Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Bingkaiberita.com– Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan salah satu museum yang memiliki nilai sejarah dan cerita yang panjang dalam perjalanan yogyakarta dalam melawan penjajah belanda,

Sejarah Singkat Museum Benteng Vredeburg

Sejarah singkat Benteng Vredeburg

Museum ini dibangun atas usulan dan permintaan langsung oleh Belanda. Benteng tersebut memiliki tujuan untuk melindungi dan menjaga keraton dan sekitarnya. Awalnya benteng tersebut hanya dibuat dari kayu dan phon kelapa untuk penyangganya dan atapnya menggunakan ilalang.

Pada tanhun 1767 museum benteng vredeburg dibangun menggunakan beton sehingga lebih permanen yang dipimpin oleh WH. Van Ossenberg sebagai gubernur saat itu dan baru selesi pada tahun 1787 dan diberi nama Rustenberg yang berarti benteng peristirahatan, Dan terjadilah gempa yang dahsyat sehingga harus dibangun kembali karena rusak pada tahun 1867. Bangunan benteng tersebut diubah kembali namanya menjadi benteng Vredeburg yang berarti benteng perdamaian.

Jam Buka Benteng Vredeburg

Jam Buka Benteng Vredeburg

Sebelum mengunjungi benteng ini, akan lebih baik anda mengetahui jam buka benteng vredeburg melalu informasi yang akurat sehingga ketika anda datang ke Benteng, tidak kecewa karena benteng sudah tutup.

HariJam Buka
1. Senin Libur
2. Selasa s/d Sabtu07.30 s/d 16.00

Tiket Masuk Benteng Vredeburg


Harga Tiket Masuk Benteng Vredeburg

Sekalian anda tau untuk masuk ke museum benteng vredeburg hanya berharga sangat murah, anda cukup membayar uang 3 ribuan saja untuk satu orang dewasa, dan akan mendapatkan harga diskon 50% jika membawa orang sebanyak 20. Nah selengkapnya anda bisa lihat daftar harganya dibawah ini:

KategoriHarga Tiket Masuk
anak-anak per orangRp. 2000,-
dewasa per orangRp. 3.000,-

Diorama Benteng Vredeburg

Ruang diorama ini merupakan koleksi dari benteng Vrederburg yang menyajikan beberapa benda ataupun material bersejarah berbentuk tiruan ataupun benda asli dari peristiwa sejarah. Adapua beberapa replika, miniatur, foto dan beberapa patung kecil yang ada di miniatur yang menggambarkan peristiwa sejarah pada masa lampau.

Ada 4 Diorama yang divisualisasikan pada ruangan di Benteng Vredeburg sesuai dengan peristiwa sejarah yang terjadi.

Diorama Benteng Vredeburg

Pertama adalah ruang diorama yang menunjukkan sebuah pristwa pada masa lampau ketika Indonesia di Jajah oleh Belanda pada masa Perang DIponegoro sampai jepang berhasil menjajah Yogyakarta melalui jalan solo ke tugu jogja.

Kedua, adalah ruang diorama yang menggambarkan beberapa perjanjian dan penjajahan, dan awal kemerdekaan Indonesia

Ketiga, adalah ruang diorama yang menggambarkan peristiwa sejarah pada masa lalui ketika Republik Indonesia Merdeka sampai dengan pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia Serikat

Keempat adalah ruang diorama yang menunjukan awal pertama indonesia mengadakan pemilu pertama kali sampai dengan masa order Baru.

Gambar Benteng Vredeburg

Gambar Benteng Vredeburg

Nah, ditempat ini anda bisa melihat berbagai peninggalan sejarah yang sudah usang, mulai dari pakaian goni, pakaian wisuda dr. sardjito, pakaian masa lampu dan beberapa peninggalan lainnya yang dapat anda jadikan sebagai objek foto dan gambar benteng Vrederbug.

Keunikan Benteng Vredeburg

Pesona Benteng Vredeburg

Nah, apa keunikan benteng Vredreburg ini? Anda bisa melihat Titik nol kilometer dan bangunan belanda lainnya diatas benteng. Karena hanya bisa masuk di pagi sampai sore sehingga kami tidak bisa melihat keindahan titik nol kilometer ketika malam. DI Benteng ini juga memiliki banyak keunikan lagi, apalagi ketika masuk di ruang diorama 3, disitu terdapat suasana misteri yang menyeramkan. Ada beberapa buah patung mengenakan pakaian tentara dengan membawa senjata yang dibuat seolah para tentara tersebut hidup dan melihat kita. Anda akan meresakana jantung berdebar kalau masuk sendiri di dalamanya.

Misteri Benteng Vredeburg

Misteri Benteng Vredeburg

Banyak kisah misteri yang terjadi di benteng ini, menurut pengakuan dari seorang warga pakualaman yang menjaga benteng ini, pada dini hari tiba ia seolah mendengar derap langkah kaki tentara dengan menggunakan bahasa belanda secara baris-berbaris. Ada tukang becak jogja yang juga mengalami hal serupa, ada seorang wanita cantik berparas belanda sedang mau naik becak di malam hari, ketika itu si supir becak melihat wanita itu ketika menyibakkan gaunnya terlihat kaki kuda.

Alamat: MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA

Jalan Jenderal A. Yani (Margo Mulyo) No. 6 Yogyakarta, Kontak: Telp. 0274 – 586 93 website http://www.vredeburg.web.id

Peta Lokasi Museum Benteng Vrederburg

Tags: