Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Wisata Nepal Van Java Magelang

2 min read

nepal van java
Total
0
Shares

Nepal Van Java menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jawa Tengah. Wisata yang berlokasi di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang ini menjadi viral karena memang mirip sekali dengan negara Nepal.

Dikenal dengan sebutan Nepal Van Java karena memang letak lokasinya berada di lereng gunung yang terlihat sebuah rumah penduduk yang nampak bertumpuk-tumpuk seperti yang ada di Nepal. Jika diambil fotonya dengan menggunakan sebuah drone. Nepal Van Java memang mirip dengan negeri Nepal. Jika Negeri Nepal berlokasi di lereng gunung Evrest, maka nepal yang satu ini berlokasi di lereng gunung Sumbing

Nepal Van Java sudah buka kembali setelah pandemi covid 19 melanda di Indonesia. Beberapa hal baru telah dibenahi dan diperbaiki seperti ikon desa butuh yaitu Patung naga dan gardu pandang.

Selain itu tidak hanya ikon saja yang diperbaiki, kini warga setempat menambah lokasi baru untuk parkiran mobil di sebelah barat dari dusun buntuh. Selain itu perumahan wargapun juga dicat kembali agar bernuansa alami dan nampak segar.

Aktivitas di Nepal Van Java

Spot Selfie

Pengunjung dapat mengabadikan moment penting itu untuk pengambilan sebuah gambar yang cantik dengan baground sebuah perkampungan warga yang sangat mirip dengan Negeri Nepal yaitu perkampungan rumah yang bertumpuk da juga sudah ada ikon desa butuh yaitu ikon patung naga disertai anda bisa mencari gambar yang bagus di Gardu pandangnya.

Petik Sayur

Selain itu para warga dan masyarakat ini bekerja sebagai petani sayur, saat musim panen telah tiba para wisatawan dapat memanfaatkan waktu dengan beraktivitas dalam memanen sayur yang telah siap untuk dipanen.

Menginap di Nepal Van Java

Jika anda ingin berlama-lama menikmati suasana di nepal van java adakalany anda ingin menginap lebih lama agar puas dalam kunjungan wisata. Apalagi udara yang sejuk akan membuat anda semakin betah untuk tinggal diam disana denga kisaran harga penginapan mulai dari 100 an ribu sampai 200 an ribu tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Rute Menuju Nepal Van Java

Dari Jogja

Jika anda berada di Yogyakarta anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju ke arah kota magelang sejauh 12 kilometer dari kota magelang ke pasar kaliangkrik. Anda bisa menggunakan waze agar perjalanan anda nyaman sampai dengan tujuan. Dari Psar kaliangkrik arahkan mobilmu ke SDN Temanggung 2 kilometer ambil kanan ke arah basecamp Sumbing via butuh dan Lokasi Nepal Van Java ini dapat ditemukan sebelum basecamp berjarak 500 meter. Usahakan kendaraanmun kuat ditanjakan karena didominasi dengan jalur tanjakan yang cukup curam.

Dari Semarang

Jikalau anda di Semarang arahkan kendaraanmu ke Magelang sama seperti rute Jogja Magelang yaitu temukan pasar kaliangkrik. Jika anda masuk tol dari semarang biasanya akan memakan waktu kurang lebih 2 jam lebih 27 menit sampai kota mageleng dan menuju pasar kaliangkrik ke arah SDN temanggung dengan jarak 2 km dan ambil kanan jarak 6 kilometer dengan kondsi jalan tanjakan ke arah basecamp Sumbing via kaliangkrik.

Harga Tiket Masuk Nepal Van Java

Selain itu untuk harga tiket masuk ke nepal Van java seorang wisatawan tidak perlu membayar uang masuk alias gratis saat kunjungan, namun perlu ditambahkan mereka hanya membayar uang parkiran untuk motor sebesar dua ribu sedangkan mobil lima ribu.

Dan untuk berswafoto sefie di ikon nepal van java alias patung naga seorang wisatawan juga tak perlu membayar alias gratis namun wisatawan harus membayar 3 ribu untuk ikon satunya lagi yaitu gardu pandang yang ada di bawah. Untuk gardupandang yang diatas tarifnya beda yaitu 5 ribu rupiah.

Tempat Wisata Sekitar Nepal Van Java

Jika sudah berkunjung ke nepal van java anda bisa berkunjung ke 5 tempat wisata sekitarnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Yuk, kita cari tau lima tempat wisata sekitarnya.

1. Silancur highland

Salah satu wisata alam yang berlokasi di Desa Mangli, Kecamatan kaliangkrik ini berada di ketinggian 1300 meter mdpl berada di tenggara kaki gunung sumbing. Disana anda akan dapat melihat deretan penggunan indah dari mulai gunung merapi hingga ungaran.

Selain itu anda bisa melihat gemerlapnya lampu kota magelang di Silancur higland, yang juga dipenuhi dengan aneka bunga warna warni sebagai spot foto instagramabel.

2. Mangli Sky Vew

Mangli Sky View berlokasi Desa Mangli kaliangkrik yang berada di Ketingian 1.570 Mdpl sebelah timur gunung sumbing yang menyajikan panorama hamparan awan langit yang cerah di pagi hari.

Anda bisa menikmati suasana alam dengan berkemah dengan pemandangan gunung merapi, merbabu, andong, telomoyo, tidar, giyanti, ungaran dan sumbing.

3. Curug Silawe

Curug atau air terjun ini berada di dusun kopeng, desa sutopati, kecamatan kajoran yang berlokasi di Kaki Gunung Sumbing sehingga airnya jga membuat sejuk dan dingin. Pepohonan yang mengelilingan membuat asri dan tenang. Curug ini hanya memiliki ketinggian 60 meter.

4. Candi Selogriyo

Selain itu ada lokasi Candi di dekat nepal van java yang menyimpan peninggalan zaman dulu yang diperkirakan dibangun saat kerajaan Mataram Kuno. Candi tersebut berlkasi di Desa Candi sari, Windusari Magelang.

Selain mendapatkan spot foto candi anda bisa melihat pemandangan alam pegunungan dengan udara yang sejuk disertai dengan bukti perkembangan nilai dari agama Hindu di Indonesia.

5. Gunung Sumbing

Selanjutnya adalah gunung sumbing sendiri yang ada di Dusun Butuh dengan mencoba mendakinya sebagai salah satu gunung yang memiliki panorama yang indah sebagai titik kedua tertinggi di Provinsi Jawa Tengah.

Jalur yang melelahkan akan terbayarkan jika anda sudah mencapai puncaknya. Rasa letih lelah akan terlupakan jika anda sudah sampai puncaknya.

Seputar Wisata Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Total
0
Share