Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Ratu Bokodikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu warisan budaya berupa candi. Situs candi ini berada di bukit boko yang berjarak 3 kilometer dari candi prambanan. Hamparan rumput yang terawat dengan rapi, udara yang terasa seperti dibawah lereng gunung merapi terasa dingin merasuk kedalam tubuh. Para wisatawan dapat menikmati udara segar tersebut sembari melepas kegaduhan kota, merebahkan badan untuk melepaskan lelah yang begitu dalam.

Ratu Boko cocok dikunjungi saat matahari mulai terbenam. Candi dengan pemandangan alam yang begitu menggoda di temani dengan situs candi yang pada masa itu ada sebuah kehidupan dibalik dinding-dinding tersebut. Tampak sebuah pemandangan alam yang begitu menawan berupa gunung merapi yang berada di utara kota jogja.

Mitos Candi Ratu Boko


Mitos Candi Ratu Boko
image from: @jogja24jam

Banyak mitos candi ratu boko yang belum dapat kita ketahui pastinya, dari sisi bangunan dan peletakkannya. Candi ini dulunya dimitoskan sebagai keraton dan istana kerajaan dari Ayah Roro Jonggrang yaitu Raja Boko. Masih ingatkah anda dengan candi Prambanan yang mengisahkan tentang pembuatan seribu candi dalam semalam untuk mempersunting Roro Jonggrang.

Ada juga yang memitoskan bahwa dulunya bangunan candi ratu boko ini berfungsi sebagai tempat ibadah karena ada salah satu prasasti yangg bernama Rakai Panangkaran dan Bangunan ratu boko ini sebagai Abhyagiri Wihara.

Candi Ratu Boko Bercorak


candi ratu boko bercorak
image from @fillanofreza

Bangunan candi ratu boko bercorak hindu dan Budha, karena umat Hindu meyakini ada banyak bangunan arca peninggalan agama hindu, seperti arca Ganesha. Namun, umat budha meyakini bahwa tempat ibadah mereka adalah Abhyagiri Wihara berdasarkan prasasti Rakai panangkaran. Namun, seperti yang kita tahu, candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 8 atau 9 pada masa candi prambanan sendiri yang bercorak hindu, dan borbudur bercorak agama Buddha.

Mitos lainya yang sampai sekarang masihdiyakini bahwa dulunya tempat yang memiliki pemandangan indah ini digunakan sebagai salah satu peristirahatan raja-raja meskipun sampai saat ini hanya ada bongkahan puing-puing bangunan dengan lima gapura , empat gapura mengapit satu gapura berada di tengah.

Fungsi Candi Ratu Boko

Fungsi Candi Ratu Boko
image from @arirex1

Fungsi candi ratu boko sendiri ada berbagai hal yang dilakukan masyarakat terhadap bangunan candi yang sudah berumur ratusan tahu ini. Dari keterangan yang kami peroleh, bahwa candi yang terbuat dari batu putih tersebut digunakan masyarakat untuk melakukan pembakaran kayu dan juga di ada sumur di dekatnya digunakan untuk Upacara Tawur Agung untuk pemeluk agama Hindu.

Wajah Ratu Boko

wajah ratu boko
image from: @halohanie

Puning-puing Bangunan yang masih tersisa saat ini merupakan wajah ratu Boko dengan lima gapura dengan sebuah pendapa yang terbuat dari batu andesit, selain itu pada ada sisa-sia bangunan yang dulunya menunjukkan sebagai sebuah bangunan keputren untuk putri-putri raja yang dahulunya dijaga ketat. Sedangkan dari candi tersebut ada dua gua yang berfungsi sebagai tempat semedi atau meditasi.

Candi Ratu Boko dan Nabi Sulaiman

Candi Ratu Boko dan Nabi Sulaiman
image from: Script.blogspot.com

Ada yang menafsirkan ada Hubungan antara Candi Ratu Boko dan Nabi Sulaiman, mereka mengkait-kaitkan dengan peningglan istana ratu boko dengan ratu balqis sebagai ratu yang menyembah matahari pada zaman Nabi Sulaiman. Ratu Balqis memimpin kerajaan saba’ dalam tafsiran dan ada yang meriwayatkan bahwa candi Brobudur dan Ratu Boko merupakan salah satu peninggala dari Jejak Nabi Sulaiman dan Ratu Boko. Ini sebagai salah satu tafsir Modern. seperti ungkapa dari pakar matematika islam bahwa candi ratu boko adalah istana dari ratu balqis dalam suroh An-Naml ayat 22 disebutkan bahwa kisah ratu saba’ dan rakyatnya yang menyembah matahari dan besujud kepada manusia diceritakan juga dalam relief Candi Borobudur tentang perbincangan Nabi Sulamian kepada Hud-hud tentang istana Saba’

Namun, hal itu belum tentu dianggap benar dan masih menjadi misteri, karena sebagan masyarakat berhak percaya ataupun tidak kisah tersebut berada di indonesia. Sebagai masyarakat indonesia, kita hanya perlu merawat dan menjaganya agar tetap utuh.

Tiket Masuk Candi Ratu Boko

tiket masuk candi ratu boko
image from: @viewjogja

Tiket masuk candi ratu boko ini disaat matahari mulai terbenam akan dikenai biaya yang berbeda dari yang biasanya 15 ribu dan saat masuk sebelum matahari terbenam harus merogoh kocek 40 ribu. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara yang akan masuk ke situs tersebut harus membayar dengan biaya 25 USD. Selain membayar tiket masuk wisatwasn juga harus membayar parkir motor dengan harga 3 ribu dan untuk mobil 10 ribu.

Sampai saat ini , candi ratu boko masih menjadi misteri legenda yang belum terkuak. Jika anda tertarik mengunjungi tempat situs menarik ini silahkan anda berkunjung kesihi dan membayangkan di bukit tersebut dulunya pernah ada yang tinggal.

5/5(1)

Please rate this