Asyiknya Tempat Wisata Lengkap di Kota Batu – Malang Jawa Timur

Wednesday, October 26th, 2016 - Alam, Belanja, Tempat Wisata

Indonesia memang merupakan salah satu negara yang kaya dengan keindahan pemandangan alamnya. Ada banyak hal yang bisa di eksplor di Indonesia, kekayaan tanaman, landscape, tumbuhan dan juga hewan yang anda di Indonesia bisa menjadi daya tarik yang cukup besar bagi para wisatawan. Hal ini hanya tergantung dari kecakapan pemerintah untuk mengolah keindahan atau potensi alam yang dimiliki oleh sebuah daerah. Salah satu daerah yang pariwisatanya sangat berkembang belakangan ini adalah Kota Malang. Kota yang terletak di Pulau Jawa bagian Timur ini saat ini menjadi salah satu primadona karena tempat wisata alamnya yang sanyak banyak. Kota yang belakangan ini heboh menjadi tujuan pariwisata memang tidak se-metropolitan Surabaya atau Jakarta. Tapi hal inilah yang menjadi daya tarik dari kota ini. Segarnya hawa kota Batu Malang dan juga tempat wisata olahan yang dimilikinya membuat Malang menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi mereka yang ada di pulau Jawa atau bahkan di seluruh Indonesia.

Transportasi ke Kota Malang

Bagi anda yang berasal dari luar kota dan ingin merencanakan wisata ke Kota Malang, anda bisa menggunakan banyak alat tranportasi untuk menuju ke kota apel tersebut. berikut adalah alat tranportasi yang bisa anda gunakan untuk sampai di Kota Malang

  • Menggunakan bus

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencapai Kota Malang adalah dengan menggunakan bus. Transportasi umum untuk mencapai Kota Malang dengan menggunakan bus ini merupakan angkutan yang paling murah untuk mencapai Kota Malang. Wisata dengan angkutan bus ini dilakukan dengan menggunakan jalan raya sehingga biaya operasionalnya tentu saja lebih murah. Sayangnya karena melewati jalan raya, angkutan ini membuat waktu perjalanan dengan menggunakan bus menjadi makin lama. Jika anda berangkat dari Jakarta dengan menggunakan bus ke Malang, kemungkinan besar anda akan menghabiskan waktu hampir 1 hari 1 malam di perjalanan.

  • Menggunakan kereta

Saat ini jenis transportasi kereta sedang banyak mengalami kemajuan. Hal ini bisa dilihat dari perkembangan kualitas pelayanan dan juga kebersihan dan kenyamanan stasiun yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan jasa dari PT. KAI ini. Hal inilah yang menyebabkan transportasi ke Malang dengan menggunakan kereta merupakan salah satu transportasi yang di rekomendasikan untuk para wisatawan. Untuk sampai di Malang, anda bisa menggunakan kereta dengan kelas Ekonomi, Bisnis ataupun Eksekutif untuk menuju ke stasiun Malang.

  • Menggunakan pesawat

Jika angkutan dengan menggunakan kereta kurang cepat untuk anda, anda bisa menggunakan pesawat untuk bisa sampai di Kota Malang, di Malang disediakan Bandara Abdul Rachman Saleh yang berada di daerah Pakis, Kabupaten Malang. Perjalanan dari Jakarta ke Malang dengan menggunakan penerbangan hanya memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam sama saja. Sangat cepat bukan?

Tempat wisata Alam di Malang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di Malang anda bisa melihat keindahan alam yang tidak ada habisnya, terutama Batu. Batu merupakan salah satu area yang segar, asri dan juga hijau dan cocok untuk menyejukkan pikiran. Hawanya yang sejuk dan segar membuat daerah ini menjadi daerah yang paling asyik digunakan untuk bersantai. Keindahan dari area Batu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Daerah Batu – Malang ini sudah dikenal keindahannya sejak zaman penjajahan dan juga zaman raja-raja terdahulu, pada masa raja-raja, Batu juga merupakan tempat yang bisa digunakan sebagai tempat wisata dari para kalangan bangsawan kerajaan, sedangkan pada masa penjajahan daerah Batu juga sangat populer keindahannya. Bahkan mereka para penjajah Belanda sempat menjuluki daerah Batu ini sebagai Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Selain keindahan alam dari Batu Malang ini, Kota Malang masih memiliki banyak tempat wisata malang yang bisa anda kunjungi dan nikmati. Diantaranya adalah :

  • Pulau Sempu

pulau-sempu-malang

Salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati di Malang adalah pulau Sempu. Pulau ini merupakan salah satu pulau eksotik yang bisa anda temukan di Malang. Di tengah pulau ini ada sebuah pantai yang disebut dengan segara Anakan. Pantai ini sering kali digunakan untuk melakukan wisata seperti berkemah. Untuk bisa mencapai pulau Sempu ini jangan lupa untuk mengisi perut anda terlebih ahulu dan juga berlatih untuk melakukan trackking. Hal ini disebabkan karena untuk mencapai pulau ini anda akan membutuhkan banyak tenaga dan juga fisik yang kuat. Meski lelah dalam perjalanan, tapi semua keringat yang anda keluarkan selama di perjalanan akan terbayar lunas dengan keindahan dari Pantai Sempu ini. Keindahan pantai di Malang yang benar-benar eksotik ini menyebabkan banyak orang mengatakan Pantai Sempu memiliki keindahan yang sama mirip dengan keindahan dari Pantai Phuket.

  • Tubing di Wringinanomtubing-di-wringinanom-malang

Salah satu hal yang bisa anda lakukan di Malang adalah menikmati keindahan alam dengan menggunakan aliran sungai yang mengaliri Desa Wringinanom tepatnya di Dusun Besuki. Wisata tubing adalah wisata rafting yang hanya dibantu dengan menggunakan ban udara dan dilakuan dengan menyusuri sungai seperti melakukan rafting. Sungai yang digunakan untuk melakukan tubing di Wiringinanom ini adalah sungai Amprong yang cukup memiliki aliran yang deras dan memiliki banyak batu-batuan disekitar sungainya. Jika anda terus menyusur tanpa berhenti di sungai Amprong ini, mungkin anda akan langsung menuju ke Coban Pelangi yang merupakan air terjun dan hulu dari sungai yang mengalir dari Gunung Semeru.

  • Banyu Anjlokbanyu-anjlok-malang

Jika di Pacitan ada tempat wisata Banyu Tibo, maka di Malang anda bisa menimkati keindahan dari Banyu Anjlok. Banyu Tibo dan juga Banyu Anjlok merupakan 2 tempat wisata yang mirip. Keduanya merupakan sebuah air terjun yang mengalir langsung ke pantai.

Tempat wisata Buatan di Malang

Selain menikmati tempat wisata yang alami dan langsung diberikan oleh alam, di Malang anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang dibuat oleh manusia. Ada cukup banyak jenis tempat wisata buatan yang bisa anda kunjungi di Malang. Apa saja tempat wisata tersebut? Berikut adalah ulasannya.

  • Jatim Parkjatim-park

Salah satu tempat liburan buatan yang bisa anda nikmati di Kota Malang adalah tempat wisata Jatim Park. Jatim park adalah sebuah tempat wisata yang dibuat diatas lahan yang sangat besar dan merupakan tempat wisata yang banyak menarik minat kunjungan dari wisatawan ke Malang. Jatim Park ada 2 jenisnya yaitu Jatim Park 1 dan juga Jatim Park 2. Jatim Park 1 merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki banyak wahana dari permainan sedangkan Jatim Park 2 merupakan taman yang penuh dengan edukasi. Kedua taman memiliki banyak tema, untuk Jatim Park 1 anda bisa menikmati banyak sekali patung yang merupakan ikon dalam pewayangan Jawa. Di dalam taman ini anda bisa menemukan banyak permainan dan juga pembelajaran bagi anak-anak anda.

Jatim Park merupakan sebuah taman wisata yang sangat besar dan sangat mendidik. Hal ini diakui juga oleh pemerintahan dengan dikeluarkannya piala penghargaan pada Jatim Park oleh menteri pariwisata dan juga ekonomi kreatif sebagai juara 1 dari kategori wisata buatan besar di Indonesia.

  • Museum Angkutmuseum-angkut-batu-malang

Selain Jatim Park, Malang juga memiliki museum angkut. Museum Angkut ini merupakan salah satu daya tarik yang sangat kuat dari Kota Malang. Hal ini disebabkan karena ada banyak mobil yang bisa kita lihat disana. Bukan hanya mobil tapi ada banyak juga zona-zona atau area yang di desain khusus dengan tampilan dengan tema mulai dari area yang sifatnya edukatif hingga area-area yang memiliki tema negara dan juga Hollywood.

  • Eco Green Parkeco-green-park

Satu lagi pengembangan yang dimiliki oleh Jatim Park, ia adalah Eco Gren Park. Taman ini merupakan salah satu taman yang berisi kegiatan yang berhubungan dengan hewan seperti memerah susu, berjalan-jalan di zona burung, insekta dan masih banyak yang lainnya.

  • BNS atau Batu Night Spectacularbatu-night-spectacular-malang

Jika anda datang ke Malang, usahakan untuk menginap di Malang selama beberapa hari paling tidak adalah 2 hari 1 malam. Mengapa? Hal ini disebabkan karena ketika malam tiba ada baiknya anda datang ke BNS atau yang disebut juga dengan Batu Night Spectacular. BNS merupakan sebuah taman yang dibuat dari lampu-lampu yang jumlahnya sangat banyak. Di dalam taman ini anda bisa melihat objek-objek yang dibuat dengan outer line lampu sehingga tampilannya akan sangat menawan pada malam hari. Jika anda datang ke Malang dan tidak mengunjungi taman yang satu ini, liburan di Malang anda akan terasa kurang adol. Meski judulnya adalah Batu Night Spectacular, anda bisa mengunjungi BNS mulai dari jam 3 sore.

Di BNS, anda tidak hanya bisa mengunjungi taman yang terbuat dari lampu-lampu yang, tapi ada juga wahana lain yang tidak kalah menariknya. Wahana lain yang dimiliki oleh BNS ini antara lain adalah Sepeda udara, cinema 4 Dimensi, zona anak, dan juga rumah hantu. Wahana tersebut merupakan wahana yang paling menarik dari BNS ini. Untuk bisa masuk ke taman BNS ini anda perlu membayar sebesar 20 hingga 30 ribu rupiah. Jika anda ingin menikmati semua wahana yang dimiliki oleh BNS ini, anda bisa membayar sebanyak 90 ribu rupiah untuk setiap orang.

Tempat wisata Belanja di Malang

Mengunjungi tempat wisata alam sudah, mengunjungi tempat wisata buatan sudah, kini saatnya anda berbelanja oleh-oleh untuk keluarga anda. Ketika anda berada di Malang, alangkah bijaksananya jika anda mengingat orang-orang yang anda sayangi yang sedang menunggu kepulangan anda. Untuk membuat mereka ikut merasakan kesenangan anda ketika berwisata di Malang, anda bisa mencoba mencari oleh-oleh di tempat belanja di Malang berikut ini :

  • Pasar besar

Salah satu pasar yang wajib dikunjungi ketika berada di Malang adalah pasar Besar, pasar Besar merupakan pasar yang memiliki penjual yang sangat lengkap. Mulai dari makanan, pakaian hingga souvenir bisa anda temukan di toko ini. Daya tarik dari pasar ini sebetulnya bukan hanya berasal dari lengkapnya barang dagangan yang ada di pasar tersebut akan tetapi juga disebabkan karena bangunan dari pasar tersebut masih berupa bangunan kuno dari masa penjajahan Belanda, jadi sekalian anda berbelanja souveir oleh-oleh dan juga jajanan di Pasar Besar, anda juga bisa mendapatkan foto-foto menarik dengan latar belakang bangunan tua khas yang ada di Pasar tersebut.

  • @MX

Jika anda menghabiskan waktu yang cukup lama di Malang, anda perlu mengunjungi salah satu Mall yang ada di Malang, mall ini adalah Mall @MX. Disini ada banyak barang yang dijual mulai dari pakaian hingga makanan lokal dan juga barang elektronik. Di Mall ini anda bisa menemukan banyak pakaian yang modern dan juga mengikuti tren yang sedang berkembang. Makanan yang dijual di Mall ini juga beragam, dari makanan tradisional hingga makanan luar negri semuanya bisa anda nikmati di mall ini.

  • Sentra Keramik Dinoyo

Salah satu kegiatan ekonomi yang ada di Malang adalah dengan pembuatan keramik. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan dari kerajinan keramik yang dihasilkan oleh pengrajin kramik di Malang, anda bisa memburunya di Sentra Keramik Dinoyo. Toko Sentra Keramik Dinoyo ini merupakan salah satu toko keramik yang menjual berbagai produk hasil kerajinan dalam bentuk kramik. Mulai dari pot, vas, asbak hingga cindera mata yang khas dari Malang. Bagi anda yang ingin melihat proses pembuatannya, anda juga bisa menikmatinya di tempat pembelanjaan ini.

  • Pasar Selecta

Jika menyebutkan mengenai Selecta, anda pasti akan langsung teringat dengan aroma segar dari hawa sejuk yang dimilikinya bukan? Di Selecta anda bisa menikmati keindahan alam yang menarik serta buah-buahan segar yang menggoda untuk segera dikonsumsi. Jika anda tidak sabar untuk menikmatinya, anda bisa langsung datang ke Pasar Selecta. Pasar Selecta merupakan pasar yang menyuguhkan buah-buahan hasil produk dari kebun Selecta. Ada banyak buah yang bisa anda nikmati di pasar ini terutama buah-buah khas dataran tinggi seperti strawberry dan juga apel Malang.

Alat angkutan di Kota Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota yang cocok untuk liburan bagi anda dan juga keluarga anda. Hal ini disebabkan karena di Malang anda bisa mendapatkan banyak tempat wisata yang berbagai macam jenisnya. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata pengetahuan dan masih banyak lagi jenis tempat wisata yang bisa anda nikmati di Malang. Banyaknya destinasi wisata yang dimiliki oleh Malang ini membuat anda harus berpindah-pindah tempat karena lokasinya yang berbeda-beda. Untuk menunjang wisata yang akan anda lakukan di Malang, pemerintah Malang memberikan jenis-jenis alat angkutan yang bisa digunakan dengan mudah untuk berkeliling di Malang.

Bagi anda yang datang ke Malang dengan cara backpacker, alat angkutan yang paling cocok untuk anda gunakan adalah alat angkutan kota atau angkot dan juga alat angkutan desa atau angkudes. Jika anda pernah ke Bandung sebelumnya anda bisa melihat bagaimana trayek-trayek angkutan yang ada di sana. Cara kerja angkutan kota di Malang hampir mirip dengan angkutan kota yang ada di Bandung, semuanya tertata dengan baik sehingga mudah untuk digunakan dan dipahami. Untuk bisa sampai ke tempat tujuan wisata, mungkin anda perlu berganti beberapa jenis angkot tapi hal ini tidak akan menyusahkan bagi wisatawan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan angkot dan angkudes sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan backpacker, hal ini disebabkan karena tarif yang dikenakan pada penggunanya tidak mahal, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2.500 sekali menggunakan angkot.

Jika anda ingin menggunakan angkot untuk berkeliling Malang, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan transportasi bus untuk mencapai Malang, hal ini disebabkan karena alat angkutan kota di Kota Malang ini sebagian besar mulai beroperasi dari terminal Arjosari yang merupakan terminal induk di Kota Malang.

 

Pictures gallery of Asyiknya Tempat Wisata Lengkap di Kota Batu – Malang Jawa Timur

  • tubing-di-wringinanom-malang
  • pulau-sempu-malang
  • museum-angkut-batu-malang
  • jatim-park
  • eco-green-park
  • batu-night-spectacular-malang
  • banyu-anjlok-malang
Asyiknya Tempat Wisata Lengkap di Kota Batu – Malang Jawa Timur | admin | 4.5
Leave a Reply