Inilah 10 Destinasi Wisata Malang Terfavorit

Seputarwisata.com – Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata kota Malang? Malang berada di daerah pegunungan, sehingga membuat udaranya relatif sejuk dan segar sehingga menjadikan kota Malang menjadi salah satu ikon destinasi wisata paling favorit di Jawa Timur. Mendengar kata destinasi wisata apa yang tersimpan di memory kalian? Wisata petik Apel? Benar. Buah ini telah menjadi salah satu ikon paling menarik di kabupaten ini. Apel bisa dengan mudah kalian temui di sini, mulai dari pekarangan pribadi milik warga setempat, sampai dengan perkebunan dan agrowisata besar. Selain wisata petik apel, apa lagi yang menjadi wisata terfavorit di kota Malang.

Malang merupakan salah satu kota yang banyak memiliki potensi wisata yang bagus dan menarik. Beberapa spot menarik yang paling popular yaitu Jatim Park, Batu, Eco Green Park biasanya apabila berkunjung ke Malang tempat – tempat tersebut paling dituju saat liburan kesana. Akan tetapi selain destinasi wisata diatas, Malang juga tidak kalah akan spot – spot wisata lainnya yang tentunya sangat menakjubkan akan keindahan alamnya. Pernahkah kita berfikir bila berkunjung kesana akan menikmati juga keindahan alamnya yang asri dan menyejukkan. Namun sayang apabila terlewati, serasa liburannya kurang lengkap apabila kita tidak mengeksplor juga akan keindahan alamnya. Berikut destinasi – destinasi wisata alam yang paling menakjubkan di Malang:

Malang memiliki potensi kepariwisataan yang besar dari tempat lainnya di Jawa Timur, Potensi pariwisata malang ini mulai dari wisata edukasi, wisata kkuliner, wisata alam dan masih banyak wisata lainnya yang menjadi objek wisata ketika menjelang hari liburan karena selalu terpadati oleh wisatawan.

bukan hanya kabupaten malang saja yang memiliki potensi pariwisata, melainkan juga daerah sekitarnya juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik seperti kota batu yang berada di daerah perbukitan dan jaraknya dekat dengan pusat kota. Ada banyak yang mengira bahwa Kabupaten Batu ini termasuk di kabupaten malang karena memang banyaknya tempat wisata yang ada di Batu dan tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Nah, anda yang ingin berlibur di dalam negeri, pastikan untuk selalui mengetahui berbagai tempat wisata tujuan yang akan dikunjungi ketika liburan karena ada sejumlah wisata yang paling favorit untuk dikunjungi ketika anda berada di suatu wilayah tertentu termasuk kabupaten malang. Banyak yang merencanakan wisata namun tidak semua wisata dapat dikunjungi karena kurang teremncana dengan baik. Sehingga perlu perencanaan yang matang sebelum bepergian. Kita juga dapat melihat foto-foto yang dihasilkan pada tempat wisata yang kita tuju karena dimudahkan oleh teknologi yang sudah modern. Tahukah anda tempat wisata malang favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan?

Tempat Wisata Malang dan Sekitarnya yang paing Ramai di Kunjungi.

Yuk, kita pilih wisata mana saja yang akan kita kunjungi ketika berada di kota Malang dan sekitarnya yang sesuai dengan budget dan anggaran yang telah dikumpulkan untuk waktu lebaran, karena perencanaan liburan yang matang akan terelasasi dengan baik, maka dari itu anda bisa membagikan tempat wisata malang ini kepada para wisatawan yang hendak akan bepergian. Karena tidak seluruh tempat wisata dapat terealisasi atau dengan kata lain tidak dapat dikunjungi karena masalah biaya, kurangnya waktu dan perencanaan yang kurang baik ketika hendak berlibur.  Berikut beberapa ulasan mengenai destinasi wisata terfavorit di kota Malang.

BROMO

Gunung Bromo
Image from Instagram: @melanialotti

Keindahan gunung bromo yang menakjubkan membuat para pendaki, memiliki antusias yang tinggi untuk mendaki gunung tersebut dengan ketinggian 2.329 MDPL dari permukaan laut. Indahnya sunrsise dari gunung bromo bak lukisan yang telah dihadiahi oleh tuhan, kawah bromo yang begitu nampak, padang savana, bukit teletubiees dan perbukitan pasir menjadikan gunung bromo sangat diminati oleh para pendaki dan menjadi salah satu tujuan utama ketika berada di Kota Malang. Sayang untuk dilewatkan ketika berada di Malang tidak mengunjungi gunung bromo.

Jatim Park 1

Jatim Park Satu
Image from Instagram: @jatimparksatu

Jatim Park 1 merupakan salah satu icon yang menjadi destinasi wisata terfavorit di Malang, ketika berkunjung ke Malang tempat ini menjadi salah satu tujuan utama baik oleh wisatawan local maupun luar kota. Dengan konsep taman rekreasi dan edukasi, Jatim Park I menawarkan berbagai macam wahana yang siap menghibur wisatawan yang berkunjung kesini. Yang lebih unik dan menonjol dari tempat wisata ini adalah kolam renang dengan latar relief wajah Ken Arok. Kolam renang ini bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak sesuai dengan kedalaman yang telah disesuaikan dan juga dilengkapi dengan bermacam – macam papan seluncur air. Pastinya wisatawan akan lebih seru dan menyenangkan menghabiskan waktu liburan di Malang.

Untuk wahana edukasi, ada Science Stadium adalah laboratorium outdoor dan indoor yang berisi informasi dan peragaan mulai dari fisika, biologi, kimia sampai matematika. Wahana ini didukung oleh PLN, Telkom setempat dan beberapa universitas di Jawa Timur. Ada juga Papua and East Java Ethnic Gallery dengan menampilkan koleksi miniatur rumah adat Jawa Timur dan Papua, wayang dan masih banyak lagi terutama kerajinan – kerajinan khas lainnya yang mengisi wahana edukasi ini.
Tidak itu saja selain wahana rekreasi dan edukasi, Jatim Park masih mengantongi beberapa wahana permainan lainnya seperti Flying Tornado, Mini Jet, Gokart, Spinning Coaster, Midi Skater, Drop Zone dan Bioskop 3D. Fasilitas pendukung lainnya adalah kafetaria, mushola, gazebo dan sebagainya. Jatim Park yang memiliki luas 11 hektar ini berada di kawasan Batu atau sekitar 20 km dari pusat kota Malang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Jatim Park 2

Jatimparkdua
image from instagram: @Jatimparkdua

Berbeda dengan Jatim Park 1 yang menawarka ikon wisata yang berupa wahana rekreasi dan edukasi, di Jatim Park 2 ini lebih menawarkan konsep wisata alam. Jatim Park 2 ini lebih menawarkan dua konsep wisata utama yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Di Museum Satwa,wisatawan bisa melihat binatang dari berbagai benua yang diawetkan dan diletakkan di lokasi yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Wisatawan tak perlu khawatir, binatang-binatang yang diawetkan ini bukanlah hasil buruan, namun binatang yang sudah mati secara alami dan kemudian diawetkan. Ada juga replika kerangka raksasa dinosaurus yang menjadi salah satu objek foto favorit wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat beragam jenis serangga yang diawetkan di insectarium, mulai dari kumbang, belalang, laba-laba sampai kupu-kupu berbagai warna.
Puas melihat binatang yang telah diawetkan, saatnya melihat binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Kebun binatang ini adalah satu-satunya kebun binatang berkonsep modern di Indonesia. Ada banyak tempat yang dapat wisatawan jelajahi mulai dari akuarium, Tiger Land, kolam kuda nil sampai padang rumput. Ada juga sungai arus buatan yang bisa pengunjung jelajahi dengan menggunakan perahu yang telah disediakan.

Jika belum puas mengekplore tempat wisata di Malang ini dalam waktu sehari, wisatawan dapat menginap di Hotel Pohon Inn yang merupakan penginapan resmi di Jatim Park II. Hotel ini memiliki konsep yang sangat unik, bangunannya dibuat menyerupai sebuah batang pohon raksasa dan dikelilingi oleh pegunungan. Bagaimana dengan kalian tertarik bukan?

Eco Green Park

ecogreenpark
image from instagram: @ecogreenpark

Eco Green Park merupakan taman rekreasi edukasi yang berisi kebun binatang mini serta informasi mengenai pemeliharaan lingkungan. Eco Green Pak sangat tepat dikunjungi bersama anak-anak untuk mengenalkan mereka mengenai pentingnya menjaga atau memelihara lingkungan dengan baik. Memasuki kawasan wisata ini, pengunjung akan disambut dengan sebuah patung gajah besar yang terbuat dari televisi bekas. Tempat wisata ini memiliki banyak wahana yang tersebar, apabila pengunjung ingin mengeksplore berbagai ikon wisata yang berada disini , pengunjung bisa menyewa E-Bike dengan harga 100.000 Rupiah untuk 3 jam.
Lebih menarik lagi di Eco Green Park ini adalah Jungle Adventure. Pengunjung akan berkeliling hutan buatan dengan menggunakan kereta terbuka, bahkan juga diajak menangkap pemburu binatang liar di dalam hutan. Dengan senapan mainan, pengunjung harus menembak setiap pemburu yang dilihat. Kejelian melihat dan kecepatan menembak sangat dibutuhkan di sini karena pengunjung harus menembak dari kereta yang sedang berjalan. Bagaimana penasaran?

Selain Jungle Adventure juga terdapat ikon wisata yang lebih menarik lagi yaitu rumah terbalik. Bangunan rumah terbalik dengan atap di bawah dan lantai di atas. Tak hanya terbalik di luarnya saja, namun segala perabotan di dalamnya juga terbalik. Pengunjung seolah berjalan di atapnya seperti spiderman karena segala perabot mulai dari meja, kursi dan lampu dalam posisi terjungkir.

Selain ikon wisata diatas yang unik dan menarik Eco Green Park ternyata masih mengantongi banyak wahana lain seperti Geology Science Center, Walking Bird, Animal Farm, Duck Kingdom, World Parrots, Dome Multimedia, Eco Science Center, Pasar Burung dan Insectarium. Bahkan disini pengunjung bisa mendengarkan musik yang dihasilkan oleh air di wahana Music Plaza. Bagaimana bisa ? kalian pasti penasaran, mari eksplore wisata – wisata unik dan menarik di Malang.

Batu Night Spectaculer

batunightspectacular image from instagram: @batunightspectacular

Berwisata di siang hari mungkin menurut kalian sudah biasa atau bahkan sudah bosan? Cobalah datang ke Batu Night Spectacular atau yang biasa disingkat dengan BNS, pastinya disini pengunjung akan merasakan liburan yang berbeda dan berkesan. BNS buka mulai pukul 15.00 – 24.00 WIB . Di sini, pengunjung seperti kembali ke masa kecil karena suasananya mirip dengan pasar malam apalagi dengan adanya komedi putar dengan kuda-kuda buatan yang bisa pengunjung nikmati.

Ingin yang lebih menarik dan berkesan lagi? Coba datanglah pada air mancur yang bisa menari dan berubah warna sesuai dengan musik yang sedang dialunkan. Lampion Garden tak kalah menarik. Di sini, pengunjung bisa melihat lampion dengan berbagai warna dan bentuk yang sangat cantik bisa dijadikan background foto kalian. Disini juga menawarkan beberapa wahana seperti Rumah Hantu, Baby Wheel, Mouse Coaster, Art Trick, Gavitor dan Avatar.

Mendengarkan ceritanya saja sudah menarik bukan? Ingin rasanya segera mengeksplore berbagai wisata yang ada di kota Malang, berbagai ikon desinasi yang ditawarkan sangat unik dan menarik. Sangat tepat apabila destinasi tersebut dijuluki sebagai destinasi wisata paling favorit di kota Malang. Ayo bagi kalian yang belum berkunjung kesini, mari eksplore destinasi wisata paling favorit di Malang. Pastikan liburan kalian menarik dan berkesan dengan mengeksplore destinasi wisata yang favorit di Malang ini.

Pantai Kedung Celeng

Pantai Kedung Celeng merupakan wisata baru yang sedang hits terutama dikalangan remaja, karena obyek wisata ini tergolong masih baru belum banyak dijamah orang sehingga masih terawat biasanya hanya warga sekitar sini yang hendak mencari ikan atau kerang. Lokasi pantai ini memang agak tersembunyi namun pantai Kedung Celeng mempunyai potensi wisata yang bagus dengan hamparan pantai yang luas disini kita dapat merasakan hangatnya sinar mentari yang lengkap dengan deburan ombak serta indahnya laut biru nan menawan.

pantai kedungceleng

Pantai Kedung Celeng

Sementara pemandangan disekitar pantai terlihat dari bibir pantai air laut nan jernih juga pasir dengan warna putih nan lembut. Hal tersebut semakin eksotik ketika didepan kita terlihat sebuah pulau kecil. Memang sekilas akan terlihat seperti pantai Goa Cina. Namun pemandangan disini tidak kalah bagusnya. Besarnya ombak merupakan pemandangan biasa disini, mengingat semua pantai selatan Jawa berhadapan dengan luasnya Samudra Hindia berciri-khaskan dengan angin kencang. Pantai Kedung Celng berlokasi di Jl Raya Banjarejo, dusun Sumberceleng desa Banjarejo, kecamatan Donomulyo, Malang, Jawa Timur.

Pantai Licin

Ternyata bukan hanya pantai Kedung Celeng saja yang sedang hits tetapi pantai satu ini juga sedang diburu terutama bagi traveler muda selain akses yang mudah untuk dituju, wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor roda dua, alangkah baiknya jangan menggunakan motor matic. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Licin hendaknya lebih berhati – hati saat mengendarai kendaraan karena rute menuju kesini cukup menantang dengan perjalanan yang naik turun bukit berliku-liku namun akan memberikan sensasi tersendiri bagi traveler, akan tetapi ketika sampai di lokasi pantai semua kepenatan akan sirna tergantikan oleh pemandangan yang disuguhkan tak kalah mempesona dengan spot wisata lainnya.

pantailicin

Pantai Licin

Pantai Licin memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan pantai – pantai lainnya, yang paling menonjol bahwa pantai ini memiliki warna pasir yang hitam legam, pada umumnya di semua pantai memiliki pasir putih maupun putih kecoklatan. Namun berbeda di Pantai Licin ini warna pasirnya ternyata hitam dan pasir hitam tersebut didapat dari muntahan lahar letusan Gunung Semeru. Pantai Licin terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Ungapan

Pantai yang menyimpan pesona sendiri dibalik keunikan yang tak dapat ditemukan oleh pantai – pantai lainnya ini memang sangat memikat hati para pengunjung yang telah menyaksikan sendiri akan keindahan yang dimilikinya sebut saja Pantai Ungapan, pantai yang memiliki gradasi warna air laut dari biru ke hijau tentunya sangat menakjubkan bukan? Selain itu, di sisi pantai ini juga terdapat deretan batu-batu cukup besar yang tertata rapi sehingga membentuk formasi seperti buaya.

pantaiungapan

Pantai Ungapan

Jangan tinggalkan kesempatan apabila berkunjung ke Malang untuk singgah dan menikmati spot wisata yang memiliki gradasi yang cukup inik ini. Pantai Ungapan ini terletak tak jauh dari Pantai Bajulmati, membuat pantai ini juga semakin terkenal. Pantai ini berjarak sekitar 64 km dari pusat kota Malang dan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Pantai Ungapan beralamat di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Coban Pelangi

Coban adalah nama lain dari air terjun, sehingga Coban Pelangi dapat diartikan sebagai Air Terjun Pelangi. Mendengar namanya saja sudah menarik apalagi dengan obyek wisatanya sendiri? Tentu lebih menarik lagi bukan? Rasanya pantas jika tempat wisata baru yang juga sedang digemari oleh kaum muda di Malang ini mendapatkan julukan tersebut karena air terjun ini memang benar-benar berwarna-warni karena terkadang pelangi muncul dengan indah di bawah air terjun. Tentunya sangat mempesona bukan?

cobanpelangi

Coban Pelangi

Coban Pelngi berjarak kurang lebih 32 km dari kota Malang, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata Coban Pelangi harus menyiapkan fisik dengan prima, karena air terjun yang masuk dalam wilayah konservasi Perhutani Jawa Timur ini memiliki medan yang cukup menantang. Pengunjung harus berjalan melewati bukit dengan kemiringan hampir mencapai 45 derajat.

Coban Pelangi berada di desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Apabila dari kota malang jaraknya sekitar 30 km ke arah timur, dengan kendaraan dapat ditempuh sekitar 1 jam. Untuk menuju ke obyek wisata Coban Pelangi banyak petunjuk arah di sepanjang jalan atau dapat berpatokan dengan arah menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru karena hampir. Coban Pelangi lokasi sekitar 2 km setelah desa Gubukklakah, ditandai dengan papan nama Wisata Air Terjun Coban Pelangi di sebelah kanan jalan.

Pemandian Kalireco

Bagi traveler yang mungkin kelelahan habis eksplor ke berbagai spot wisata lainnya di Malang. Maka traveler bisa mampir ke pemandian Kalireco, tempat ini sangat pantas untuk “ngadem” saat terik panas matahari coba pergi dan rasakan sensasi kenikmatan tersendiri di pemandian Kalireco ini, begitu pengunjung menceburkan diri disini, hawa segar akan menyelubungi diri kita, yang akan kita temukan adalah kesegaran, kesejukan, kenyamanan, dan keindahan akan spot wisatanya.

pemandian kalireco

Pemandian Kalireco

Mata air Kalireco memang menyajikan pesona wisata dengan air yang menyegarkan. Warna air yang begitu jernih ditambah dengan rerimbuan pohon – pohon yang berada disekitar. Tentunya menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang pernah merasakan akan keindahan di Kalireco ini. Hawa yang sejuk dipadu dengan semilirnya angin yang sepoi akan menambah ketenangan dan merasakan kedamaian tersendiri bagi pengunjung.

Sebenarnya mata air ini bukan merupakan obyek wisata karena belum diresmikan oleh dinas pariwisata setempat. Kalireco hanya sebuah pemandian biasa dan irigasi yang dimanfaatkan oleh warga sekitar. Namun karena tempatnya yang mendukung dan memiliki potensi wisata yang baik karena keasrian dan keeksotisan tempatnya. Sekarang banyak traveler muda yang mendatanginya untuk sekedar mandi, menyegarkan diri maupun menenangkan diri. Pemandian Kalireco beralamat di Jalan Sumber Waras 2 No. 97, Kalirejo, Lawang, Malang, Jawa Timur.

Dari beberapa daftar destinasi wisata diatas bahwa Malang, Jawa Timur masih memiliki destinasi wisata yang tentunya tidak kalah menarik dari daftar – daftar destinasi wisata diatas. Artikel ini membantu bagi semuanya dalam menyajikan informasi seputar wisata bagi yang ingin berwisata ke Kota Malang artikel ini semoga sangat membantu. Terima Kasih.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semua orang terutama bagi yang suka travelling dan membutuhkan referensi terkait destinasi wisata di Malang, semoga artikel ini dapat membantu.

5/5(1)

Please rate this