Resmi Candi Prambanan dan Borobudur Jadi Tempat Ibadah Dunia

Total
0
Shares

Seputarwisata.com – Candi yang ada di Yogyakarta dan Magelang resmi menjadi tempat ibadah umat Hindu dan Budha dari Seluruh Dunia. Candi yang dimaksud adalah Candi Pawon, Candi Mendut, Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Selama ini empat candi yang dimaksud tadi, dijadikan atau dimanfaatkan sebagai kepentingan penelitian, kebudayaan dan pariwisata belum diresmikan menjadi tempat ibadah untuk umat Hindu dan Buddha di Indonesia dan Dunia. Seperti yang diungkapkan oleh staf khusus Menteri Agama saat acara penandatangan nota kesepatakan di Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Dengan kesepakatan tadi, maka fungsi candi akan diahlikan sebagai tujuan awal didirikan yaitu kepentingan ritual bagi umat Hindhu dan Buddha.

Dengan penandatangan kesepakatan inilah nantinya masyarakat yang berkunjung tak hanya melihat keindahan candi saja akan tetapi juga kegiatan peribadatan dan yang terpenting tetap memperhatikan pelestarian cagar budaya yang tida bertentangan dengan regulasi.

Hal itu sesuai dengan realisasi program strategis Destinasi Super Prioritas yang dicanangkan oleh presiden bahwa dengan mengimplemntasikan pemanfaat yang secara nyatak dalam nilai spiritua, kebudayaan dan keindahan alam memang candi memiliki nilai spiritual kebudayaan dan nantinya pemerinta akan memberikan jaminan umat beragam lain untuk menjalankan ibadahnya

Langkah ini memang diambil untuk menyelaraskan dan kerjasama dalam berbagai pihak terutama bagi yang memiliki keyakinan dan spiritual yang berbeda bagi kebanyakan penganut agama terbanyak di Indonesia

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.