja, namun juga dilengkapi berbagai maam fasilitas yang menarik untuk menginap di daerah tersebut seperti hotel dan villa yang dapat anda tinggali bersama keluarga dan teman anda. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas Kolam renang, Sanggar Lukis, dan Lapangan tenis. Kawasan tinggi di lereng Gunung merapi ini nampaknya tidak kalah jauh dengan yang ada di punak bogor, karena setiap akhir pekan pengunjung wisatawan lokal banyak mengunjungi tempat wisata untuk refreshing.
3. Astana Giribangun

Astana GiribangunAda yang pernah mengunjungi Astana Giribangun? pasti dari pembaa ada yang suka ziarah ke makam-makam. Perlu anda ketahui bahwa Astana Giribangun adalah tempat penginapan terakhir bagi Presiden Republik Indonesia kedua yaitu Soeharto. Tak banyak orang yang mengetahui tempat makam-makam, karena memang masyarakat sekarang banyak yang acuh tak acuh dengan semua itu. Astana Giribangun dibangun di sebuah perbukitan yang terletak di Karanganyar tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Makam pemakaman keluarga ini sudah lama dibangun,  sebelum bapak Soehato meninggal, istri beliau yang bernama Ibu Tin Soeharto sudah lebih dulu dimakamkan di Astana Giribangun beserta keluarganya. Hampir beberapa dekade ini banyak dari masyarakat yang sekedar untuk melihat dan berziarah ke Makam presiden kedua republik Indonesia.

4. Candi Cetho

Candi CethoTidak kalah dengan tempat wisata daerah lainnya, karanganyar juga terdapat beberapa candi salah satunya adalah candi cetho yang berlokasi Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi Kabupaten Karanganyar. Candi cetho adalah sebuah candi yang merupakan bangunan untuk agama Hindhu peninggalan ketika masa kerajaan Majapahit. Candi cetho memiliki sebuah keunggulan dan keunikan tersendiri bagi candi lainnya, pada candi cetho terdapat sebuah patung yang berupa kala cakra atau merupakan sebuah alat kelamin laki-laki yang mana juga terdapat teras-teras yang unik pada bangunannya.  Pada kompleks atau wialayah dari daerah candi tersebut terdapat petilaan Ki Ageng Krinciwesi yang menjadi ikon dari leluhur Dusun Cetho.

5. Candi Sukuh

Candi SukuhTidak Hanya Candi Cetho yang menjadi ikon candi di Karanganyar. Namun ada sebuah candi yang tak kalah unik dengan candi cetho yaitu Candi Sukuh yang berlokasi di daerah Berjo, kecamatan Ngargoyoso.  Literatur bangunan yang ada di candi cetho berbeda dengan candi-candi pada umumnya di Indonesia. struktur candi ini lebih mirip dengan candi yang berada pada suku maya dan suku Inca yang ada di Luar Negeri, Penasaran dengan literatur candinya, anda boleh datang dan berkunjung ke candi tersebut. Karena memang banyak patung-patungnya yang  memiliki aroma erotis dan menunjukkan artian sebuah kesuburan.
6. Perkebunan Teh Kemuning

Perkebunan Teh KemuningTidak kalah dengan wisata perkebunan teh Jamus yang berada di Ngawi Jawa Timur, dn tak perlu susah-susah untuk pergi ke puncak bogor atau daerah wonosobo. di Kabupaten karanganyar sendiri juga memiliki sebuah perkebunan teh yang tidak kalah dibandingkan dengan puncak Bogor sebagai tempat wisata bogor. DI kebun teh tersebut anda dapat menikmati kondisi dan panorama alam yang hijau dan udara yang sejuk. tempat wisata kebun teh di Karanganyar ini diberi nama dengan Perkebunan Teh Kemuning yang banyak dijadikan sebagai tempat-tempat untuk menyalurkan hobi seperti Aero Sport paralayang yang berada di sebuah Bukit paralayang berada di Venues Bukit Paralayang Ds. Segoro Gunung Kemuning Karanganyar.  Untuk menuju ke Tempat lokasi  di lereng gunung Lawu ini menggunakan jalur yang sama antara beberapa obyek tempat wisata lainnya seperti Candi Cetho, Sukuh dan Air terjun Jumog sehingga anda tidak harus berputar jalur ketempat lain untuk menempuh perjalanan seperti pepatah mengatakan sekali mendayung tiga pulau terlampaui
7. Air Terjun Jumog

Air Terjun JumogKetika kita sudah sampai di Candi dan perkebunan teh, jangan lupa juga mengunjungi air terjun Jumog yang juga berlokasi searah dengan candi dan perkebunan teh. Meskipun obyek tempat wisata ini masih baru, namun dengan suasana lereng gunung lawu yang sejuk. Air terjun Jumog belum cukup terkenal seperti air terjun Sewu karena memang belum populer dan memiliki keunggulan tidak terlalu banyak menuruni anak tangga dibandingkan dengan Tempat wisata Grojogan Sewu. Jika di Gorjoga Sewu memiliki air terjun yang lebih besar dibandingkan dengan di Air terjun Jumog sedang di Jumog memiliki tektru yang sedikit lebih kecil namun untuk akses menuju ke obyek tempat wisata cukup mudah tanpa harus menuruni ribuan anak tangga untuk menuju ke Air terjun Jumog.
8. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata SondokoroTidak hanya panorama alam yang menarik namun tidak jauh dari pusat kota Karanganyar juga terdapat sebuah Agrowisata yang telah dibuka di kawasan pabrik Gula Tasik Madu yang merupakan sebuah pabrik Gula dari peninggalan Zaman Belanda. Fasilitas yang ada di agro wisata  ini antara lain adalah sebuah kereta tua yang antik dan unik pada zaman belanda yang sekarang digunakan untuk menglilingi kawasan wisata Sondokoro, selain itu juga tersedia permainan anak zaman sekarang seperti arena bermain, flying  fox dan waterboom sehingga anda bersama keluarga dapat menemukan pengalaman baru ketika berada di lokasi objek wisata Sondokoro.

9. Wisata “Tubing” Goasari Ngargoyoso

Anda kerap kali mengajak teman untuk rafting, namun yang ada di karanganyar berbeda dengan di tempat lainnya dengan menggunakan peralatan yang memadai dan secara beramai-ramai menyusuri sungai dari atas ketinggian puncak untuk menuju ke bawah, jikalau di karanganyar ini dikenal dengan River Tubing sebuah aktivitas menyusuri sungai menggunakan peralatan ban dan juga menggunakan standard seperti rafting dengan menggunakan helm dan pelampung. Aktivitas river tubing ini sangat menyenangkan yang tak beda jauh dengan rafting apalagi dilakukan secara rombongan bersama keluarga, teman kampus, teman kantor. Karena di sepanjang rute sungai pada area banyu bening ini sangat jernih dan juga disertai dengan bebatuan khas pegunungan yang mengangumkan. Anda dapat menuju lokasi ini dengan search di google atau dengan langsung mencari tahu di Desa Punthukrejo Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar
10. Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort dan Sekipan

Tidak jauh dari lokasi obyek wisata grojogan sewu juga terdapat di kawasan tawang mangu Bumi Perkemahan atau Buper yang sangat cocok untuk kegiatan Pramuka, Makrab dan lain-lain. Biasanya digunakan untuk acara kampus dan sekolah untuk menyatukan keharmoniasan antara teman. Letak Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Tidak hanya untuk camping bersama keluarga untuk datang menimati panorama alam yang berupa jajaran pohon pinus namun anda dapat ramai mengunjunginya bersama teman kampus untuk perkemahan bersama.

11. Puncak Gunung Lawu.

Puncak LawuSalah satu Tempat wisata yang menarik dan sudah populer dikalangan pecinta alam adalah  Puncak Gunung Lawu atau di Cemoro Sewu. Terutama Bagi Mahasiswa pecinta Alam( Mapala) sering menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi pendakian.  Salah atu jalur pendakiannya ini terletak  di perbatasan antara Kabupaten Magetan jawa Timur dan Kabupaten karanganyar Jawa Tengah.  Perlu diingat baik-baik dalam pendakian harus didampingi orang yang sudah berpengalaman karena sudah banyak yang ditemukan orang yang tidak didampingi oleh tim pendamping profesioonal dapat hilang tanpa jejak, hal tersebut tidak boleh untuk diremehkan. Anda perlu mempersiapkan matang-matang baik dari kondisi fisik maupun kondisi bekal makanan. Sebelum memulai pendakian anda dapat menikmati secangkir kopi di Pos pertama yang dimulai dari Cemoro Sewu dan berakhir di cemoro Kandang. Biasanya pendakian ini dimulai pada malam hari sehingga sampai puncak nya biasa sampai ditempat puncak lawu hargo dumilah pada Keesokan Harinya pas matahari terbit atau Sun rise sehingga anda dapat menikmati keindahan alam ketika pagi hari. Sebelum mencapai puncak Gunung Lawu ini juga ada sebuah warung kecil untuk menjajakan makanan untuk para pendaki sehingga sebelum beristirahat sampai puncak sudah terisi perutnya. Namun yang tidak dapat dibayangkan bagimana mungkin seorang penjual makanan diatas puncak sebelum sampai hargo dumilah sudah ada warung jajang yang letaknya beberapa meter dari ketinggian laut dengan perjalanan hampir sampai menuju ke puncaknya Gunung Lawu.

Masih ada beberapa tempat yang tidak kalah dengan yang ada diatas namun belum banyak mengetahuinya  populer seperti beberapa tempat wisata dibawah ini:

12. Pemandian Air Hangat Cumpleng terletak di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu
Monumen Joko Songo, merupakan Makam Pahlawan dari para Tentara Pelajar (TP) yang tergabung di Pasukan Ala-alap yang gugur melawan penjajah Belanda

13. Monumen Tanah Kritis, berupa wisata pendidikan untuk mengenang keberadaan tanah kritis yang terletak di Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar.

14. Waduk Lalung, dibangun untuk keperluan pengairan, perikanan serta pertanian namun belum serius dikembangkan untuk Pariwisata.

15. Situs Watu Kandang, merupakan situs peninggalan zaman pra sejarah yang terletak di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

16. Astana Mengadeg, terletak di Desa Karang Bangun Kecamatan Matesih merupakan komplek makam raja-raja dari Istana Mangkunegaran, Surakarta.

17. Goa Tlorong terletak di Desa Lempong Kecamatan Jenawi, merupakan goa alami yang memiliki ukuran mulut goa dua meter kali 1,5 meter.

18. Air Terjun Pringgodani terletak di Kelurahan Blumbang empat kilometer dari terminal bus Tawangmangu, Karanganyar.

19. Monumen RRI tersembunyi di Desa Balong Jenawi

20. Pura Peninggalan Leluhur Bali di Karanganyar yang awalnya berupa petilasan yang semula berwujud makam Ki Ageng Pasek (Pemacekan), Beliau adalah leluhur Bali yang dimakamkan di Desa Pasekan Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Mungkin masih ada beberapa tempat wisata di karangayar solo jawa tengah yang belum diketahui dan banyak di Kunjungi oleh masyarakat setempat, terlebih pemerintah juga belum mendanai dan mengembangkan objek wisata di tempat-tempat yang indah. Semoga dengan refrensi panduan daftar tempat wisata karanganyar diatas anda dapat menilik lebih jauh tujuan anda sebelum dilakukannya perjalanan. Anda dapat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk dapat menjelajahi semua tempat wisata di Karanganyar.

Pictures gallery of Daftar Objek Tempat Wisata Terindah di Karanganyar Jawa Tengah

  • Taman Balekambang
  • Puncak Lawu
  • Perkebunan Teh Kemuning
  • Grojogan Sewu
  • Candi Sukuh
  • Candi Cetho
  • Astana Giribangun
  • Air Terjun Jumog
  • Agrowisata Sondokoro
Daftar Objek Tempat Wisata Terindah di Karanganyar Jawa Tengah | admin | 4.5
Leave a Reply