Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Pantai Pok Tunggal

2 min read

camping di pantai pok tunggal
Total
0
Shares

Pantai Pok Tunggal merupakan pantai yang paling banyak dikunjugi oleh para wisatawan baik liburan panjang maupun disaat tidak dalam kondisi berlibur. Banyak aktivitas yang dilakukan para wisatawan untuk menikmati pesona alam pantai pok tunggal diantaranya adalah berfoto selfie untuk mengabadikan moment penting, berenang snorkling, berjemur bagi yang ingin mendapatkan vitamin sea sampai mereka memanjat bukit karst yang ada di sekitaran pantai pok tunggal karena ingin melihat keindahan pantai dari atas bukit.

pantai pok tunggal
Image from instagram: @mhmmdarya31_

Pantai pok tunggal tergolong sebagai pantai pasir putih jogja yang memiliki keindahan alam yang asri dikeliling oleh bukit karst yang ada di timur dan barat. Seorang wisatawan dapat trekking dan mendaki bukit tersebut untuk aktivitas uji adrenalin. dua bukit tersebut bernama bukit tirta pok tunggal dan bukit pojong.

Nama pantai pok tunggal sendiri diambil dari sebuah pohon duras yang ada di pinggir pantai yang hanya tumbuh satu buah saja. selain itu ada sebuah aliran sungai yang ada di bawah tanah yang mengalir ke pantai pok tunggal, sungai tersebut dijadikan salah satu sumber mata air yang digunakan oleh warga setempat.

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Nah, sebelum pergi ke pantai pok tunggal, alangkah baiknya anda mencari tahu, Apakah untuk ke pantai harus membayar tiket masuk? Untuk biaya tiket retribusi masuk ke pantai pok tunggal berbiaya yang relatif murah. Biaya tiketnya sebesar Rp. 10.000,-/orang Untuk biaya tersebut sudah termasuk ke wisata pantai dekat pok tunggal yang ada di Wonosari, Gunungkidul. Selain membayar tiket retribusi, seorang wisatawan juga harus membayar tiket parkir dengan harga parkir motor sebesar 3 ribu, dan untuk minibus sebesar 15 ribu sedangkan parkir mobil sebesar 5 ribu.

Review Pantai Pok Tunggal

camping di pantai pok tunggal
Image from instagram: @achmad16jufriyanto

Pasir putih yang bersih membuat wisatawan ingin berlama-lama, kami memang berencana ke beberapa pantai di Gunung kidul, salah satu pantai yang dikunjungi adalah pantai Pok Tunggal yang lokasinya berada di tengah pantai indrayanti dan pantai siung dengan perjalanan menggunakan motor selama kurang lebih 2 jam dari kota Jogja. Sesampai disana kami melakukan berbagai aktivitas diantaranya adalah

Snorkling di Pantai Pok Tunggal

review pantai pok tunggal
Image from instagram: @indonesia_paradise

Salah satu hal yang wajib dicoba adalah membawa peralatan snorkling sendiri, karena disini tidak seperti di pantai nglambor yang sudah tersedia layanan peminjaman alat snorkling. Snorkling dipantai ini menjadi salah satu aktivitas yang wajib karena dukungan dari arus gelombang yang cukup tenang dengan kondisi air laut yang masih alami tanpa ada sampah-sampah yang tergenang. Di pantai pok tunggal ini pengelola sudah menginformasikan bahwa bagi yang membuang sampah semabarangan, maka akan dikenai denda.

Berburu Spot Foto di Pantai Pok Tunggal di Kala Sunset

lokasi pantai pok tunggal
Image from instagram: @muhzaifin59

Selain itu kami dapat berbagi foto-foto yang menarik di titik spot yang sering dibagikan di sosial media instagram, dan yang sering menjadi objek utama saat berada di pantai pok tunggal adalah foto pohon duras yang berada di pinggiran pantai. Karena selain renang di waktu sunrise dan sunset rugi jika moment indah tersebut tidak diabadikan dalam sebuah foto yang menarik.

Camping di pantai Pok Tunggal

camping di pantai pok tunggal
Image from instagram: @achmad16jufriyanto

Karena sudah larut malam, semburat warna langit yang sudah tenggelam dengan cantik hingga akhirnya memutuskan untuk camping di Pantai Pok tunggal atau Menginap di penginapan pantai pok tunggal. Ceritanya kalau camping sih, sudah ada area camping tapi kita lupa membawa peralatan camping untuk biaya sewa area campingnya cukup terjangkau sebesar 5 ribu sampai dengan 10 ribu rupiah saja. Nah, bagi yang lupa membawa peralatan camping seperti matras, sleeping bag, dome dan lainnya anda bisa mencari penginapan di area pok tunggal.

Memang ke suatu tempat wisata itu harus terencana dengan baik jika seandainya ada area camping di jogja yang bagus, apalagi anda pergi bersama teman-teman sebaya maka aktivitas camping ini, wajib anda lakukan sehingga tidak terlupa peralatan camping dan lainnya. ANda juga harus membawa bahan makanan tentunya kompor portabel dan alat memasak sehingga tidak banyak buget atau uang yang harus dikeluarkan untuk mencarinya di rumah masyarakat.

Penginapan Pantai Pok Tunggal

Adakah penginapan yang bagus di area pantai pok tunggal? yuk, kita cari dulu. Ternyata kiota harus keluar dari area pantai pok tunggal untuk mendapatkan penginapan yang layak untuk dijadikan tempat bermalam bersama family terlebih bagi anda yang belum lama melaksanakan ijab qabul dengan pasangan. Pastilah ingin menginap di tempat yang layak dong! Salah satu penginapan terdekat dengan biaya yang relatif terjangkau yaitu Omah Sundak dengan View dipinggiran pantai dengan harga sebesa 246 ribu yang berlokasi di Pantai Sundak Desa Sidoharjo, RT.04/RW.009, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881 dan jik anda berminat untuk booking sebelum ke lokasi, ada nomernya 0822-2604-0562

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Silahkan bagi anda yang akan berkunjung ke Pantai Pok tunggal harus mengetahui secara lengkap lokasi yang akan dituju dengan alamat dan peta lokasi sebagai berikut ini:

Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah istimewa Yogyakarta.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share