Pesona Desa Wisata Tepus, Gunung Kidul

Total
0
Shares
Rate this post
Seputarwisata.com – Tepus merupakan salah satu wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada di perbatasan antara Bantul dan Gunung kidul yang masuk 50 besar penghargaan desa wisata terbaik dalam ajang penyelenggaraan Anugrah Desa Wisata.

Daya Tarik Wisata Desa Wisata Tepus

Panorama Keindahan alam gunung kidul memang tidak ada taranya, sensasi desa wiata yang menyajikan tidak hanya pantai melainkan juga ada bukit dan pegunungan yang memang wisata tepus ini banyak dikunjungi saat liburan panjang. Pesona wisata tepus ini atau di kelurahan tepus terdapat 12 pantai yang dapat dikunjungi yang 6 lokasi wisata pantai masih perawan atau masih sepi belum banyak diketahui orang. Karena memang desa wisata tepus memiliki pantai pasir putih yang memang wisatawan ingin berlama-lama di pantai tersebut. Desa wisata ini juga disebut dengan Dewi kampus dalam hal desa wisata. Seperti yang dikutip dari jadesta.kemeparekraf.go.id bahwa selain wisatawan berkunjung untuk menikmati potensi alam, juga diperkenalan wisata yang berbasis budaya dengan diajak berkeliling desa diantara kesenian atau budaya yang masih ada di desa ini seperti seni seni Jathilan, seni Ketoprak, Karawitan, Rasulan, Bersih Telaga, Kenduri, Kirim Dowa, Nglengani Pari, Pasang Gawar, hingga Larungan. Sesuai dengan letak geografisnya bahwa wisata tepus berada di perbatasan kabupaten Bantul dan Gunung Kidul. Pantai selatan dengan pantai perawan yang dapat dikunjungi dengan menggunakan transportasi jip.

Harga Tarif Retibrusi dan Aktivitas Desa Wisata Tepus

Jika anda ingin berlama-lama ke pantai anda bisa menginap di penginapan atau homestay yang dibandrol dengan biaya antara 150 ribu sampai dengan 250 ribu Sedangkan harga retribusi ke pantai ini biayanya sebesar Rp. 10 ribu sedanglan untuk beberapa tarif lain seperti membuat batik 75 ribu, berkunjung ke pantai dengan jip sebesar Rp. 300 ribu, belajar karawitan Rp. 15 ribu, belajar kuliner olahan singkong Rp.10 ribu dan masih banyak lagi Apabila berbicara tentang Gunung Kidul tentu sangat melekat dengan desa wisata Nglanggeran yang mana jumlah kunjungan wisata ke desa tersebut meningkat 30 persen dan menjadi salah satu desa dengan tingkat penciptaan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan menegah ini dapat dijadikan ujung tombak kembangkitan ekonomi Wisata Tepus ini jaraknya dari kota jogja 70 kilometer yang ditempuh dengan moda transportasi darat dengan menempuh waktu kurang lebih 1,5 kilometer.

Penutup

Silahkan anda kunjungi pantai gunung kidul yang masih sepi atau dibilang masih perawan, atau bisa berkunjung ke desa wisata tepus dengan moda transportasi jip anda akan dibawa ke beberapa pantai pasir putih yang masih sepi.
Seputar Wisata

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby. I wrote at wordpress or blogger platform for education, travelling, tips and love about technology update.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.