7 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kota Semarang

Seputarwisata.com –Semarang merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia, karena kota ini juga berkedudukan sebagai ibu kota untuk provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten yang terkenal dengan lumpia boom, gedung lawang sewu dan puri maerokoco (taman mininya Jawa Tengah) ini berada di kawasan pantura,dimana kawasan ini sangat ramai sekali karena letak jalannya yang sangat strategis menghubungkan berbagai kota-kota di Jawa Tengah.

Meski demikian, Semarang mampu menyihir orang-orang untuk datang ke kota ini, terutama pada saat liburan banyak sekali para wisatawan yang datang berkunjung ke Semarang untuk menikmati pesona wisata yang ada di kota lumpia ini.

Berikut beberapa list rekomendasi tempat wiata yang dapat dikunjungi ketika berlibur ke Semarang :

1.    Wisata Alam Batir Hills

Wisata alam Bantir Hills ini terletak di bukit Bantir, Dusun Bantir, Desa Losari, Keacmatan Sumowono, Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang lagi ngehits terutama untuk kalangan anak muda yang memang hobi travelling dan berfoto. Spot yang masih terbilang sangat baru dan beberapa spot masih dalam tahap pembangunan. Rencanaya di kawasan ini akan didisi oleh beberapa fasilitas menarik seperti gardupandang, rumah pohon, jembatan pohon,spot sunset, taman, gembok cinta, gazebodan camping ground.

2.    Hutan Pinus Kayon

Buat para wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk berisiknya kota Semarang maka berwisata di hutan pinus ini adalah pilihannya.

Hutan Pinus Kayon terletak di kawasan Lereng Merbabu di Dusun Kakung, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah. Hutan Pinus Kayon ini menawarkan pesona alam yang begitu menyegarkan dengan hawa yang cukup sejuk.

3.    Setiya Aji Flower Farm

Buat para wisatawan yang hobi selfie maka Setiya Aji Farm Flower ini cocok untuk dijadikan rekomendasi. Tempat wisata ini juga termasuk yang lagi ngeits untuk anak muda terutama bagi pecinta selfie. Tempat wisata ini terletak di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Bandungan, Semarang. Lokasinya yang berada di kaki gunung Ungaran membawa hawa disini cukup sejuk.

4.    Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang. Merupakan salah satu wisata alam pegunungan yang di dukung fasilitas seperti taman renang alam, adrenaline games, outbond training, camping ground,pondok kopi, pondok lesehan, pondok wisata, dan meeting room. Bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi mandi air panas di atas ketinggian maka Umbul Sidomukti ini adalah pilihannya. Akses menuju lokasi sangatlah mudah, banyak papan petunjuk arah di sepanjang jalan. Letaknya yang berada di atas awan membuat suasana di sisni cukup sejuk.

5.    Candi Gedong Songo

Nama Gedong Songo diambil dari bahasa Jawa yang artinya sembilan bangunan. Jadi candi gedong Songo ini terdiri dari 9 Candiyang keberadaannya tersebar di beberapa titik lereng Gunung Ungaran. Candi yang dibangun pada abad 9 Masehi ini terletak di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat suhu di Candi Gedong Songo sungguh sejuk dan mampu membuat rileks pikiran.

6.    Brown Canyon

Brown Canyon ini terletak di Rowosari, Mateseh, Tembalang, Semarang. Tempat yang lumayan jauh dari pusat kota ini sebenarnya bukan tempat untuk wisata. Mulanya merupakan tempat penambangan yang berusia puluhan tahun lamanya. Karena penggaliannya selama bertahun-tahun inilah yang menjadikan tempat ini berubah layaknya Grand Canyon di Amerika. Seiring berjalannya wkat, tempat eksotis ini mulai dicintai bagi penggemar fotografi. Dan sekarang menjadi objek wisata yang tak pernah sepi penginjung.

7.    Gunung Kendil

Selain Gunung Ungaran dan Gunung Telemoyo, Semarang juga memiliki satu Gunung lagi yaitu gunung Kendil. Bagi para wisatawan yang ingin menjajal wisata agak ekstrim di Semarang maka Gunung Kendil ini adalah pilihannya. Gunung kendil terletak di sebelah utara Gunung Telemoyo, tepatnya di Dusun Gojati,sepakung.

Sekitar 4 km dari Banyubiru, Salatiga, Semarang. Dengan ketinggian sekitar 1205 mdpl, sebenarnya gunung yang satu ini lebih menyerupai bentuk bukit. Berada di sini maka para pengunjungpun dapat melihat keindahan danau Rawa Pening dan wilayah sekitarnya. Gunung Kendil ini juga cocok untuk para pendaki pemula.

Itulah 7 tempat wisata di Semarang yang menawarkan berbagai pesona keindahan yang dapat menyejukan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rekomendasi tempat wisata bagi yang ingin berkunjung ke Semarang.