Saloka park Semarang

Destinasi Wisata Alam di Semarang Cocok Untuk Berlibur Long Weekend

Total
0
Shares
Rate this post

Seputarwisata.com – Sebentar lagi ujian kenaikan kelas untuk akhir tahun akan diselenggarakan, pastinya adik-adik semua saat ini ingin segera melakukan libur panjang. Khususnya bagi yang saat ini berdomisili di daerah Semarang bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata alam yang berupa wisata gunung, dataran tinggi, danau, air terjun hingga pantai yang tersebar di seluruh wilayah Semarang Jawa Tengah Baik yang ada di Kota Maupun di Kabupaten.

Wisata Alam Semarang

Adapun destinasi yang seputarwisata.com rekomendasikan kepada adik-adik yang akan berlibur panjang setalah ujian kenaikan kelas bisa anda baca dibawah ini

Kampoeng Kopi Banaran

 

Wisatawan bisa menikmati panorama alam di Kampoeng Kopi banarang yang memang sudah disediakan berbagai wisata yang terintegrasi dengan alam. Adapun yang bisa dilakukan adalah dengan aktivitas outodoor, lunch hingga camping

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kabupaten semarang ini adalah destinasi alam yang cocok dikunjungi karena tempatnya berlokasi diantara tujuh gunung seperti Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran

Kampoeng Kopi Banaran berlokasi di kawasan perkebunan Kopi Kebun Getas yang lokasinya berada tepat dipinggi jalan raya semarang- solo km 35 yang berada di ketinggian 480-600 meter diatas permukaan laut dengan udara yang masih sejuk berada di tengah kota

Beberapa fasilitas yang ada di Kampoeng Kopi Banaran adalah seperti penginapan, restoran, gazebo, kereta wisata, tempat bermain anak, kolam renang, jogging track, camping arena dan masih banyak lagi. Selain itu anda bisa menikmati langsung pemandangan ke rawa pening.

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan salah satu wilaya yang berlokasi di 4 kecamatan di Kabupaten Semarang. Danau ini berada di Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang, dan Kecamatan Banyubiru.

Meskipun berlokasi di 4 kecamatan danau ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa bagusnya karena anda bisa menikmati gunung Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Sehingga bisa dijadikan spot foto yang menarik nan instgramabel karena ada patung naga besar dan jembatan panjangnya

Lokasi yang cukup strategis inilah yang membuat wisatawan datang ke lokasi ini, karena cocok sekali digunakan untuk mengisi liburan panjang apalagi ada spot foto instgramabelnya.

Taman Bunga Celosia Bandungan

Destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Wisata Candi Gedong Songo km 0,5, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Berlokasi tepat berada di Kaki Gunung Ungaran

beberapa jenis tanaman bunga yang instragamebel ada ditempat ini sepeti bunga lavender, krisan dan juga menghadirkan beberapa spot foto yang menarik seperti rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan taman lampion

Cimory On The Valley

Salah satu destinasi yang bisa dijadikan tempat wisata adalah dengan mengenalkan edukasi yang secara khusus bisa dijadikan sebagai destinasi yang cocok untuk libur bersama keluarga.

Adapun salah satu ikon yang ada di Cimory On The Valley adalah beberapa ikon bangunan seluruh dunia yang didukung dengan beberapa wahana edukasi lain seperti memerah susu sapi, memberi pakan ternak dan menunggah kuda. Bagi yang ingin ke destinasi ini bisa mengarahkan google maps ke Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang

Candi Gedong Songo

Candi Gedong songo berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. merupakan salah satu candi yang bercorak hindu yang letaknya berada di ketinggian 1200 mdpl sehinga memiliki panorama alam yang indah apalagi saat matahari berada di ufuk timur.

Saat itulah anda bisa mengabadikan moment yang indah dengan memotret matahari sekaligus melihat gunung-gunung yang terpaku di jawa tengah dan beberapa gugusan awan yang mengitarinya. Disamping itu terdapat pemandangan air panas yang mengandung belerang.

Agrowisata Kopeng Gunungsari

Agrowisata ini berada di Jalan Umbul Songo, Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang. Menyajikan panorama alam yang indah karena berada di daerah ketinggian sehingga bisa menikmati pemandangan indah berupa Gunung Telomoyo, Gunung Sumbing, dan Rawa Pening.

Selain itu pihak pengelola juga memadukannya dengan keindahan taman bunga karena sangat cocok sekali jika di daerah subur seperti kopeng ini menjadi argowisata. Tak jauh dari tempat ini juga berdiri gardu panjang kopeng

Umbul Sidomukti

7 -destinasi-wisata-yang-wajib-dikunjungi-di-kota-semarang
Umbul Sidomukti

Selain di daerah pegunungan dengan agrowisatanya di lereng gunung ungaran terdapat sebuah tempat yang bernama Umbul Mukti

Karena memang umbul ini bersumber langsung dari mata air alami pegunungan yang memang menjadi ikon wisata taman renang yang menghadap ke pengunungan

Bagi yang datang dari luar kota bisa menginap di Sidomukti karena selain memiliki fasilitas penginapan, mereka juga memberikan fasilitas seperti kafe, restourant sampai dengan tempat outbond.

Watu Gunung

Salah satu destinasi lainnya yang cukup bagus untuk dikunjungi karena udara yang sejuk, dengan sungai, danau buatan dan gazebo ini mengusung sebuah konsep wisata alam, pegunungan dan budaya.

Destinasi ini berlokadi di bandungan, Kabupaten Semarang yang tidak jauh dari ibu kota provinsi sehingga pengunjung dapat bersantai dan menjadikan wisata ini sebagai salah satu refrensi ketika berada di semarang.

Eling Bening

Destinasi wisata alam yang tak kalah untuk dikunjungi adalah eling bening yang berupa taman rekreasi yang berupa gunung merbabu, Androng, Telomoyo, Rawa pening dan hamparan sawah Hijau

Eling bening menawarkan berbagai fasilitas yang menarik diantara yang banyak diminati adalah camping ground dan ruang pertemuan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan. Jika anda berminat silahkan anda berkunjung ke Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

 

Gunung Telomoyo

Bagi para pendaki yang senang mendaki gunung, gunung telomoyo bisa menjadi salah satu destinasi favorit untuk pendakiat selain itu anda bisa melihat panorama indah gunung merbabu, andong, sumbing, sindoro, rawapening.

Gunung Telomoyo sendiri dapat dijangkau dengan mudah dengan menggunakan kendaraan dengan ketinggian gunung setinggi 1.894 yang memiliki beberapa spot foto dan wahana, area berkemah, gardu pandang hingga Flying Fox.

Bukit Gombel

Selain gunung ada juga bukit yang menjadi pusat berdirinya menara pemancar televisi, radio hingga telekomunikasi. Berada di areatanah paling tinggi menjadikan bukit gombel menawarkan panorama yang indah.

Saat malam hari tiba, bukit gombel banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat kilauan lampu yang nampak seperti hamparan bintang dilangit.

Bukit gombel sendiri berlokasi di Ngesrep, Banyumanik, Kota Semarang. yang menawarkan berbagai fasilitas yang menarik seperti penginapan, rumah makan hingga tempat parkir.

Pantai Marina

Setelah kita membahas destinasi yang menyuguhkan pemandangan gunung kita berpindah di utara pulau jawa yang Indah. Salah satu pantai yang berada di Semarang yang letaknya tak jauh dari bandara Ahmad yani adalah pantai marina yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari, Kota Semarang.

Salah satu pantai yang menjadi favorit warga semarang ini memiliki keindahan yang berupa hutan bakau di sekitar pantai.

 

Pantai Maron

Pantai Maron Semarang
Pantai Maron Semarang

Selanjutnya salah satu pantai yang berada tidak jauh dari pantai diatas adalah pantai maron yang lokasinya di Tugu Rejo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Menawarkan hutan mangrove di sekitar pantai dengan latar belakang hutan mangrove yang memang terlihat berbagai aktivitas nelayan yang mengolah hasil tambak udang yang digunakan untuk dijadikan trasi dan olahan.

Air Terjun kali Pancur

Selanjutnya adalah wisata air terjun Semarang yang bisa dijadikan destinasi ketika libur panjang sekolah.

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter dengan lokasi di lereng Gunung Telomoyo, tepatnya di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang

Air terjun ini dikenal masyakarat dengan nama air terjun kalipancur karena memang beberapa alamnya yang mendukung seperti suasana yang asri, sejuk dan alami yang digunakan untuk mengambil foto yang instagramabel.

Curug Lawe

Curug Lawe berlokasi di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang

Selain air tejrun diatas untuk menuju curug lawe ini membutuhkan waktu selama 20 menit perjalanan dari alun-alun ungaran.

Anda akan melihat beberapa pepohonan rindang, pekebunan hingga pemandangan yang berupa hamparan sawah saat anda menuju curug lawe. CUrug ini memiliki debit air yang deras dengan ketinggian curug sekitar 30 meter

Namun, untuk menuju curug lawe anda tidak hanya menggunakan kendaraan saja juga harus bersusah payah untuk berjalan kaki dari tempat parkirnya.

Brown Canyon

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Semarang adalah mengunjungi destinasi Brown Canyon yang menawarkan tebing curma yang mirip dengan Grand Canyon Amerika Serikat

Lokasi Grand Canyon ini berada di Rawosari, Tembalang, Kota Semarang.

Grand canyon semarang ini awalnya merupakan salah satu bekas galian tambang yang memiliki pesona tebing yang curam yang memang sudah tidak beroperasi lagi dan diahlifungsikan menjadi destinasi wisata semarang.

 

 

Seputar Wisata

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.