Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Itinerary Wisata Dieng Banjarnegara 1 Hari

2 min read

Telaga Warna Dieng
Total
1
Shares

Seputarwisata.com – Wisata Dieng Banjarnegara merupakan salah satu magnet wisata di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Karena letak geografis Dieng berada di dataran tinggi, maka suasananya sejuk dan segar.

Telaga Warna Dieng

Salah satu wisata yang menarik di Dieng yang sedang naik daun adalah kawah sikidang. Anda bisa menikmati keindahan di dieng seharian dari pagi hingga sore hari. Berangkat sebelum jam enam pagi atau malam hari sampai di Dieng hingga malam hari. Nah, karena di lebaran kali ini kita dilarang untuk mudik lebarang, bagi yang berdomisili maka bisa berwisata di domisilimu.

Meski anda berwisata di daerahmu, kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak bepergian apabila anda sedang sakit. Adapun plihan menginap di Dieng antara lain adalah sebagai berikut:

Tempat Pilihan Menginap di Dieng

Ada beberapa penginapan yang dapat dijadikan sebagari refrensi saat ada di kawasan Dieng dengan harga minimal ratusan ribu per malamnya antara lain sebagai berikut:

Tani jiwo Hostel yang terletak di Jalan Dieng No 13, pauan, Dieng Kulon, Batur dengan harga per malamnya sebesar 180 ribu. tempat wisata yang dekat dengan penginapan ini adalah Candi Arjuna

Sharon Homestay ini juga berada di dekat wisata Candi Arjuna dengan harga per malamnya sekitar 200 ribuan yang berlokasi di Jalan Dwarawati, Karaja, Dieng Kulon, Batur.

Tempat Pilihan Wisata Dieng

Nah, untuk memulai perjalanan wisata anda bisa menggunakan roda dua atau berkunjung dengan menggunakan mobil roda empat jika sekeluarga hendak berkunjung usahakan dimulai dari candi Arjuna terlebih dahulukarena tempat tersebut harus membayar tiket sebesar 20 ribu dan berakhir ke kawah sikidang.

Kawah Sikidang

Kawah ini masih aktif dan masih mengeluarkan material asap dan air yang mengandung unsur belarang yang tinggi. Kawah ini sangat cocok digunakan sebagai backgorund foto karena selain latar belakangnya kawah juga ada perbukita.

Anda dapat berfoto di jembatan yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Dan kawah ini memiliki suhu permukaannya mencapai 80-90 drajad celcius. Dan tempat ini buka dipagi hari mulai pukul 07 sampai dengan 5 sore.

Candi Arjuna

Nah, setelah anda berada di kawah sikidang, akan lebih baik anda menuju candi arjuna yang jaraknya sekitar 1,5 kilometer yang dapat ditempuh dengan waktu tempuh selama enam menit dan tempat ini jikalau pagi hari biasanya ada fenomena yang kerap terjadi seperti embun es.

Embun es tersebut dapat anda saksikan ketika pagi buta sehingga anda bisa menderikan tenda di kawasan candi yang merupakan salah satu peninggalan dari kerjaan Mataram Kuno.

Jika anda camping di kawasan ini jangan lupa untuk membawa jaket yang tebal, memakai masker, kaos kaki maupun syal agar tidak menggigil karena suasana yang hampir mirip musim salju.

Telaga Merdada

Setelah anda menikmati suasana di Candi Arjuna, sekalian anda mampir ke telaga mardada yang digunakan oleh masyarakat setempat sebagai sumber air persawahan warga sekitar.

Jarak dari candi Arjuna ke telaga mardada ini sekitar 3,8 kilometer atau 12 menit. Aktivitas yang dapat anda kerjakan adalah menaiki perahu untuk keliling di danau atau menikmati pemandangan dengan memancing ditepi telaga dengan harga sewa perahu sebesar 15 ribu dan tiket masu 5 ribu sedangkan untuk sewa perahu sendiri berkapasitas 10-12 orang.

Telaga Dringo

Telaga Dringo ini identik dengan ranu kumbolonya jawa tengah karena memang menawarkan panorama yang bagus karena dikeliling banyak pepohonan yang rimbun dan berjarak dari telaga mardada sekitar 27 menit dengan jarak 12,2 kilometer.

Jalur menuju ke telaga Dringo ini sangat epik karena akan disuguhkan deretan bukit dan lembah-lembah selain itu ada pemandangan kebun teh. Dan untuk tiket masuknya adalah 5 ribu per orangnya.

Kawah Candradimuka

Yang satu ini berada dengan jarak 1,6 Kilometer dari Telaga Dringo dengan jarak tempuh sekitar 6 menit dengan ditemani panorama yang apik yang berupa pemandangan lembah yang bisa digunakan sebagai spot foto

Dan menariknya lagi ada cerita seputar gatot kaca yang bisa anda tanyakan langsung ke petugas guide di kawah candradimuka ini, untuk harga masuknya sebesar 5 ribu rupiah saja dengan dibuka setiap hari sampai pukul 5 sore.

Sumur Jalatunda

Setelah anda berada di kawah candradimuka selanjutnya anda dapat ke Sumur Jalatunda yang jaraknya sekitar 1,8 kilometer atau 5 menit dari kawah candradimuka.

Panorama yang ada disini salah satunya adalah tebing yang mengelilingi sumur jalatunda dan kamu tidak bisa berdiri ditepian sumur karena memang kedalaman sumurnya sekitar 100 meter dan berada disisi sebuah tebing. Anda bisa menikmati perjalanan dengan jalur yang sudah disediakan oleh para pengelola dengan melihat air dan berfoto-foto di jalur tersebut

Harga tiket masuk ke sumur jalatunda ini sebesar 5 ribu rupiah yang dibuka mulai dari pagi jam 7 sampai dengan sore jam 5.

Telaga Sewiwi

Terakhir adalah telaga sewiwi yang jaraknya delapan menit dari sumur jalatunda yang dibuka setiap pukul 07 sampai dengan sore hari dengan harga tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

Panorama indah yang disuguhkan ditelaga ini berupa perbukitan yang indah, udara sejuk dan pemandangan pegunungan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi sambil menikmati pemandangan dan berfoto-foto di pintu gerbang telaga sewiwi.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
1
Share