Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Menikmati Suasana Jogja Malam Hari di Angkringan Kalicode

1 min read

Kali Code
Total
20
Shares

Suasana liburan malam di tengah kota jogja belum sempurna jika belum menikmati suasan malam di pinggir kawasan kali code. Berderet lesehan dipinggiran jalan yang menyediakan aneka menu angkringan dan kopi dari sore hingga malam hari.

Kali Code
photo pribadi seputarwisata

Menikmati suasana malam dipinggir kali code dengan harga yang relatif murah dan tempan makan lesehan sangat cocok bagi keluarga yang membawa anak kecil karena tempatnya lesehan. tempat ini lebih nyaman dibandingkan dengan tempat lain yang hanya menyediakan kursi dewasa dan tidak menyediakan kursi bayi.

Berderet motor parkir di depan lesehan tersebut, menandakan banyak kawula muda yang senang nongkrong dipinggiran jalan sambil ngobrol, bersenda gurau dan aktivitas lainnya di Sepanjang Jalan Ahmad Jazuli. Nah, penasaran dengan Kali codhe! Mari kita paparkan pada artikel berikut ini:

DAFTAR ISI

Apa itu Kali code?

Angkringan Kalicode Jogja
topik photographer seputarwisata

Sungai code atau sering disebut dengan kali codhe yang berada di sungai boyong pada muara di kaki gunung merapi ini merupakan salah satu sungai yang digunakan untuk mengairi persawahan di dua kabupaten besar di Yogyakarta, Sungai ini memiliki Historis yang cukup mendalam bagi berdirinya keraton NGayogyakarta. Pada saat Hujan turun endapan lava di kubah Gunung merapi menjjadi lahar dingin yang turun di sepanjang kali Boyong sampai dengan kali Codhe, sehingga di pinggiran bantaran sungai ini sering terjadi terjangan banjir terkena rumah sebelum akhirnya dilakukan pengerukan sungai dengan ekskavator

Mitos Kali Code

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa sejak dahulu di bantaran Kali Code banyak yang mendengar suara bunyi gemrincing dan derap kaki kuda di sepanjang aliran sungai tersebut. Mereka menyebutnya dengan sebuah istilah Lampor yaitu istilah tentara ratu kidul sedang melewati kawasan tersebut untuk mengunjungi Gunung Merapi. Meskipun zaman sudah modern, masih ada yang percaya dengan mitos lampor tersebut.

Kali Code Tempo Dulu

Kali code dulunya sebagai tempat yang tidak bersih karena banyaknya sampah rumah tangga dibantaran sungai tersebut, Saat itu ada seseorang yang penuh kepedulian untuk mengajak masyarakat di pinggiran kali code untuk membangun dan membuang sampah ditempatnya dan akhirnya Kali code kembali bersih dan menjadi alternatif tempat wisata di Jogja karena banyaknya turis lokal dan mancanegara mengunjungi Kali code.

Perkampungan Kali code sendiri menjadi seperti saat ini karena seorang tokoh yang bernama Romo Mangun dengan beragam karyanya buku Wastu CItra sebagai salah satu peganganga bagi para arsitek di Indonesia.

Komunitas Kalicode

DI kampung Kali code sendiri banyak terdapat komunitas untuk menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya adalah komunitas Cemara yang berada di kawasan RT 18 Belakang Masjid Syuhada dan beberapa RT di Kampung Jogoyudan. Komunitas Cemara sendiri ingin mendorong masyarakat setempat untuk berkontribusi dengan apapun yang dimiliki dari mulai SD sampai dengan SMP dengan menggali nilai positif yang dimilikinya melalui pendampingan dan worksop.

Ada juga pemerti code komunitas yang bertujuan untuk melahirkan gerakan sungai bersih sehingga dapat terwujud sebagai kawasan aset pariwisata dan beberapa limbah yang berasal dari rumah tangga dapat dikelola untuk menjadi pupuk kompos sehingga dapat menimalisir sampah limbah disungai. Program yang masih berjalan saat ini adalah seperti sekolah sungai yang tidak diajarkan dalam kelas melainkan juuga praktik langsung di lapangan.

Itulah beberapa hal ulasan terkait dengan sungai yang membelah Jogja dari Gunung Merapi Hingga Pantai Selatan. Dari Muara Sungai Boyong hingga Tengah diberi nama Code sampai dengan pantai selatan Jogja yang menjadi bukti sejarah keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share